Skip to main content

Tips Merawat Lantai Tegel

Mendengar kata lain tegel mungkin kita akan teringat dengan rumah-rumah zaman dahulu sebelum tahun 2000. Memang benar bahwa lantai tegel merupakan jenis penutup lantai yang terkenal pada masa tersebut.

Lantai tegel banyak digunakan sejak zaman penjajahan hingga zaman awal kemerdekaan di Indonesia. Lantai tegel sangat cocok disandingkan dengan bangunan bergaya kolonial dan arsitektur jengki.

Baca juga : Perbedaan Lantai Homogeneous Tile (Ubin Homogen) dengan Ubin Keramik

Tips Merawat Lantai Tegel
Tips Merawat Lantai Tegel (img by grid.id)


Sepintas lantai tegel ini mirip dengan keramik namun permukaannya lebih kasar. Lantai tegel memiliki banyak varian warna dan motif yang menarik. Namun kekurangan lantai tegel adalah sangat rentan kotor dan apabila terkena asam seperti cuka maka akan Tertinggal bekas yang menodai lantai tegel.

Lantai tegel saat ini sudah jarang digunakan oleh masyarakat. Masyarakat lebih memilih keramik yang dianggap lebih baik dari segi kualitas dan lebih mudah dirawat. Namun beberapa bangunan dengan gaya klasik dan hari esok lebih memilih menggunakan lantai tegel karena memberikan kesan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh keramik.

Baca juga : Perbandingan Lantai Kayu vs Bambu

Jenis lantai tegel ini sejatinya tidak terlalu susah dirawat tetapi memerlukan perhatian khusus untuk menjaga permukaan nya tetap mengkilap. Berikut ini beberapa tips merawat lantai tegel agar tetap awet.

  • Untuk pembersihan sehari-hari lantai tegel cukup disapu menggunakan sapu ijuk saja. Sapu secara halus layaknya menyapu di atas keramik biasa.
  • Lantai tegel dapat di pel dengan air bersih. Jangan menggunakan sabun terlalu banyak agar tidak merusak permukaan lantai tegel.
  • Jika permukaan lantai tegel sudah tidak halus lagi, gunakan serabut kelapa untuk menggosok permukaan lantai hingga merata agar lantai terlihat halus kembali.
  • Untuk memelihara permukaan lantai tegel dapat menggunakan solar yang dilap ke lantai secara merata. Pastikan setelah itu menggunakan lap kering agar permukaan lantai tidak licin.
  • Perawatan lantai tegel sebaiknya dilakukan dalam waktu 2 minggu hingga 1 bulan sekali agar lantai tegel tetap halus dan mengkilap
  • Segera lap dan bersihkan dengan sabun apabila lantai tegel terkena zat asam seperti cuka

Demikianlah tentang lantai tegel dan tips merawat lantai tegel. Jika anda masih ingin memiliki rumah dengan lantai tegel, jangan ragu karena anda bisa mengikuti tips di atas.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar