Dibandingkan mengandalkan satu jenis pencahayaan untuk semua ruangan, cara yang disarankan untuk menghidupkan ruang adalah dengan memanfaatkan berbagai jenis pencahayaan, masing-masing akan memenuhi fungsi yang berbeda. Dengan mempertimbangkan bagaimana suatu area akan digunakan, ukuran dan gaya desainnya akan membantu menentukan jenis pencahayaan mana yang terbaik.

3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task dan Accent Lighting
3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task dan Accent Lighting

Dalam dunia desain dan tata lampu, Ada tiga jenis dasar sistem pencahayaan buatan atau sistem lampu yang sangat umum diterapkan, yaitu :
1. Ambient light
2. Task Light
3. Accent Light
Dengan menggunakan beragam sistem pencahayaan di seluruh ruangan dapat menciptakan desain pencahayaan yang hidup, kaya warna dan fleksibel. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing karakteristik jenis pencahayaan ini :

1. Ambient Light

ambient lighting
ambient lighting - vibia.com

Ambient Light juga disebut dengan penerangan umum. Ambient light adalah pencahayaan yang dimaksudkan untuk secara merata menerangi ruangan secara umum. Ambient light juga biasa disebut dengan general lighting.

Pencahayaan ambient light memberikan pencahayaan keseluruhan dan dimaksudkan untuk menciptakan tingkat pencahayaan umum dan seragam pada ruangan. Ini adalah lapisan pertama sistem pencahayaan dan mengatur nada ruang. Itulah sebabnya biasanya lampu untuk ambient light memiliki sifat cahaya yang lunak atau menyebar, dan sering kali dapat disesuaikan untuk mengakomodasi pengaturan siang dan malam hari.

Pencahayaan ambient sangat penting di semua ruangan, apalagi ruang tertentu seperti lorong dan tangga untuk orientasi dan visibilitas yang optimal. Jenis pencahayaan ini juga berguna di dapur atau kantor di rumah, cahaya lebar memberikan tingkat pencahayaan yang konsisten dan jelas.

Baca Juga : 10 Jenis Pemasangan Lampu (Lighting Fixtures)

Ada beberapa jenis pencahayaan ambient light:
  • Lampu terpasang di langit-langit atau tersembunyi yang mengarahkan cahaya ke bawah
  • Lampu dinding dan lampu lantai, yang menyinari dinding atau langit-langit dengan cahaya utama
  • Pencahayaan Cove, lampu lantai, dan lampu gantung yang memantulkan cahaya dari langit-langit dan dinding
Meskipun memberikan penerangan umum, cahaya ambient light tidak ideal untuk pekerjaan tugas khusus atau pameran elemen tertentu dalam ruang, yang merupakan peran dari dua jenis pencahayaan berikutnya.

2. Task Light

task lighting
task lighting - vibia.com

Task light disebut juga lampu tugas atau pencahayaan langsung yang dimaksudkan untuk memberi penerangan pada tugas atau kegiatan tertentu. Misalnya lampu baca di ruang tamu bisa digunakan menerangi area baca. Lampu di bawah kabinet di dapur berfungsi sebagai lampu tugas untuk meja.

Pencahayaan langsung dan intens ini ideal untuk pekerjaan tugas yang terperinci, seperti membaca dan menulis di meja, merawat, dan menyiapkan makanan. Lampu berfokus pada area tertentu di mana tugas dilakukan dan lebih terang daripada pencahayaan sekitarnya atau ambient light. Pencahayaan tugas yang efektif adalah lampu yang bebas silau dan cukup kuat untuk mencegah kelelahan mata.

Baca Juga : 15 Keunggulan Lampu LED Dibandingkan Lampu Lain

Contoh jenis pencahayaan ini meliputi:
  • Lampu tersembunyi dan lacak
  • Liontin/Pendants light
  • Pencahayaan di bawah kabinet
  • Lampu lantai, meja, dan meja
  • Lampu meja rias kamar mandi
Pencahayaan langsung adalah kunci utama kegiatan di dapur, di mana pencahayaan atau lampu gantung di bawah kabinet meningkatkan visibilitas di meja dan area persiapan makanan.

Lampu meja dan lantai memberikan pencahayaan langsung yang berguna di ruang tamu dan kamar tidur, dan dapat memperkuat gaya desain yang diinginkan ruangan. Sconce, vanity bar, dan liontin dapat digunakan di kamar mandi untuk meningkatkan visibilitas, terutama di dekat cermin.

3. Accent Light

accent lighting
accent lighting - vibia.com

Accent Light adalah lampu aksen yang dimaksudkan untuk menyorot objek tertentu meski tak ada kegiatan yang terbantu di sana. Anda mungkin suka meletakan lukisan di dinding, menyrot batu alam atau air mancur di malam hari dan sebagainya.

Lampu aksen biasanya tiga kali lebih terang dari cahaya sekitar. Pencahayaan aksen menarik perhatian pada beragam elemen atau fitur dalam ruangan, seperti karya seni, perabotan, atau detail arsitektur, mengubahnya menjadi titik fokus. Fitting yang fleksibel lebih disukai untuk jenis pencahayaan ini, karena memungkinkan mengubah posisi fokus pada area atau objek kecil.

Baca Juga : Cara Memainkan Pencahayaan Ruang dengan Lampu Aksen

Jenis pencahayaan lampu aksen secara umum meliputi:
  • Lampu dinding
  • Pencahayaan spot tersembunyi
  • Track lighting
  • Lampu sorot yang dipasang di dinding
Pencahayaan aksen berbeda dari jenis pencahayaan lain dalam tujuan utamanya adalah estetika, menciptakan titik menarik bagi pemirsa. Ini menambah gaya dan drama ke ruang, dan sangat cocok untuk area hidup dan taman, pintu masuk, dan di mana pun tujuannya adalah untuk menampilkan fitur-fitur khusus.

Lampu langit-langit yang tersembunyi, lampu track, atau luminer yang dipasang di dinding sangat efektif untuk tempat tinggal atau area umum karena dapat dimiringkan dan diarahkan untuk menciptakan sorotan.

Demikianlah mengenai 3 Jenis Pencahayaan dalam Ruang meliputi Ambient Light, Task Light dan Accent Light. Semoga bermanfaat.