Pengertian Greenhouse (Rumah Kaca) dan Manfaatnya - Arsitur Media Desain

Pengertian Greenhouse (Rumah Kaca) dan Manfaatnya

- 5/03/2019


Greenhouse atau Rumah kaca merupakan sebuah bangunan tempat tanaman ditanam. Bangunan ini dapat berupa bangunan kecil, atau bangunan yang ukurannya juga cukup besar. Konsep di balik rumah kaca berasal dari zaman Romawi ketika Kaisar Tiberius menuntut makan mentimun Armenia setiap hari, di mana tukang kebunnya harus menggunakan sistem yang mirip dengan sistem yang ada di rumah kaca modern untuk memastikan ia memiliki mentimun tersebut setiap hari.


Pengertian Greenhouse (Rumah Kaca) dan Manfaatnya
Pengertian Greenhouse (Rumah Kaca) dan Manfaatnya

Rumah kaca di Italia abad ke-13 adalah salah satu rumah kaca modern pertama. Awalnya, rumah kaca lebih umum berada di tanah orang kaya, tetapi mereka segera dipelajari di universitas. Abad ke-19 barulah emudian beberapa rumah kaca terbesar dibangun, sedangkan abad ke-20, kubah geodesik semakin populer untuk digunakan di banyak rumah kaca.

Cara Kerja Greenhouse

Bagaimana cara kerja greenhouse atau rumah kaca? Rumah kaca mengurangi laju aliran energi panas keluar dari bangunan dengan menghambat panas yang telah diserap melalui konveksi. Bahan untuk konstruksi rumah kaca biasanya kaca atau plastik sehingga sinar matahari bisa melewatinya.

Sinar matahari ini merupakan bagian integral dari rumah kaca sehingga suhu menjadi tetap hangat, karena sinar matahari memanaskan tanah di dalam rumah kaca. Pada gilirannya, tanah yang hangat kemudian menghangatkan udara di rumah kaca, yang terus memanaskan tanaman dalam bangunan rumah kaca. Intinya pada rumah kaca, sinar matahari mudah sekali masuk ke dalam bangunan kaca, namun panasnya sulit keluar dari dalam bangunan.

Manfaat Rumah Kaca

Manfaat dari greenhouse atau bangunan rumah kaca adalah untuk melindungi tanaman dari dingin atau panas berlebih dan hama yang tidak diinginkan. Rumah kaca memungkinkan untuk menumbuhkan jenis tanaman tertentu sepanjang tahun. Berbagai jenis buah-buahan, tanaman tembakau, sayuran, dan bunga adalah tanaman yang paling sering ditumbuhkan oleh rumah kaca.

Negara-negara dataran tinggi merupakan negara dengan jumlah rumah kaca paling banyak. hal ini juga ada hubungannya dengan keprihatinan terkait dengan menjaga persediaan makanan yang layak. Sebagai contoh, Almeria, Spanyol, adalah salah satu negara dengan rumah kaca terbesar di dunia ini, di mana ia tersebar lebih dari 50.000 hektar luasnya.

Manfaat Rumah Kaca
Manfaat Rumah Kaca

Berkebun di rumah kaca adalah salah satu hobi paling populer di negara-negara ini, jadi mengoperasikan taman rumah kaca merupakan hal yang logis. Kebun rumah kaca utamanya dimaksudkan untuk memperpanjang musim tanam tanaman dan tanaman berharga. Penggemar hortikultura juga harus antusias dengan rumah kaca, karena memungkinkan mereka dapat menanam tanaman dan bunga sepanjang musim, yang kemudian dapat dibawa ke rumah atau dijual.

Greenhouse atau umah kaca sederhana dapat dibangun dengan harga murah atau mahal, dengan plastik atau kaca, dan terlihat menarik atau hanya sekedar bermanfaat. Setelah memilih lokasi yang bagus untuk tempat rumah kaca, Anda dapat membangunnya sendiri dengan memesan paket rumah kaca dari sejumlah produsen populer. Paket ini juga bisa dibuat dengan proyek do-it-yourself (dibuat sendiri) dan bisa rumit atau sederhana, atau besar atau kecil, atau seperti yang diinginkan.

Konstruksi Greenhouse

Konstruksi bangunan rumah kaca atau greenhouse adalah jenis bangunan yang luas, ringan dan tipis. Dengan demikian untuk membangun sebuah greenhouse atau rumah kaca, diperlukan bahan yang ringan, tipis, tetapi kuat. Rangka terbaik untuk greenhouse tentu adalah baja. Namun kita juga dapat menggunakan kayu atau bambu sebagai rangka utamanya. Ini akan memberikan kesan alami yang baik dari dalam, selain itu kondisi yang hangat juga membantu menjaga kayu dan bambu dari kerusakan.

Bahan dinding rumah kaca dapat menggunakan kaca tempered yang kuat atau plastik lembaran agar lebih murah dan aman. Namun bila menggunakan plastik, harus diperhatikan kunciannya agar tidak diterbangkan angin. Untuk bahan atap rumah kaca bisa dibuat dengan genteng kaca, kaca lembaran atau lembaran plastik.

Demikianlah mengenai greenhouse atau rumah kaca, kegunaan dan material penyusun rumah kaca. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan mengenai rumah kaca. Terima kasih.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter