Skip to main content

Cara Efektif Hilangkan Karatan Pada Prabot Kesayangan Anda

Oke para bunda kali ini mimin bakal ngebagiin tips menarik bagaimana caranya menghilangkan karatan pada perabotan perabotan rumah tangga yang ada di dapur bunda mulai dari sendok kemudian garpu panci kemudian barang-barang lainnya yang mudah berkarat akibat lama tidak digunakan atau karena sudah sering digunakan dan terkena berbagai macam cairan kimia yang menyebabkan perabotan kita menjadi berkarat.

Cara Efektif Hilangkan Karatan Pada Prabot Kesayangan Anda
Cara Efektif Hilangkan Karatan Pada Prabot Kesayangan Anda

Untuk menghilangkan karatan pada perabotan kita bunda bisa menggunakan beberapa bahan yang mudah didapatkan di dapur ataupun di toko-toko terdekat ya.

1. Gunakan bubuk soda, cara yang sederhana

Pertama bisa menggunakan bubuk soda bahan yang satu ini merupakan bahan yang biasa digunakan untuk pengembang kue Ketika anda membuat kue tapi ternyata bubuk soda juga bermanfaat untuk menghilangkan karatan pada perabotan perabotan Anda seperti karatan pada sendok pada panci dan perabot perabot Anda yang berbahan stainless steel.

Untuk cara pembuatannya sangat mudah,  siapkan bahan-bahannya mulai dari :
  • baking soda atau soda bubuk
  • satu sendok garam atau sesuaikan dengan kebutuhan
  • tambahkan 200 mili cuka makanan dan 200 mili
  • 200 ml air panas

Caranya campuran baking soda dan garam dan dalam baskom, kemudian  tuangkan cuka makanan pada campuran baking soda dan masukkan air panas secara perlahan campuran bahan ini menjadi 1 . Rendamlah perabotan perabotan anda yang mengkarat seperti sendok garpu panci mangkuk dan piring serta wadah-wadah lainnya yang berkarat kemudian tunggu kurang lebih kurang lebih 30 menit hingga satu jam kemudian ambil satu persatu peralatan makanan tersebut dan gosok hingga mengkilap dengan spon cuci piring atau kain basah cuci dengan air bersih dan peralatan hingga mengering selesai deh, cukup mudah bukan ?.

Baca juga : 4 Tips Merawat Kompor Agar Tidak Mudah Berkarat Super Ampuh

2. Menggunakan cuka putih untuk menghilangkan karatan

Bunda ternyata cuka putih bermanfaat untuk menghilangkan karatan pada perabotan perabotan dapur anda yang berbahan besi. Untuk cara penggunaan menghilangkan karatan pada perabot anda , siramkan cuka putih pada perabotan yang mengalami karatan kemudian biarkan selama 15 menit dan gosok hingga karatan menghilang secara sempurna. Jika karatan pada perabot anda hanya berukuran kecil silakan tuangkan cuka putih ke dalam lap kemudian gosok menggunakan lap tersebut.

3. Kentang kombinasi dengan sabun cuci

Beberapa dari kita akan memilih untuk membuang kentang tersebut sia-sia begitu saja dan mungkin bagi anda yang memilih untuk menjadikan kentang busuk tersebut bermanfaat menghilangkan karatan pada perabotan anda.  Jika iya maka saya akan memberikan tips dan trik caranya pertama kupas kentang busuk tersebut sehingga terlepas dari kulitnya kemudian haluskan menggunakan blender.

Campurkan kentang yang sudah halus dengan sabun cuci piring yang biasa anda gunakan di wadah sabun cucilah perabotan perabotan anda yang mengkarat menggunakan campuran kentang dan juga sabun cuci piring tersebut menggunakan penggosokan spons maupun yang menggunakan spons tembaga lakukan ini secara rutin perlahan karatan pada perabotan anda akan menghilang.

Baca juga : Cara Mengatasi Lalat di Rumah

4. Cuka biasa dan garam

Cara selanjutnya yang bisa Bunda gunakan untuk menghilangkan karatan pada perabot kesayangan bunda bisa menggunakan cuka biasa dan garam caranya cukup mudah ambil mangkuk cuci ambil mangkuk yang biasa digunakan untuk mencuci piring kemudian masukkan garam secukupnya sesuai dengan keperluan Anda kemudian masukkan cuka secukupnya dengan perbandingan 1:2.

Setelah itu bunda bisa mengambil spon kawat untuk membersihkan perabotan yang berkarat menggunakan campuran cuka dan juga garam tersebut. gosok hingga  karatan mengelupas dari perabotan Bunda kemudian biarkan selama 10 menit bilas menggunakan air hangat .

Nah itu dia beberapa cara untuk menghilangkan karatan dengan menggunakan bahan yang ada di rumah Anda semoga bermanfaat terima kasih.


Penulis : Leonitha
Editor : Arsitur
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar