Arsitektur Minimalis, Karakteristik dan Contohnya - Arsitur Media Desain

Arsitektur Minimalis, Karakteristik dan Contohnya

- 8/03/2019


Minimalis adalah sebuah gaya desain yang berkembang pada zaman arsitektur modern. Minimalism menjadi trend yang terus digemari dalam pembangunan rumah-rumah modern termasuk di Indonesia karena mengutamakan kesederhanaan. Artikel berikut akan membahas mengenai Arsitektur Minimalis, Karakteristik, Prinsip desain dan Contohnya.

Definisi Arsitektur Minimalis 

Arsitektur dengan gaya minimalis merupakan arsitektur yang sedang populer di Indonesia saat penerbitan postingan ini. Jika dilihat secara kategori umum, maka gaya minimalis merupakan bagian dari arsitektur modern. Namun gaya minimalis lebih spesifik dalam perwujudannya yang lebih simple sesuai dengan konsep fungsional dan less is more.

Kata minimalis sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu minimal yang artinya sesedikit mungkin atau sesederhana mungkin. Dalam hal ini yang dimaksud adalah pada tampilan yang sederhana, tidak banyak corak dan ornamen serta didominasi oleh bentuk-bentuk geometris. 

Jadi secara sederhana gaya arsitektur minimalis adalah gaya yang hanya menampilkan elemen bangunan seperlunya saja sesuai fungsi, berusaha sesederhana mungkin dan dari sini kemudian muncul kesan estetis dan elegan. Beberapa karakteristik dan ciri gaya arsitektur minimalis adalah sebagai berikut :


1. Bentuk yang Fungsional

Bentuk bangunan tercipta mengikuti fungsi, jadi semua elemen bangunan ada karena ada fungsi di baliknya.

2. Kesederhanaan

Membuat tampilan bangunan lebih sederhana, mengurangi tonjolan atau cekungan dalam bangunan. Semakin sederhana semakin baik sesuai konsep “Less is More”

3. Tanpa Ornamen

Ornamen dianggap tidak mewakili fungsi apapun dalam bangunan, jadi kesan bangunan akan lebih rapi dan elegan.

4. Keseragaman

Bentuk-bentuk dalam arsitektur minimalis tidak menampilkan idealisme sang arsitek, semuanya generik dan terlihat sama dengan yang lainnya.

5. Kosong & Bersih

Umumnya bangunan bergaya minimalis memang terlihat lebih sepi, menampilkan unsur fungsi apa adanya. Sering menampilkan blok material finishing putih atau material tertentu sehingga kerapihan finishing sangat dipertimbangkan.

6. Geometris

Bentuk yang ditampilkan harus mengikuti pola geometri teratur, bukan bentukan abstrak yang sulit diukur dimensinya. Karakter bentukan juga harus tegas dan segaris.

Contoh Bangunan Arsitektur Minimalis

Salah satu contoh bangunan minimalis adalah Casa AR, sebuah hunian di Ciudad L√≥pez Mateos, Mexico yang dibuat oleh Lucio Muniain pada tahun 2011. 

Casa AR by Mexican architect Lucio Muniain.

Elemen Tangga
Konsep kesederhanaan

Tampak Belakang

Namun di Indonesia, ada banyak kekeliruan tentang desain rumah minimalis.  Trend kata minimalis membuat orang-orang cenderung lupa dengan arti kata minimalis yang sesungguhnya. Kata minimalis sering hanya menjadi bahan jualan semata dan banyak bangunan justru sebenarnya tidak minimalis dibuat minimalis. Mari kita simak contoh karya berikut yang saya ambil dari pinterest dengan kata kunci rumah minimalis :

rumah non minimalis
rumah yang tidak sepenuhnya minimalis (semi minimalis)

Contoh gambar pertama adalah rumah semi minimalis karena tidak sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip desain minimalis. Cirinya bisa kita lihat pada dua garis vertikal di depan jendela yang sejatinya tidak berfungsi secara struktural, hanya sebagai hiasan semata.

Sementara ada kolom yang dilapisi batu alam berwarna krem yang sejatinya tidak fungsionaldan lebih mementingkan estetika. Ada juga pada leher atap yang menggunakan bentuk hiasan dekoratif (undakan) yang justru masuk pada style vernakular dan tradisional. Sehingga kurang pas apabila dikatakan minimalis murni, lebih cocok disebut dengan gaya modern kontemporer.

rumah minimalis asli
rumah minimalis asli

Sementara contoh gambar kedua datang dari rumah karya Sontang M Siregar yang memang tampil minimalis. Fasad depannya sangat sederhana, tidak mencoba meraih estetika lain, yang ada hanya dua jendela karena dibutuhkan untuk fungsi.

Sebagian besar bangunan berwarna putih bersih tanpa lekukan maupun hiasan lainnya. Sebuah contoh yang baik untuk teman-teman yang mempelajari gaya arsitektur minimalis. 

Demikianlah mengenai arsitektur minimalis, karakteristik dan contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan seputar arsitektur minimalis.

Dapatkan dalam PDF


Thanks to Supporting Reference
  • http://cv-curcor.blogspot.co.id/2013/04/rumah-minimalis-pengertian-dan-ciri.html
  • http://arsitektur.me/2015/08/kenali-ciri-ciri-arsitektur-rumah-modern/
  • http://weandthecolor.com/minimalist-architecture-lucio-muniain/73501



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter