Jenis Layout Dapur (Kitchen Set) Klasik yang Populer - Arsitur Media Desain

Jenis Layout Dapur (Kitchen Set) Klasik yang Populer

- 9/11/2018


Dalam mendesain dapur atau kitchen set diperlukan perencanaan yang matang sehingga dapat menggunakan ruang yang tersedia secara efektif. Desain dapur atau kitchen set harus memiliki setidaknya tiga komponen utama atau yang biasa disebut dengan segitiga dapur. Sebelumnya saya juga pernah menulis artikel tentang segitiga dapur.

Jenis Layout Dapur (Kitchen Set) Klasik yang Populer

Ada beberapa pilihan yang dapat digunakan  sesuai dengan  kondisi dan luas ruangan yang tersedia. Berikut ini merupakan beberapa pilihan layout kitchen set atau laut dapur yang populer digunakan untuk rumah tinggal.

Desain Fungsional : Kerangka kerja esensial

Jenis Layout Dapur (Kitchen Set) yang Populer
Jenis Layout Dapur (Kitchen Set) yang Populer

Alternatif desain pertama ini mengedepankan Kerangka kerja esensial dari segitiga dapur. Komponen-komponen seperti sing kulkas dan kompor diletakkan sedemikian rupa sehingga gampang terjangkau oleh pengguna. Dengan demikian Proses memasak akan lebih cepat serta tidak bingung saat akan mengambil atau mencuci makanan.

Desain terzonasi (Zone Design)

Zone Design

Untuk menjadikan sebuah dapur sebagai ruang yang elegan bisa memilih alternatif desain zona berikut ini. Dalam alternatif ini area kerja untuk memasak mencuci dan menyimpan dipisahkan sedemikian rupa dan memiliki zona tersendiri. Desain dapur ini memerlukan ruangan yang cukup luas dan bisa digunakan untuk memasak bersamaan dengan beberapa orang sekaligus.

Desain dapur koridor (Bentuk I)

I-Shaped

Pilihan ini diambil ketika kita hanya memiliki ruangan yang sangat sempit untuk dijadikan dapur. Biasanya untuk rumah kecil type 21 menggunakan desain dapur koridor. Dapur ini juga biasanya menghubungkan dua ruang misalnya antara ruang tamu dan kamar mandi. Dengan ruangan yang kecil semua perabotan harus disimpan dalam kabinet yang dibuat di tembok.

Desain dapur satu garis ini juga cocok digunakan untuk pantry atau dapur yang tidak digunakan untuk memasak berat. Layout dapur ini juga cocok digunakan sebagai tambahan pantry di ruang keluarga. Desain dapur seperti ini juga sering ditemui untuk Hotel family room.

Desain dapur bentuk L

L-Shaped

Desain dapur berbentuk l merupakan salah satu bentuk favorit yang digemari oleh Kebanyakan orang. Dapur berbentuk memiliki keunggulan seperti penggunaan ruangan yang sedikit area kerja yang luas dan kompak. Desain dapur pakaian yg cocok diletakkan di pojokan ruangan sehingga dapur memiliki tingkat privasi yang lebih tinggi.

Desain dapur berbentuk U

U-Shaped

Desain dapur bentuk u memerlukan ruangan khusus yang cukup luas. Biasanya digunakan untuk rumah skala menengah ke atas. Kelebihan Nissan ini adalah memiliki area penyimpanan yang lebih luas dan penataan dapur yang lebih fleksibel.

Demikianlah mengenai Jenis Layout Dapur (Kitchen Set) yang Populer. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Referensi :
idealhome.uk



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter