Skip to main content

Dapur Bentuk I : Kelebihan dan Kekurangan Single Wall Kitchen

Penataan Single Wall Kitchen atau dapur dinding tunggal (dapur yang menempel di satu sisi dinding) paling cocok untuk rumah dengan ruang sempit dan terbatas yang tersedua untuk dapur. Ini adalah jenis dapur yang khas yang mencakup wastafel di antara kompor dan lemari es.

Dapur Bentuk I : Kelebihan dan Kekurangan Single Wall Kitchen
Dapur Bentuk I : Kelebihan dan Kekurangan Single Wall Kitchen

Dapur dinding tunggal juga kadang-kadang disebut sebagai dapur dinding atau Dapur berbentuk I. Tata ruang dapur satu dinding umumnya ditemukan di rumah tipe studio atau rumah kompak minimalis. Lemari dan peralatan dipasang pada satu dinding, menjadikannya desain penghemat ruang terbaik.

Seringkali dapur jenis ini digunakan untuk efisiensi ruang secara keseluruhan bangunan, bukan hanya untuk efisiensi dapur. Mungkin ada banyak tata letak dapur yang berbeda untuk konsep penataan dapur dinding tunggal. Namun dapur ini paling cocok untuk ruang dengan bentuk memanjang.

Kelebihan & Keunggulan dari Dapur Dinding Tunggal

  • Semua peralatan, bahan, dan area persiapan makanan cenderung berada di dalam satu  dan mudah dijangkau di dapur berdinding tunggal ini.
  • Tata ruang dapur satu dinding sangat cocok untuk keluarga kecil, bagi mereka yang tinggal di ruang terbatas.
  • Dapur ini memberi Anda area lantai maksimum untuk sirkulasi, meletakan perabotan lainnya dan juga menciptakan rasa keterbukaan di ruangan.
  • Tata ruang dapur satu dinding sangat cocok untuk apartemen kontemporer atau tempat tinggal kontrakan atau kos, apalagi jika kitchen set dibuat portable
  • Meja dan rak di dinding tanpa meja di tengah, memungkinkan ruang menjadi lebih fleksibel.
  • Dapat bergerak dengan mudah bila diperlukan untuk ruang makan atau sebagai zona kerja tambahan.
  • Dapur berfungsi paling baik dengan wastafel di tengah dan memungkinkan ruang kontra di kedua sisi wastafel.
  • Karena kebutuhan minimum untuk permukaan meja dan lemari (tergantung ruang), dapur berbentuk I ini secara alami akan menghemat biaya bahan.
  • Tata ruang dapur dinding tunggal ditingkatkan dengan penambahan penyimpanan tambahan, dengan kabinet overhead
  • Tidak ada alas sudut / kabinet atas yang meningkatkan fungsionalitas dapur dibandingkan dengan Tata Letak dapur lainnya

Kekurangan & Kelemahan dari Dapur Dinding Tunggal

  • Untuk dapur besar, maka bentuk I ini menjadi yang paling tidak efisien karena juru masak harus berjalan dari satu ujung ke ujung dapur berkali-kali saat memasak.
  • Karena ukurannya yang lebih kecil dan panjangnya yang menjadi andalan, dapur ini menawarkan ruang kerja yang sangat terbatas dan sulit bagi beberapa koki untuk bekerja bersama pada waktu yang bersamaan.
  • Karena kurangnya ruang meja kadang-kadang perlu memanfaatkan meja tambahan untuk menyiapkan makanan atau menambah pusat kerja.
  • Kurangnya ruang penyimpanan dibandingkan dengan pengaturan dapur lainnya.

Demikianlah mengenai kelebihan dan kekurangan dapur bentuk I atau dapur dinding tunggal atau single wall kitchen, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar