10 Jenis Pemasangan Lampu (Lighting Fixtures) - Arsitur Media Desain

10 Jenis Pemasangan Lampu (Lighting Fixtures)

- 6/24/2019



Dengan berkembangnya teknologi pemasangan lampu, ada banyak sistem pemasangan lampu yang berkembang mengikuti aliran dan gaya desain interior. Berikut ini adalah 10 Contoh Jenis Pemasangan Lampu (Lighting Fixtures) yang sering ditemukan di bangunan hunian seperti rumah, villa maupun hotel.

01. Track Lighting (Lampu trek)

lampu track
lampu track - hgtv.com

Pencahayaan track merupakan lampu dipasang atau digantung pada sebuah trek di plafon atau langit-langit dengan bidang linier yang berisi beberapa titik cahaya. Mereka dapat diposisikan di mana saja di sepanjang trek.

Arah sorot masing-masing lampu juga bisa disesuaikan. Dalam desain interior, lampu track digunakan untuk menyoroti karya seni dan hiasan dinding serta memberikan cahaya keseluruhan untuk ruang.

02. Recessed Lighting (Lampu tersembunyi)

Cara Memainkan Pencahayaan Ruang dengan Lampu Aksen
Recessed lighting di dapur

Lampu ini dipasang di atas langit-langit atau plafon dan memiliki permukaan yang rata dengan langit-langit. Pencahayaan tersembunyi mengirimkan gelombang cahaya yang relatif sempit dalam satu arah, sehingga dapat digunakan untuk memberikan pencahayaan ambient, tugas, atau aksen.

Pencahayaan tersembunyi di dapur misalnya dapat menambah cahaya yang cukup tanpa melelahkan ruang.

03. Lampu Bawah Kabinet

Lampu bawah kabinet
Lampu bawah kabinet - Andreas Avram Rusu

Jenis lampu ini dipasang di bawah lemari dapur, jenis pencahayaan ini sangat populer sebagai pencahayaan langsung di dapur. Lampu di bawah kabinet di dapur ini mencerahkan ruangan dan meningkatkan nuansa kontemporer dan bersih dari ruang. Sistem pemasangannya biasanya menggunakan jenis lampu neon TL panjang menggunakan fitting khusus.

Baca Juga : 15 Keunggulan Lampu LED Dibandingkan Lampu Lain

04. Lampu lantai

Lampu lantai

Jenis lampu ini digunakan sebagai sumber cahaya serbaguna dan portabel, lampu lantai hadir dalam berbagai ukuran dan gaya. Lampu lantai ini melengkapi skema desain ruangan dan menyediakan pencahayaan langsung untuk kursi yang berbatasan.

05. Lampu meja

lampu meja

Lampu meja merupakan jenis lampu yang portable dan dapat dibuat dengan berbagai jenis lampu termasuk LED. Lampu meja menjadi task light atau lampu tugas yang menerangi kegiatan di atas meja yang membutuhkan cahaya intens seperti membaca, menulis, menjahit dll.

06. Lampu lilin / Lampu Chandelier

lampu llilin

Lampu ini adalah jenis lampu gantung dari langit-langit, lampu chandelier mengarahkan cahaya ke atas. Mereka biasanya dipasang di atas meja makan atau di pintu masuk utama, tetapi lampu ini juga cocok di kamar tidur dan kamar mandi. Lampu chandelier meningkatkan gaya dekoratif sebuah ruangan dan memberikan pencahayaan umum ruangan.

Baca Juga : Cara Memainkan Pencahayaan Ruang dengan Lampu Aksen


07. Wall Sconces / Lampu Dinding

lampu dinding

Wall sconce sangat fleksibel. Permukaan yang menghadap ke dinding dapat mengarahkan cahaya ke atas atau ke bawah. Wall sconce dapat menambahkan sentuhan gaya pada ruangan dan juga dapat memberikan pencahayaan ambient atau task light.

Sconce jika dipasang di kamar mandi dapat memberikan pencahayaan yang bagus tanpa mengurangi dampak pemasangan ubin pada dinding.

08. Lampu Plafon / Langit-langit

lampu ceiling

Lampu plafon atau langit-langit dipasang langsung ke langit-langit, dengan kotak kaca atau plastik yang menyembunyikan bola lampu. Lampu plafon ini sudah cukup umum di rumah-rumah di seluruh dunia selama hampir 100 tahun.

09. Lampu liontin

lampu liontin

Jenis lampu liontin digantung dari langit-langit, lampu gantung ini mengarahkan cahaya ke bawah. Memasang lampu lilin dapat dengan mudah meningkatkan gaya dekoratif ruangan dan menambah karakter desain. Di ruang tidur, liontin dapat digantung rendah di atas meja sisi tempat tidur.

Baca Juga : 3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task dan Accent Lighting


10. Lampu Cove

lampu cove

Ada tiga bentuk umum lampu dalam desain arsitektur, dan lampu cove adalah bentuk yang populer. Lampu Cove ditempatkan di meja, rak atau tempat tinggi di dinding, dan cahaya memantul ke langit-langit atau dinding atas.

Di kamar tidur, lampu cove dapat menerangi langit-langit di atas tempat tidur, menambahkan nuansa romantis pada desain.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter