Ukuran Semua Ruangan di Rumah Sesuai Standar - Arsitur Media Desain

Ukuran Semua Ruangan di Rumah Sesuai Standar

- 4/05/2019


Pengetahuan tentang ukuran standar kamar dan posisinya dalam rumah penting untuk perencanaan proyek konstruksi perumahan. Ukuran kamar harus menyediakan ruang untuk pergerakan, sinar matahari dan penghawaan alami bagi penghuninya.

Ukuran Semua Ruangan di Rumah Sesuai Standar
Ukuran Semua Ruangan di Rumah Sesuai Standar

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa standar ukuran luas masing-masing kamar dalam ruangan beserta posisi ruangan yang baik di dalam rumah, mulai dari ruang keluarga, ruang tidur, pantry, toilet hingga beranda depan.

01. Ukuran Ruang Keluarga (Living Room)

Ruang keluarga adalah tempat yang bersifat semi publik dalam keluarga, nyaman dan menarik untuk berkumpul bagi anggota keluarga dan untuk menerima teman maupun tamu. Kadang digunakan sebagai ruang resepsi dan ruang makan dan acara-acara khusus di Indonesia.

Ruang tamu harus terletak di tengah bangunan dan harus terhubung ke beranda depan dan tempat makan. Ruang tamu juga bisa diletakan di area depan bangunan sebagai area pengamat orang yang keluar masuk rumah. Ruang tamu hendaknya dibuat dengan dimensi yang cukup besar, memiliki pencahayaan yang terang dan penghawaan yang baik sehingga saat berkumpul bersama tidak kepanasan.

Ruang tamu biasanya merupakan ruang terbesar dari bangunan sehingga dapat dimanfaatkan untuk beberapa fungsi seremonial di rumah. Ukuran ruang tamu dapat ditentukan oleh jenis furnitur yang akan digunakan utamanya adalah sofa/kursi, meja, rak TV dan juga harus menyisakan ruang yang cukup untuk sirkulasi.

Ukuran standar ruang tamu dapat berkisar dari : 3,5 m X 3 m untuk rumah kecil hingga 5 m x 7,5 m untuk rumah berukura besar. Bentuknya bisa disesuaikan dengan desain rumah masing-masing.

02. Ukuran Kamar Tidur (Bedroom)

Kamar tidur harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga memiliki pencahayaan dan penghawaan alami agar tidak lembab dan pada saat yang sama dapat memberikan keamanan (privasi) untuk aktivitas yang bersifat intim. Secara umum, kamar tidur harus ditempatkan di sisi bangunan dan tersedia setidaknya satu sisi yang dapat terbuka untuk ventilasi dan penerangan alami yang baik bagi kamar.

Kamar tidur juga harus terletak di sisi arah angin yang ada. Lokasi hendaknya sedemikian rupa sehingga kamar tidur menerima sinar matahari sebelum jam 10 pagi. Rasio jendela biasanya 1: 10 dari luas lantai. Kamar tidur hendaknya bisa menampung setidaknya 1 kasur (dengan ukuran yang sesuai) dan 1 lemari pakaian (yang sesuai). Karena itu ukuran kamar tidur anak dan orang dewasa berbeda.

Untuk rumah kelas menengah ke atas, kamar tidur biasanya memiliki kamar mandi sendiri. Ukuran standar kamar tidur dapat berkisar dari minimal 2,75 m X 3 m untuk rumah kecil hingga 4 m X 5 m untuk rumah besar.

03. Ukuran Kamar Tamu:

Kamar tamu biasanya disediakan untuk tamu yang ingin menginap di rumah. Untuk beberapa rumah mungkin menyisihkan salah satu kamar tidurnya yang tidak terpakai sebagai kamar tamu. Namun untuk rumah menengah ke atas, kamar tamu dibuat khusus di lokasi yang tepat agar tidak mengganggu aktivitas penghuni di rumah.

Kegiatan tamu harus terputus dari dalam rumah dan harus memiliki kamar mandi dalam. Ukuran standar kamar tamu sekitar 3,5 m x 3 m.

04. Ukuran Beranda:

Lokasi terbaik untuk beranda adalah utara dan selatan namun kenyataannya posisi beranda tergantung bagian depan bangunan. Jika bagian depan bangunan adalah timur maka beranda juga terletak di timur. Beranda memisahkan kegiatan publik dan privat dalam rumah.

Setiap rumah hendaknya memiliki satu beranda depan dan tambahan beranda belakang bila memungkinkan. Jika ruang tidak mengizinkan, beranda belakang dapat dihilangkan. Beranda memiliki ukuran mulai dari 1,8 m x 3 m. Meskipun beranda berada di depan dan terbuka, namun hendaknya tetap memiliki atap agar tidak kepanasan atau kehujanan.

05. Ukuran Ruang Kerja

Ruang kerja di rumah dapat saja dibuat bagi mereka yang suka membawa pekerjaan ke rumah, atau bekerja dari rumah. Ruang kerja hendaknya berada di dekat ruang keluarga dan terpisah dari ruangan lain agar tidak terganggu saat bekerja. Ukuran standar ruang kantor mulai dari 3 m x 3 m.

6. Ukuran Ruang Makan

Secara umum, ruang makan harus disediakan di belakang ruang keluarga dan di dekat dapur. Di rumah-rumah modern di perkotaan, ruang tamu dan ruang makan dapat digabungkan untuk memiliki ruangan besar sebagai tempat untuk acara-acara khusus.

Ukuran ruang makan tergantung dari jumlah meja dan kursi yang diperlukan oleh satu keluarga. Untuk satu keluarga inti (2 dewasa dan 2 anak) misalnya perlu ruang makan dengan ukuran minimal sekitar 3 m x 3 m.

07. Ukuran Dapur:

Dapur dapat ditempatkan di sudut belakang rumah. Dapur harus dihubungkan dengan ruang makan atau ruang keluarga. Jika memungkinkan, dapur harus ditempatkan sedemikian sehingga sinar matahari bisa masuk agar dapur tidak lembab. Dapur seharusnya memiliki jendela dan jalur pembuangan asap. Ruang jendela dapur idealnya 15% dari luas lantai.

Sink harus disediakan untuk mencuci dan jumlah rak yang cukup juga harus disediakan. Kadang-kadang gudang dan dapur digabungkan bersama jika lebih sedikit ruang yang tersedia. Ukuran standar ruang dapur dapat berkisar dari: 2,5 m x 3,5 m hingga 3,5 X 3,5 m.

08. Ukuran Kamar Mandi

Kamar mandi hendaknya disediakan di sisi rumah, tidak terlihat dari luar namun masih dapat terjangkau dari ruang keluarga. Seharusnya ada jendela di kamar mandi untuk ventilasi sehingga kamar mandi tidak bau, atau menggunakan exhaust fan. Banyak pemilik menginginkan ada cahaya matahari masuk ke kamar mandi melalui kaca buram atau block glass di tembok.

Ukuran kamar mandi di Indonesia harus dapat menampung hendaknya satu closet (jongkok atau duduk) dan satu bak mandi atau shower. Sehingga ukuran kamar mandi terkecil yang bisa dibuat adalah 1,2 m x 1,5 m; Sementara ukuran umum kamar mandi di rumah adalah 1,5 m x 2 m. Kamar mandi besar dengan bak mandi minimal memiliki ukuran 2 m x 2,5 m.

Demikialah beberapa ukuran ruang-ruang yang ada di rumah sesuai dengan standar dan pengalaman pribadi penulis dalam merancang bangunan. Semoga bermanfaat dan dapat membuka wawasan bagi teman-teman yang masih penasaran dengan ruangan yang ada di rumah.


Baca Juga :
Perbandingan Closet jongkok vs Closet duduk
Rasio Jendela dengan Luas Lantai
Ciri Khas Desain Interior Kontemporer
Cara Memaksimalkan Ruangan yang Sempit
Cara Memisahkan Ruangan Selain dengan Dinding

Referensi :

  • Pengalaman pribadi *)
  • https://theconstructor.org/building/size-room-location-building/13269/



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter