Skip to main content

Kekurangan Rumah Minimalis dan Cara Mengatasinya

Rumah minimalis belakang ini sangat digemari banyak orang di Indonesia, tak terkecuali orang-orang di pedesaan yang mulai melirik rumah minimalis. Namun ternyata belum banyak yang mengetahui kekurangan rumah minimalis.

Di balik ketenarannya, ternyata rumah minimalis memiliki banyak kekurangan yang mungkin tidak dipikirkan banyak orang. Dalam artikel ini saya akan khusus membahas mengenai kekurangan rumah minimalis dan bagaimana tips untuk mengatasinya.

01 Rumah Minimalis cenderung terlihat kosong

Kekurangan rumah minimalis yang pertama adalah dilihat dari segi tampilannya yang polos dan kosong. Konsep minimalis pada bangunan rumah artinya menghilangkan dekorasi tambahan yang tidak penting atau tidak memiliki fungsi sama sekali.

kekurangan rumah minimalis, kosong
Rumah Minimalis yang polos putih bersih

Sejatinya konsep rumah minimalis tidak menggunakan elemen dekorasi apapun untuk menambah estetika bentuk. Estetika atau keindahan rumah minimalis dianggap berasal dari berfungsinya semua ruang secara efektif dan efisien.

Inilah yang membuat rumah minimalis tampil polos dan kosong, jika ditambah dengan elemen dekorasi maka namanya tidak minimalis lagi, namun merupakan gaya arsitektur kontemporer, inilah yang masih sering disalah artikan oleh kebanyakan orang.

Rumah minimalis sejati pastinya terlihat kosong, putih polos dan kita hanya melihat sesuatu yang berfungsi saja. Maka dari itu, jika kita ingin menambahkan elemen dekorasi pada rumah minimalis, maka elemen tersebut harus berfungsi, bukan sebagai keindahan.

Maka dari itu, cara yang paling baik untuk mengisi kekosongan pada rumah minimalis agar tidak kosong adalah dengan menambahkan taman, railing, pintu jendela atau overstek. Dengan demikian, kita akan memperoleh keindahan bentuk rumah minimalis yang fungsional dan tidak keluar dari kaidah desain rumah minimalis.

02 Rumah Minimalis kadang terlihat membosankan

Akibat bentuk yang simple dan minimalis, terkadang orang menganggap rumah minimalis terlalu biasa, polos, kosong dan membosankan. Inilah karateristik desain arsitektur modern yang dikeluhkan banyak orang pada tahun 1990 an.

Namun kita masih bisa mengolah rumah minimalis dengan banyak cara sehingga tidak terlihat membosankan. Salah satunya adalah dengan mengolah isi rumah itu sendiri. Gaya rumah boleh minimalis, namun gaya interiornya kita bisa gunakan gaya modern atau kontemporer.

interior bergaya kontemporer cocok untukrumah minimalis
interior bergaya kontemporer cocok untukrumah minimalis

Jika kita ibaratkan rumah minimalis sebagai kertas putih bersih, maka interiornya adalah goresan halus pada kertas tersebut. Namun pastikan menggunakan interior dan furniture yang senada dan satu konsep dengan rumah. Sebuah dekorasi yang diletakan pada rumah minimalis pasti akan sangat terlihat jelas dan kontras.

Akan terlihat aneh bila memasukan sofa ukir pada rumah minimalis, apalagi menggunakan hiasan ukiran. Mungkin menarik bagi sebagian orang, namun secara desain hal tersebut nampak kontras.

Sebaiknya menggunakan furniture bergaya modern, meskipun dari bahan yang sama, namun pilihlah bentuk yang lebih simple jika Anda masih ingin bertahan pada konsep minimalis.

03 Rumah minimalis tidak memiliki identitas lokal

Rumah minimalis adalah turunan gaya arsitektur modern yang global dan universal. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan rumah minimalis karena desainnya sama sekali tidak mencerminkan kearifan lokal.

Akibatnya banyak orang yang mencoba menambahkan dekorasi arsitektur lokal seperti elemen arsitektur Jawa atau Bali. Namun setahu saya minimalis itu artinya simplicity, menyederhanakan, dan mengurangi yang tidak berfungsi. Jadi kalau menambahkan dekorasi maka sudah agak keluar dari konsep rumah minimalis itu sendiri.

Inilah keambiguan yang masih agak simpang siur di masyarakat. Namun karena tren yang berkembang banyak developer dan marketing yang mengatasnamakan rumah minimalis padahal desain rumah yang mereka tawarkan bukanlah rumah minimalis yang sebenarnya.

04 Pengetahuan yang kurang tentang rumah minimalis

Kurangnya pengetahuan tentang rumah minimalis sering menimbulkan salah arti di masyarakat tentang konsep rumah minimalis itu sendiri. Oleh karena itu sebaiknya kita paham dulu mengenai rumah minimalis agar kita bisa menentukan pilihan desain rumah yang kita inginkan.

Dalam situs arsitur.com ini saya sudah banyak menulis tentang desain rumah minimalis termasuk kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda tertarik lebih jauh mengenai rumah minimalis silahkan dilihat beberapa artikel tentang rumah minimalis berikut ini :

Baca Juga : 
Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis
Tips Mendesain Rumah Minimalis yang Simple
5 Prinsip Arsitektur Rumah Minimalis
Kumpulan Denah Rumah Minimalis 6x12 Meter
Karakteristik Rumah Minimalis

05 Sulit untuk membuat bidang besar yang rapi

Rumah minimalis sering memiliki bidang besar yang memblok sebuah fasad dengan material yang sama. Kenyataannya adalah bidang besar ini agak sulit dibuat rapi dan mulus. Apalagi jika kontraktor atau mandor kurang baik dalam menyelesaikannya maka bidang seperti tembok tidak akan terselesaikan dengan baik.

Dengan adanya masalah ini, kita bisa selesaikan dengan membuat tali air untuk memecah konsentrasi bidang besar ini. Tali air di dinding tidak akan membuat rumah kehilangan kesan minimalisnya.

06 Pertemuan-pertemuan bidang dalam rumah

Pertemuan-pertemuan dinding dan lantai, dinding dan plafon seringkali menjadi kurang rapi. Rumah minimalis biasanya memiliki kelemahan pada finishing sudut-sudut ini.

Namun hal ini bisa diatasi dengan memberikan sedikit tambahan. Misalnya pertemuan dinding dan lantaibisa menggunakan plin atau bisa menggunakan lis kecil pada plafon.

07 Rumah minimalis agak susah dibersihkan

Beberapa desain rumah minimalis suka menggunakan bentuk tonjolan atau grill pada fasadenya sehingga menjadi lebih sulit dibersihkan. Bidang putih besar seperti tembok yang putih polos juga rentan kotor. Meskipun sejatinya rumah minimalis gampang dirawat, nyatanya menjaga rumah tetap bersih adalah sebuah tantangan. Rumah minimalis akan terlihat berbeda bila ada sedikit saja kotoran.

Demikianlah mengenai kekurangan rumah minimalis dan cara mengatasinya. Ada baiknya kita menambah wawasan mengenai tren desain rumah minimalis, kelebihan dan kekurangannya sebelum kita memutuskan untuk memilih rumah minimalis.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar