Skip to main content

7 Cara Membuat Dapur Kecil Terlihat Lebih Luas

Dapur terkadang bisa terlihat sangat ramai dan sesak apalagi jika ruang untuk membuat dapur sangat terbatas ditambah dengan desain yang kurang pas. Sejatinya kita bisa membuat dapur terlihat lebih luas dan lega tanpa perlu memperluas ruangan.

Berikut ini merupakan beberapa cara jitu untuk membuat dapur terlihat luas dan lega dalam beraktivitas :

1. Rak Terbuka di Bagian Kabinet Atas


dapur dengan kabinet terbuka - IMG

Jika kita memiliki ruang dapur yang sempit maka sebaiknya kita tidak menggunaan kabinet atas yang tertutup dan masif. Cukup kita mengandalkan kabinet bagian bawah yang harus dimaksimalkan. Sementara pada bagian atasnya kita masih bisa membuat penyimpanan dengan rak terbuka.

Gunakan rak melayag yang menempel di dinding. Tempat pisau, rak piring dan sendok masak semuanya bisa ditempel di dinding. Rak melayang bisa kita beli terpisah dan pasang sendiri di dapur. Ada rak dengan sistem paku, dibatu ke dinding atau ditempel dengan perekat. Cara ini juga menjadi opsi yang lebih murah dibanding membuat kitchen set full. Ini adalah cara terbaik membuat dapur kecil terlihat lebih luas dan lega.

2. Pasang Cermin Di Backsplash

cermin backsplash dapur - IMG

Cara selanjutnya untuk menambah kesan luas di dapur yang kecil adalah dengan menambah cermin pada dinding dapur. Tipuan cermin selalu berhasil menipu mata kita tentang luasan ruang yang sebenarnya. Cermin juga merupakan salah satu material bangunan yang modern dan elegan.

Gunakan cermin dengan bahan yang bagus agar tidak mudah rusak oleh cipratan bahan makanan yang pastinya sering menyentuh permukaan cermin. Daya pantul cermin di backsplash juga bisa disesuaikan dengan desain. Umumnya tidak harus menggunakan cermin bening yang pantulannya 100%. Kita bisa menggunakan tinted glass yang pantulannya lebih halus dan warna yang lebih bervariasi.

Baca juga : Jenis Layout Dapur (Kitchen Set) Klasik yang Populer

3. Kabinet Bawah Melayang

kaki kabinet dibuat nampak melayang - IMG

Salah satu hal yang bisa membuat dapur terasa kecil dan sesak adalah kabinet bawah yang tertutup. Kesan kabinet yang besar dan berat membuat dapur terasa sempit. Desain kabinet bawah yang menyentuh lantai juga menambah kesan furniture yang berat di bagian bawah.

Untuk mengatasi ini dan membuat dapur lebih luas dan ringan, coba gunakan desain kabinet bawah yang terlihat melayang. Melayang berarti bukan tanpa kaki, namun kaki kabinet bawah dengan ketinggian 10 cm dari lantai dibuat mundur 8 cm hingga 10 cm sehingga sekilas nampak melayang dan ringan. Selain itu, cara ini juga melindungi jari kaki dari benturan dengan kaki kabinet.

4. Memilih Peralatan Dapur yang Simple

kompor tanam untuk dapur kecil - IMG

Cara selanjutnya untuk membuat dapur terlihat lebih luas adalah dengan memperhatikan peralatan dapur yang akan digunakan. Kompor di dapur tidak harus menggunakan kompor biasa yang berdiri sendiri, coba gunakan kompor tanam sehingga meja kabinet dapur terlihat lebih luas dan bebas.

Selain kompor, pilihan washtafle juga penting. Untuk dapur kecil, jangan menggunakan washtafle double yang banyak memakan ruang, gunakan washtafle biasa, selalu ada pilihan washtafle yang lebih kecil untuk dapur sempit.

Baca juga : Jenis-jenis Keran Dapur Berdasarkan Bentuknya

5. Kabinet dengan Kaca

kabinet kaca - IMG

Kaca adalah material yang tembus pandang yang mampu mengurangi kesan masif dirinya sendiri. Menggunakan material kaca pada kabinet dapur merupakan cara ampuh membuat dapur kecil nampak lebih luas. Selain itu kaca juga membuat dapur nampak lebih elegan.

Namun menggunakan kaca harus juga diperkuat oleh rangka baja. Gunakan kabinet yang memiliki banyak kaca atau pesan khusus desain kabinet dapur dengan kaca. Menggunakan kaca untuk kabinet bawah bisa dilakukan namun harus dengan kaca yang lebih tebal agar tidak pecah.

6. Gunakan Warna Terang

dapur dengan warna terang - IMG

Warna terang membuat kesan ruangan lebih lapang. Ini adalah cara yang baik membuat dapur kita nampak lebih luas. Warna cerah seperti hijau muda, kuning, oranye, coklat muda merupakan beberapa warna yang sering digunakan di dapur.

Hindari menggunakan warna kontras pada dapur kecil karena dapat menambah sumpek ruangan. Gunakan warna soft yang halus pada cat tembok, topping meja dan cat kabinet.

Baca juga : Tips Memilih dan Memesan Kitchen Set

7. Desain Kabinet Bergaya Minimalis Kompak

desain dapur minimalis ala scandinavian - IMG

Jika dapur ruangannya sudah kecil, jangan memberikan desain yang ruet juga. Gunakan desain kitchen set minimalis agar dapur nampak simple dan rapi. Biarkan kesan kosong mendominasi ruangan sehingga akan terlihat lebih luas.

Ada banyak inspirasi kitchen set yang bisa Anda temukan di Arsitur, kami selalu update dengan perkembangan gaya kitchen set minimalis yang banyak digemari masyarakat.

Demikian mengenai Cara-Cara Membuat Dapur Kecil Terlihat Lebih Luas. Semoga dapat menambah wawasan, menginspirasi Anda yang ingin mewujudkan rumah impian dengan desain dapur yang ideal untuk Anda.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar