Skip to main content

RKS Pasangan Batako - Contoh Dokumen Proyek

Dalam mengerjakan dinding batako, kita perlu mengacu pada rencana kerja dan syarat-syarat (RKS) yang telah ditetapkan dan disepakati bersama oleh kontraktor, perencana/pengawas maupun pemilik proyek. RKS Pasangan Batako berikut ini memuat berbagai spesifikasi teknis dan metode pelaksanaan pemasangan dinding batako dan pasangan batako lainnya agar mendapatkan hasil yang baik sesuai yang diharapkan. RKS atau spesifikasi teknis sering dibutuhkan dalam proyek-proyek pemerintah dan swasta sebagai dokumen pelengkap selain gambar dan RAB.

RKS Pasangan Batako - Contoh Dokumen Proyek

RKS Pasangan Batako ini menjelaskan banyak hal-hal teknis tentang pemasangan batako mulai dari standar bahan batako yang dipilih, ukuran-ukuran, jenis semen dan agregat yang digunakan, metode penumpukan batako, cara menempelkan batako termasuk bagaimana pertemuan sudut dinding batako.

Berikut ini merupakan contoh RKS Pekerjaan Pasangan Batako yang bisa digunakan untuk menyusun spesifikasi teknis yang akan melengkapi gambar sehingga pelaksana proyek memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya mengenai teknis pekerjaan. Silahkan sesuaikan kembali dokumen berikut ini jika ada spesifikasi yang berbeda dengan proyek Anda.

1.    Pekerjaan Pasangan Batako

a.    B a h a n

  • Semua batako yang digunakan harus dari mutu klas I, padat, keras, benar ukurannya, mempunyai ujung persegi dan harus sesuai dengan gambar kerja.
  • Semua batako yang dipergunakan sebaiknya berasal dari satu tempat. Bata merah  yang akan digunakan dengan ukuran yang mendapat persetujuan Konsultan Pengawas dan Direksi.
  • Bahan-bahan seperti pasir, semen dan air adukan pasangan batako mengikuti ketentuan peraturan pekerjaan beton

b. Pelaksanaan pemasangan batako :

  • Batako yang dipakai harus batako utuh yang tanpa cacat, kecuali pada sudut-sudut pertemuan dapat dipakai batu bata potongan dengan ukuran yang semestinya.
  • Bila dalam pasangan terdapat bata cacat bata ini harus diganti atas beban pelaksana.
  • Semua sambungan antar batako harus terisi penuh oleh adukan dengan jarak siar yang seragam.
  • Jarak siar batu batako rata - rata 12,5 mm dengan toleransi 2,5 mm.
  • Dalam 1 hari pasangan Batako tidak boleh lebih tinggi dari 1 m.
  • Pengakhiran pasangan itu harus dibuat bertangga menurun dan tidak bergigi untuk untuk menghindari retak kemudian hari.
  • Pasangan batako diatas kusen atau bidang terbuka lainnya harus dipasang berdiri ( Pasangan Rolag ).
  • Baik tertera dalam gambar atau tidak, tembok bata harus diperkuat dengan kolom atau ring beton praktis pada luas paling besar 12 m2 atau paling jauh setiap jarak 4 m1.
  • Pada tempat yang akan terdapat rangka kayu atau Kusen, Pasangan bata hendaknya ditinggalkan sampai kusen tersebut terpasang dengan baik.
  • Semua angker - angker kusen dan lain - lain harus ditunjukkan dulu kepada Konsultan Pengawas dan Direksi sebelum pekerjaan dilanjutkan. Alur-alur tersebut harus diisi penuh dengan adukan dan angker - angker ditanam dengan beton campuran 1 Pc : 2 Psr : 3 Krk didalam tembok.
  • Semua pasangan harus rapi, rata, baik horisontal maupun vertikal. Penjepitan dengan benang harus dilakukan tiap-tiap jarak tidak lebih dari 30 cm. Semua pertemuan agak lurus harus benar-benar bersudut 90 derajat.
  • Semua pasangan harus dilindungi dari sinar matahari langsung dan pasangan baru harus selalu dibasahi selama 3 hari dengan karung basah, atau alat pembasah lainnya.

c.    Hasil Akhir yang Dikehendaki :

  • Pasangan dinding batako yang tegak lurus ke atas, tidak melengkung secara vertikal maupun horizontal.
  • Susunan batako yang saling menyangga, garis nat secara vertikal tidak bersambung, melainkan terputus-putus (seperti metode pasangan bata).
  • Garis nat terjaga, kemiringan dinging terjaga dan tetap datar.

Demikianlah mengenai contoh RKS Pasangan Batako yang bisa digunakan untuk keperluan dokumen proyek, apabila ada hal yang masih yang kurang jelas, silahkan tanyakan pada kolom komentar.


Download Contoh RKS Pekerjaan Pasangan Batako dalam Bentuk Ms. Word [.DOC] DI SINI.

Pemasangan dinding batako biasanya harus dibantu dengan pemasangan kolom praktis untuk memperkuat dinding batako. Kolom praktis pada dinding batako diletakan pada jarak maksimal 3,5 meter untuk memegang dinding agar tidak mudah roboh. Selain itu, sudut dinding batako juga sebaiknya menggunakan kolom praktis ukuran 11 cm x 11 cm.

Apabila menggunakan atap baja ringan, maka di atas dinding batako sebaiknya menggunakan balok ring yang berfungsi menjaga dinding batako tetap stabil dan tidak mengalami pergeseran. Ukuran balok ring adalah selebar 15 cm dengan tinggi 20 cm. Balok ring dibuat melintang di atas dinding batako dan berujung di kolom-kolom bangunan.
 

Baca Juga :

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar