Cara Mengatasi Lalat di Rumah - Arsitur Media Desain

Cara Mengatasi Lalat di Rumah

- 6/19/2019


Lalat adalah gangguan yang hampir tak terhindarkan di setiap rumah, terutama untuk area seperti dapur dan ruang makan. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengusir lalat di rumah Anda.

Cara Mengatasi Lalat di Rumah
Cara Mengatasi Lalat di Rumah

A. Perangkp Lalat

Cara pertama adalah mengusir lalat dari rumah , jika lalat masuk ke rumah maka kita bisa mengusir lalat tersebut dengan beberapa alat berikut ini :

1. Perangkap UV

Gunakan perangkap cahaya UV untuk menangkap jenis lalat yang lebih besar. Perangkap cahaya UV sangat ideal untuk menangkap lalat dan nyamuk yang relatif berukuran besar. Lalat mudah terbujuk oleh cahaya, dan kemudian dapat terjebak di papan lem atau terbunuh oleh sengatan listrik.
  • Tempatkan perangkap cahaya UV sekitar 1,2-1,8 meter di atas lantai.
  • Posisikan jebakan lampu agar tidak terlihat dari luar rumah Anda, sehingga cahaya tidak memikat lalat baru ke rumah.
  • Pastikan Anda menggunakan perangkap cahaya UV yang dirancang untuk penggunaan dalam ruangan, karena jenis lampu tegangan tinggi dapat membuat kekacauan yang tidak baik.

2. Perangkap Lem

kertas lalat
kertas lalat

Gunakan plester lem atau lembaran lem untuk menangkap lalat. Pita lalat atau kertas lem lalat adalah alat sederhana dan efektif untuk menangkap lalat dewasa dalam jumlah besar. Beli satu atau lebih gulungan kertas lalat dan gantung di tempat-tempat di mana lalat cenderung berkumpul.

Jangan menggantung kertas lem lalat langsung di atas area di mana Anda akan menyiapkan atau makan makanan. Lalat atau lalat bangkai dapat terlepas dan melepaskan kotoran.

3. Cuka

Gunakan cuka atau perangkap anggur untuk menangkap lalat buah. Lalat buah sangat tertarik pada produk buah fermentasi, seperti anggur merah dan cuka sari apel. Anda dapat membuat berbagai perangkap sederhana menggunakan anggur atau cuka sebagai umpan untuk memancing dan membunuh lalat buah dewasa dengan cara berikut ini :
  • Masukkan cuka sari apel ke dalam botol atau toples dan tutupi bukaannya dengan plastik. Gunakan karet gelang untuk menahan bungkus plastik di tempatnya.
  • Buat lubang kecil di bungkus plastik sehingga lalat buah bisa mencium cuka dan merangkak masuk. Lalat tidak akan bisa lepas, dan akan tenggelam dalam cuka.
  • Masukkan cuka ke dalam mangkuk dan campur dalam beberapa tetes sabun cuci piring. Sabun cuci piring akan mengganggu tegangan permukaan cuka, menyebabkan lalat tenggelam jika mencoba mendarat di permukaan cairan.
  • Keluarkan sebotol anggur merah terbuka dengan sedikit anggur merah yang tersisa di dalamnya. Lalat akan dapat memasuki botol dengan mudah, tetapi akan mengalami kesulitan untuk keluar lagi.
  • Anda juga dapat membeli perangkap yang sudah jadi, seperti banyak yang tersedia di toko offline maupun online
  • Jauhkan lalat buah dengan menjaga dapur Anda bersih, menutupi semua buah dan menyingkirkan sisa makanan dan sisa bahan mentah secepat mungkin.

4. Pemukul Lalat & Nyamuk   

Raket Nyamuk (Swat) menggunakan listrik kejut untuk membunuh serangga. Swat ini adalah alat alternatif yang lebih bersih daripada pemukul lalat tradisional. Mereka membunuh lalat dan serangga lainnya secara langsung dengan kontak listrik.

Raket listrik ini cukup aman, tetapi mereka masih bisa memberikan kejutan yang tidak nyaman bagi manusia. Jauhkan dari binatang peliharaan dan anak-anak.

5. Bunuh lalat langsung dengan semprotan piretrin.

Anda juga bisa menyemprotkan piretrin langsung pada lalat untuk membunuh mereka dengan cepat. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan produk piretrin di sekitar makanan atau di area persiapan makanan.

Meskipun piretrin relatif aman, namun tetap bisa berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan jika tertelan atau terhirup dalam jumlah besar. Ikuti instruksi keselamatan produk dengan hati-hati.

6. Sapu lidi

Cara termudah untuk membinasakan lalat adalah dengan sapu lidi. Ini adalah alat pembunuh lalat super murah yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Anda tidak perlu listrik atau cairan lainnya, sebuah alat yang aman. Pukulan sapu lidi tidak bisa dihindari oleh kemampuan terbang lalat.

B. Mencegah Lalat

Selain mengusir lalat, kita juga harus mencegah serangga ini masuk ke rumah dengan beberapa cara sebagai berikut :

1. Bersihkan Sisa Makanan

Segera bersihkan sisa makanan dan sisa bahan makanan. Lalat tertarik pada bahan organik yang lembab, yang bertindak sebagai sumber makanan dan tempat bertelur. Pastikan lalat tidak memiliki akses ke makanan, sampah, atau area kotor di rumah Anda.
  • Simpan makanan di lemari es atau dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Cuci piring segera setelah digunakan.
  • Bersihkan semua makanan yang tumpah segera setelah Anda melihatnya.
  • Buang sisa makanan di tempat sampah tertutup atau tempat pembuangan.

2. Tempat Sampah harus tertutup

Jagalah agar tempat pembuangan sampah tetap tertutup dan bersih. Simpan sampah dan limbah dalam wadah yang tertutup rapat, dan sering-seringlah membuang sampah. Periksa tanda-tanda pupa atau belatung di bawah tutup dan liner kontainer sampah. Sekali-sekali cuci tempat sampah dengan air panas bersabun.

3. Bekas popok dan kotoran hewan

Singkirkan popok bekas dan kotoran hewan. Jika Anda memiliki kucing, pastikan kotorannya dibuang di tempat tertutup. Bekas popok bayi dan pembalut juga bisa menjadi daya tarik utama bagi lalat. Buang sampah yang mengandung kotoran manusia atau hewan secepat mungkin.

4. Bersihkan area di bawah furniture.
Bersihkan area di bawah dan di sekitar lemari es dan peralatan dapur lainnya, terutama di tempat-tempat di mana kelembaban berkumpul. Bersihkan dengan air sabun yang hangat.

Setelah membersihkan area-area ini, bilas dan peras semua pel, spons, atau lap kain yang Anda gunakan secara menyeluruh, dan gantung pel dan lap hingga kering. Lalat juga bisa berkembang biak pada lap pel dan lap basah yang kotor.

5. Bersihkan saluran air Anda.

Bahan organik yang dibuang di saluran air dapat menarik spesies lalat tertentu. Gunakan plunger atau alat pembersih saluran air untuk membersihkan bahan organik dari saluran yang tersumbat atau lambat, kemudian bersihkan saluran pembuangan dengan sikat yang kaku.

Pemutih klorin dan pembersih saluran komersial seperti Drano biasanya tidak efektif untuk menghilangkan infestasi lalat di saluran pembuangan. Rawat saluran air Anda dengan S-hydroprene (Gentrol), insektisida lembut yang mencegah larva lalat menjadi matang.

Jika menggosok tidak cukup, cobalah pembersih saluran antibakteri seperti Bio-Clean. Pastikan Anda memilih produk yang kompatibel dengan sistem septik Anda. Produk-produk ini biasanya perlu digunakan kembali beberapa kali selama beberapa minggu agar menjadi efektif.

6. Gunakan jaring di jendela dan pintu.

Gunakan jaring di jendela dan pintu.
Gunakan jaring di jendela dan pintu.

Salah satu cara termudah bagi lalat untuk memasuki rumah Anda adalah melalui jendela dan pintu yang terbuka. Jika Anda ingin jendela dan pintu terbuka agar mudah, pastikan Anda memiliki jaring untuk mengusir serangga yang tidak diinginkan.

Selain efektif untuk mencegah lalat, jaring ini juga dapat melindungi dari nyamuk di malam hari. Jaring ini umumnya cukup murah, terbuat dari kain tipis dengan berbagai motif dan warna.

7. Jaring untuk atap dan ventilasi di rumah Anda.

Lalat dapat masuk melalui atap dan ventilasi loteng dan lubang kecil lainnya yang menghubungkan bagian dalam rumah Anda ke luar. Anda bisa menutupi ventilasi ini dengan jaring sehingga udara masih bisa mengalir melaluinya, tetapi lalat tidak bisa masuk.

8. Isi celah-celah dan ruang di sekitar pipa.
Jika Anda mencurigai lalat masuk melalui celah terbuka dan celah di rumah Anda, isi bukaan ini dengan spackle, caulk, atau busa yang mengembang. Pipa drainase juga mungkin untuk dimasuki lalat dan serangga lainnya, gunakan jaring untuk mencegah mereka.

Demikianlah cara mengatasi masalah lalat di rumah. Semoga bermanfaat.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter