Skip to main content

RKS Dinding Partisi Gypsum - Contoh Dokumen Proyek

Dalam mengerjakan dinding partisi gypsum, kita perlu mengacu pada rencana kerja dan syarat-syarat (RKS) yang telah ditetapkan dan disepakati bersama oleh kontraktor maupun pemiik proyek. RKS Dinding Partisi Gypsum memuat berbagai spesifikasi teknis dan metode pelaksanaan pemasangan dinding partisi gypsum agar mendapatkan hasil yang baik sesuai yang diharapkan. RKS atau spesifikasi teknis sering dibutuhkan dalam proyek-proyek pemerintah dan swasta sebagai dokumen pelengkap selain gambar dan RAB.


RKS Dinding Partisi Gypsum - Contoh Dokumen Proyek

RKS dinding partisi gypsum ini menjelaskan banyak hal-hal teknis tentang pemasangan dinding partisi gypsum mulai dari standar bahan dinding partisi, ukuran-ukuran, rangka yang digunakan, metode penyambungan rangka, cara menempelkan gypsum ke rangka termasuk bagaimana pertemuan antara dinding dengan lantai atau dinding dengan plafond.

Berikut ini merupakan contoh RKS Pekerjaan Pasangan Dinding Partisi Gypsum Rangka Hollow yang bisa digunakan untuk menyusun spesifikasi teknis yang akan melengkapi gambar sehingga pelaksana proyek memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya mengenai teknis pekerjaan. Silahkan sesuaikan kembali dokumen berikut ini jika ada spesifikasi yang berbeda dengan proyek Anda.

Pekerjaan Pasangan Dinding Partisi Gypsum Rangka Hollow

1.  Standar & Bahan

a. Bagian ini meliputi pengadaan tenaga, bahan, peralatan serta pemasangan partisi gypsum dengan rangka metal stud ex. Jayaboard dan pekerjaan lain yang sesuai dengan detail yang dinyatakan dalam gambar dan atas petunjuk Konsultan Pengawas.
b. gypsum dipasang pada kedua sisi rangkanya (double face/dua muka) dan dipasang tegak lurus dari lantai sampai setinggi plafond (rapat dengan plafond).
c. Meskipun beberapa material finishing telah ditentukan jenisnya, namun sebelum dilaksanakan harus dipresentasikan terlebih dahulu kepada Pemberi Tugas untuk menentukan warna yang akan dipakai.
d. Sistem Pemasangan Partisi Rangka Metal Jayaboard terdiri dari pemasangan satu atau beberapa lembar papan gipsum Jayaboard yang dipasang pada rangka metal tahan karat dengan menggunakan skrup. Rangka yang digunakan adalah Rangka Boral Metal System (BMSys) yang memproduksi rangkaian system dinding partisi rangka metal secara menyeluruh, termasuk system partisi ringan (non load bearing) dan system partisi pemikul beban (load bearing).
e. Beberapa komponen BMS, termasuk wall stud dan wall  track diperkuat dengan menggunakan lekukan.

2.  Bahan dan Peralatan

a. gypsum yang dipakai adalah merk Jayaboard dengan ketebalan 4,5 mm.
b. Finishing gypsum dicat sesuai dengan Pasal PEKERJAAN CAT, juga harus memiliki daya tahan terhadap bahaya kebakaran minimal 60 menit.
c. Rangka partisi menggunakan metal stud merk Jayaboard. Apabila ada yang memakai rangka kayu di tempat tertentu, seluruh rangka kayu harus diserut hingga lurus dan di-treatment dengan bahan anti rayap. Ukuran dan Tipe sesuai gambar.
d. Ketebalan partisi adalah 100 mm. Sistem Pemasangan Partisi Rangka Metal Jayaboard terdiri dari pemasangan satu atau beberapa lembar papan gypsum Jayaboard yang dipasang pada rangka metal tahan karat dengan menggunakan skrup.
e. Rangka yang digunakan adalah Rangka Boral Metal System (BMSys) yang memproduksi rangkaian system dinding partisi rangka metal secara menyeluruh, termasuk system partisi ringan (non load bearing) dan system partisi pemikul beban (load bearing).
f. Beberapa komponen BMS, termasuk wall stud dan wall  track diperkuat dengan menggunakan lekukan.

3.  Pelaksanaan Pemasangan Dinding Partisi

a. Semua partisi atau dinding pembatas ruangan harus dibuat/didirikan tegak lurus dengan lantai.
b. Rangka-rangka partisi diusahakan dipasang pada bagian-bagian struktur gedung, disekrup dan lain-lain, agar tidak mudah roboh bila kena benturan.
c. Panel gypsum dipasang rata di kedua sisi tanpa ada sambungan horizontal ditengahnya. Semua sambungan antar panel gypsum harus di tengah dengan paper tape dan ditutup dengan joint compound dan diamplas halus dengan permukaan yang rata. Panel gypsum harus ditempel pada rangka-rangkanya dengan sekrup khusus (standart) dengan jarak ke arah horizontal maximal 60 cm arah vertikal 40 cm, kecuali untuk bagian tepinya.
d. Pemasangan kanal pegangan dibawah (lantai) digunakan skrup fiser S6 atau jika kondisi lapangan memaksa boleh menggunakan paku beton 1,5 cm s/d 2 cm, setiap jarak 30 cm.
e. Pemasangan kanal pegangan ke plafond menngunakan paku full drat S 6 dengan jarak skrup maximal 30 cm dengan skrup lainnya.

4.  Hasil akhir yang dikehendaki

a. Dinding tidak bergelombang.
b. Posisi dan kelurusan harus sesuai dengan gambar rencana.
c. Dinding harus bersih dari sisa – sisa paku/baut dan kotoran lainnya.
d. Tidak ada rongga antara lantai dengan dinding.

Demikianlah mengenai contoh RKS Pekerjaan Pasangan Dinding Partisi Gypsum Rangka Hollow yang bisa digunakan untuk keperluan dokumen proyek, apabila ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan pada kolom komentar.

Download Contoh RKS Pekerjaan Pasangan Dinding Partisi Gypsum Rangka Hollow dalam bentuk word [.DOC] DI SINI.

Baca Juga :
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar