Sekilas Tentang Kitchen Set


Tips Memilih dan Memesan Kitchen Set

Kitchen Set Adalah set furnitur dapur yang siap digunakan untuk memasak. Dalam kitchen set setidaknya terdapat peralatan memasak, memotong bahan dan tempat mencuci serta menyimpan bahan dan perabotan. 

Memilih Kitchen Set

Memilih kitchen set sejatinya bukan merupakan hal yang sulit asalkan kita mengetahui kriteria dan kebutuhan kita terhadap fasilitas ini.

1. Perhatikan Ukuran

Perhatikan ukuran yang tersedia di dalam dapur yang akan digunakan untuk dipasang kitchen set. Ingat keseimbangan antara luas space dapur dengan ukuran kitchen set menjadi hal yang mutlak dilakukan sebelum membeli sebuah kitchen set. Jangan sampai membeli kitchen set yang terlalu besar padahal ukuran ruangan dapur anda kecil atau sebaliknya.

2. Pastikan Lantai Dapur Benar-Benar Kuat

Sebaiknya memastikan lantai dapur benar-benar kuat untuk menopang kitchen set dan juga lantai dan dinding tahan terhadap panas. Agar kitchen set semakin awet

3. Membuat Urutan Posisi Memasak

Membuat urutan posisi saat memasak juga bisa menjadi bahan pertimbangan. Perlengkapan dapur pada umumnya terdiri dari kompor gas, bak cuci piring, rak piring, dan berbagai perlengkpan dapur lainnya. Untuk itu anda perlu membuat gambaran dimana letak alat-alat tersebut agar aktifitas di dapur berjalan lancar dan menyenangkan.

Baca juga : Tanya Jawab Seputar Wastafel Dapur (Kitchen Sink)

4. Pilih Bahan Yang Sesuai Kebutuhan

Pilih bahan kitchen set yang sesuai kebutuhan dan budget. Bisa dengan kayu yang bernilai seni tinggi atau alumunium yang awet. Apapun itu pasti ada kelemahan dan kelebihan masing-masing jadi harus pilih yang tepat sesuai keinginan anda.

5. Lengkapi Dengan Cooker Hood

Cooker hood ini memiliki fungsi yang sangat penting karena akan menyedot asap dan uap panas yang dihasilkan dari proses memasak tersebut untuk selanjutnya dikeluarkan dari dapur. Keberadaan cooker hood juga sekaligus akan membuat furniture yang ada didapur akan semakin awet. Nah disarankan jika memasang kitchen set, sebaiknya anda melengkapinya dengan cooker hood.

6. Pencahayaan Yang Sesuai

Buat pencahayaan atau lighting yang sesuai. Satu prinsip dasar yang harus diingat adalah bahwa sistem pencahayaan akan sangat menentukan kenyamanan yang kita dapatkan. Disarankan sealin memilih watt yang sesuai juga perlu ditambahkan lampu emergency ketika listrik tiba” mati.

Baca juga : 20+ Inspirasi Ide Desain Dapur Minimalis Asia

7. Gunakan Kabinet

Pertimbangkan untuk menaruk tabung gas dan tempat sampah didalam kabinet, hal ini bertujuan agar dapur anda mendapatkan kesan yang lebih rapi dan bersih.

8. Keselarasan Warna

Perhatikan keselarasan warna dinding dapur dengan warna kitchen set. Keselrasana warna akan memberikan suasana yang nyaman dan tampilan dapur yang cantik dan harmonis.

9. Mudah dalam perawatan

Terakhir pilih kitchen set yang mudah dalam perawatan. Bertujuan agar kitchen set selalu rapi dan bersih juga awet.