Skip to main content

Tips Mendesain Rumah Minimalis yang Simple

Tips mendesain rumah minimalis berikut ini akan membantu Anda mendapatkan rumah dengan desain minimalis kekinian namun tetap nyaman untuk ditinggali. Baca selengkapnya agar lebih paham.

Rumah minimalis merupakan suatu gaya desain yang sedang naik daun di Indonesia. Bagian dari gaya arsitektur modern ini disukai karena simple, universal dan terlihat futuristik di mata banyak orang.

Namun gaya rumah minimalis tentu memiliki kekurangan di beberapa aspek. Tidak setiap rumah minimalis bisa dibilang berhasil. Banyak yang justru menjadi aneh atau malah tidak nyaman untuk ditinggali.

Oleh karena itu sebaiknya Anda pahami dulu mengenai Kelebihan dan Kekurangan rumah Minimalis seperti yang pernah saya tulis dalam artikel sebelumnya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekuragan Rumah Minimalis

Nah jika sudah, saatnya kita lanjutkan pada Tips Mendesain Rumah Minimalis berikut ini :

01 Utamakan Fungsi Ruangan daripada Bentuk

Rumah minimalis adalah rumah dengan aliran desain arsitektur modern yang bentuknya simple namun mengutamakan fungsi-fungsi ruang di dalamnya. Rumah minimalis sangat fokus dengan fungsi, sehingga hampir semua bagian rumah ada karena fungsi.



Rumah Minimalis Sontang M Siregar
Rumah Minimalis karya Arsitek Sontang M Siregar


Para pemilik rumah minim malah sering menginginkan satu ruang berfungsi banyak sehingga mereka tidak perlu menyediakan banyak kamar dalam sebuah rumah. Beberapa fungsi bahkan digabung dalam satu ruangan yang tidak terpisah oleh dinding sehingga akan membuat suasana lebih lega.

Misalnya adalah ruang keluarga yang dibuat memanjang, kemudian menyatu dengan ruang makan dan dapur. Ketiga ruang ini mungkin hanya dipisahkan oleh jarak dan warna-warni furniture saja.

02 Buat Sirkulasi Rumah yang Cepat

Hal lain yang berkaitan dengan efektivitas ruang dalam rumah minimalis adalah sirkulasi. Dalam rumah minimalis harus memberikan sirkulasi sesingkat-singkatnya menuju ke ruangan tertentu. Rumah minimalis tidak baik menyediakan lorong sebagai area sirkulasi.

Oleh karena itu, biasanya alur sirkulasi rumah minimalis dari teras, masuk menuju ruang tamu yang terkadang digabung dengan ruang keluarga dan ruang makan sebagai sebuah ruangan besar, dari sini kemudian ada akses menuju ke kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja dan sebagainya.

03 Hadirkan Bentuk yang Bersih dan Rapi

Umumnya Rumah minimalis menghindari penggunaan bentuk yang rumit dan berliku. Rumah minimalis kebanyakan memiliki fasad yang bersih, rapi dan senada. Pertemuan bidang horizontal dan bidang vertikal ruangan umumnya dirapikan dengan menggunakan garis atau tali air.


Pertemuan pintu dan tembok diirapikan dengan tali air
Pertemuan pintu dan tembok diirapikan dengan tali air


Jika dilihat secara denah, maka ruangan umumnya akan dibuat dengan bentuk kotak sempurna serta dengan garis tepi bangunan yang lurus, jarang ada denah rumah minimalis yang memiliki bentuk lengkung atau tonjolan jika tidak ada fungsi ruang di dalamnya.

Rumah minimalis jika dilihat pada dinding-dindingnya berbentuk lurus vertikal, jarang sekali ada bentuk lengkung atau miring. Yang miring biasanya adalah atap, karena sesuai dengan daerah tropis, namun banyak juga yang memilih atap datar untuk menghasilkan bentuk bangunan yang kotak sempurna.

04 Blok Bidang Fasad

Fasad atau muka depan rumah minimalis umumnya tidak menggunakan dekorasi berupa ukiran atau bentuk-bentuk yang mengacu pada benda-benda tertentu atau makhluk hidup. Rumah minimalis lebih cenderung menggunakan material yang diblok pada dinding.

Villa Verbruggen Minimalism
Villa Verbruggen Minimalism


Misalnya dinding depan yang diblok dengan batu alam atau cat putih saja. Semua dekorasinya menggunakan bidang geometri yang simple dengan garis tegas dan itupun jarang diterapkan agar menghasilkan fasad yang bersih.

05 Gunakan Warna Terang dan Senada

Pilihan warna-warni rumah minimalis biasanya adalah putih, krem dengan sedikit aksen. Warna putih dipilih karena memberikan unsur terang dan bersih pada bangunan maupun interior. Aksen yang digunakan biasanya adalah warna abu muda, warna natural dari kayu atau batu alam. Jarang menggunakan warna kontras.

06 Bukaan Jendela yang Besar dan Terang

Rumah minimalis identik dengan rumah putih yang luas dan terang. Karena itu rumah minimalis harus memiliki pencahayaan alami maupun buatan yang cukup untuk membuatnya tampak elegan dan luas. Rumah minimalis juga umumnya menggunakan jendela yang besar dan kaca frameless.

Sementara untuk lampu biasanya menggunakan lampu putih alami. Bila menggunakan lampu di ceiling biasanya menggunakan rumah lampu yang masuk ke dalam ceiling. Rumah minimalis juga jarang menggunakan lampu gantung hias.

07 Furniture Rumah Minimalis

Meletakan furniture di rumah minimalis juga tidak boleh sembarangan. Bentuk-bentuk furniture juga harus menyesuaikan yaitu furniture yang minimalis atau modern. Penggunaan sofa dan kabinet hendaknya memiliki warna yang senada dengan tembok atau lantai sehingga tidak merusak suasana rumah.


Furniture Rumah Minimalis
Furniture Rumah Minimalis


08 Dekorasi yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

Karena bentuk rumah yang simple dan bersih, maka menaruh dekorasi apapun pasti akan terlihat menonjol. Seperti setitik noda dalam baju putih. Karena itu sejatinya kita bisa memberikan kontras dengan beberapa dekorasi yang diletakan jarang-jarang. Namun untuk mereka yang ingin rumahnya benar-benar minimalis sebaiknya menggunakan lebih sedikit dekorasi atau tidak menggunakan dekorasi sama sekali sehingga keindahan timbul karena ruang itu sendiri.



Kelebihan dan Kekurangan Rumah Minimalis
Tips Mendesain Rumah Minimalis yang Simple


Di luar ruangan, rumah minimalis sangat cocok dihiasi dengan taman bergaya Zen atau taman yang rapi dan bersih. Tanaman yang seragam dan rapi akan mendukung suasana rumah, jangan menggunakan tanaman rambat atau semak belukar. Gunakan tanaman pot untuk menyederhanakan taman.

Demikianlah mengenai Tips mendesain rumah minimalis. Semoga pembaca sekalian lebih paham mengenai desain rumah minimalis dan mengetahui bagaimana agar bisa mendesain rumah minimalis yang berhasil.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar