Apakah Anda ingin menambahkan gerbang yang cocok untuk rumah atau bangunan lainnya? Memilih gerbang yang cocok untuk setiap fungsi ruang adalah hal yang perlu dipertimbangkan baik-baik. Perlu diingat bahwa gerbang yang cocok tidak hanya akan membantu membatasi akses tetapi juga akan membantu meningkatkan keamanan rumah dan bangunan lainnya.

3 Jenis Pintu Gerbang yang Populer
3 Jenis Pintu Gerbang yang Populer

Pada artikel ini, arsitur akan memandu Anda mengenal berbagai jenis gerbang yang dapat digunakan pada bangunan. Namun, ketika kita berbicara tentang gerbang, hal tersebut tidak hanya berarti memilih gerbang depan, tetapi juga harus memasang gerbang di pintu masuk belakang, gerbang dalam ruangan dan sebagainya. Berikut jenis-jenis pintu gerbang yang populer.

Gerbang Geser (Sliding Gate)

gerbang geser (bengkeladvertising.com)

Gerbang geser adalah pilihan standar dan merupakan salah satu jenis gerbang yang sedang tren di dunia. Sama seperti namanya, gerbang geser bekerja pada mekanisme pintu gerbang yang bergerak ke samping untuk membuka. Tidak seperti gerbang swing yang perlu dibuka dari tengah, kita harus menggeser gerbang untuk membukanya.

Gerbang geser saat ini sangat halus dan ringan, siapapun dapat dengan mudah menggesernya untuk membuka pintu. Salah satu manfaat paling penting dari jenis gerbang ini adalah membuka ke samping. Jadi, untuk area yang tidak memiliki ruang luas, gerbang geser adalah pilihan yang tepat. Namun gerbang geser juga memerlukan ruang untuk pintu dapat bergeser sehingga bukaan akan lebih kecil.

Baca juga : Pengertian Greenhouse (Rumah Kaca) dan Manfaatnya

Automatic Sliding gate atau gerbang geser otomatis juga tersedia di pasaran dan dapat dipasang dengan biaya yang terjangkau serta digerakan oleh remote. Jadi ketika pulang ke rumah, Anda tidak perlu repot-repot turun dari kendaraan atau memanggil orang lain untuk membuka gerbang, semuanya terkendali dalam genggaman.

Gerbang geser biasanya terbuat dari bahan rangka baja ringan yang tipis dan kokoh. Sementara untuk pengisi di dalamnya biasanya terbuat dari kayu solid, spandex atau PVC sesuai dengan selera masing-masing. Yang paling susah adalah merawat rel dan roda gerbang karena rawan berkarat dan macet.

Gerbang Ayun (Swing Gate)

gerbang ayun (dekorrumah.net)

Jika Anda menginginkan gerbang yang simpel, maka gerbang ayun atau swing gate adalah pilihan yang terbaik. Gerbang ayun tidak memerlukan roda dan rel, hanya engsel yang memegang daun pintu. Gerbang ini cocok untuk dipasang pada area dengan pintu gerbang kecil.

Jika gerbang dipasang untuk pintu rumah maka biasanya akan menggunakan dua pintu (double swing) agar tidak terlalu besar. Gerbang ayun tidak boleh terlalu lebar karena akan memakan banyak ruang untuk membuka. Selain itu akan ada beban berat pada engsel sehingga rawan rusak. Gerbang double swing biasanya juga mengandalkan kunci kait ke bawah (tanah) karena tidak cukup hanya dikunci pada pintunya saja.

Baca juga : Kesalahan dalam Berkebun yang Tidak Disadari

Gerbang ayun dapat dibuat dari material baja, besi, kayu ataupun bambu. Konstruksi gerbang ayun adalah yang peling sederhana jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Gerbang Lipat (Folding Gate)

gerbang lipat (google.com)

Gerbang lipat adalah kombinasi jenis gerbang geser dan ayun. Bukaan yang besar akan dibagi oleh beberapa daun pintu kecil yang dilipat-lipat dan dapat juga didorong pada rel. Keunggulan gerbang lipat adalah hemat ruang dan tidak membutuhkan area membuka yang besar, tidak perlu ruang untuk menggeser, cukup pada area gerbangnya saja.

Gerbang jenis ini cocok digunakan pada area rumah yang sempit namun ingin membuka lebar atau pada area yang ingin dibuka penuh tanpa memakan banyak ruang. Gerbang lipat memiliki banyak engsel dan terkadang ada yang menggunakan rel sehingga lebih rumit dari segi mekanismenya.

Baca juga : Detail Pintu Lipat Folding Door 01 - Contoh Gambar AutoCAD DWG

Gerbang lipat dapat dibuat dari material rangka baja atau kayu yang disambung dengan engsel. Lebih baik menggunakan material yang ringan dan kokoh sehingga tidak membebani engsel gerbang.

Demikianlah jenis-jenis gerbang yang populer, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi pembaca sekalian. Terima kasih.