Ukuran kasur telah dibuat standar di seluruh dunia sehingga memudahkan para produsen untuk membuat kasur. Selain itu beberapa bahan penunjang kasur seperti sprei bed protector bed cover dan lain-lainnya juga lebih mudah ditentukan. Kita sangat perlu untuk mengetahui ukuran standar kasur yang akan diletakkan di ruangan kita.


Kasur
Kasur

Ukuran Standar Kasur Tempat Tidur

Ukuran kasur mulai dari single, double, queen dan king size
Secara internasional ada beberapa ukuran kasur yang dikenal fase telah banyak digunakan. Sejatinya ukuran tersebut hanya berbeda pada lebar kasur sementara panjangnya tetap sama yaitu 200 cm atau 2 meter. Berikut ini adalah beberapa ukuran standar kasur yang banyak beredar di Indonesia.

1. Single Size Bed 90 X 200 Cm

Ukuran kasur Single Bed 90 x 200 cm

Kasur ukuran single saat ini biasanya digunakan untuk kos-kosan atau untuk membuat kasur tingkat. Kasur ini juga banyak dipakai di asrama kepolisian maupun militer. Lebarnya yang sempit hanya cukup untuk 1 orang saja. Jika kamu ingin mulai ngekos sendiri maka pilihlah kasur ini sehingga dapat menghemat ruangan. Meskipun demikian orang dewasa pastinya merasa kurang nyaman jika tidur dengan kasur ukuran ini.

2. Double Size Bed 120 X 200 Cm

Ukuran kasur small double bed 120 x 200 cm

Kasur ukuran double size biasanya digunakan untuk 2 orang di tempat yang sempit. Peminat kasih ukuran ini juga masih didominasi oleh anak kos atau anak kontrakan. Meskipun masih muat untuk 2 orang tetapi nyatanya tidur di kasur ini berdua belum terasa lega.

Mungkin untuk yang memiliki badan langsing bisa menjadikan kasur ukuran ini sebagai pilihan. Kasur ukuran ini juga banyak dijual dalam tipe kasur spons dengan harga yang murah sehingga cocok sekali untuk anak kos.

Selain itu kasur ukuran ini juga banyak digunakan oleh hotel maupun villa untuk membuat kamar twin bed. Kamar tipe twin bed biasanya diperuntukkan oleh tamu bisnis atau anak-anak muda yang menginap di hotel.

3. Kasur Double Bed Ukuran 140 x 200 Cm

ukuran kasur double bed 140 x 200 cm

Kasur dengan ukuran lebar 140 cm mungkin menjadi alternatif yang baik untuk menengahi antara kasur ukuran lebar 120 cm dan 160 cm. Dengan demikian, kasur ukuran 140 cm ini cocok digunakan oleh pasangan yang memiliki ukuran tubuh medium, atau pasangan muda yang tidak ingin menghabiskan kamar tidurnya dipenuhi kasur karena kondisi rumah yang lebih kecil. Namun kendala utama kasur ini adalah agak sulitnya mencari bed cover atau sprei dengan ukuran 140 cm. Namun jangan khawatir karena bed cover kasur ini sudah banyak tersedia secara online.

Baca juga : 7 Jenis Bahan Kasur yang Populer di Indonesia

4. Queen Size Bed 160 X 200 Cm

ukuran kasur queen 160 x 200

Kasur ukuran queen size dianggap sebagai kasur ukuran minimal untuk ranjang pasangan suami istri. Dengan lebar 160 meter sudah dirasa cukup apalagi untuk orang asia yang berbadan ramping. Bagi pasangan muda yang baru menikah biasanya memilih kasur ukuran queen size untuk ranjang mereka. Kasur ukuran queen size banyak tersedia dalam tipe kasur spring bed yang sudah memiliki dipan.

5. King Size Bed 180 X 200 Cm

ukuran kasur king 180 x 200 cm

Kasur ukuran king size biasanya digunakan untuk main bedroom di rumah kelas menengah ke atas. Biasanya untuk pemilik rumah yang sudah memiliki pasangan. Selain itu pacar ini juga banyak dipakai di kamar hotel maupun villa dengan tipe standar. Kasur ini sudah dipakai untuk 2 orang meskipun dipakai oleh orang amerika dan eropa.

6. Super King Size Bed 200 X 200 Cm

ukuran kasur 200 x 200 cm

Kasur ukuran terbesar yang paling umum digunakan adalah ukuran 200 x 200 cm yang dikenal dengan nama super king size bed. Biasanya untuk main bedroom rumah kelas atas yang sangat luas. Selain itu kasur ini juga sering digunakan di hotel atau villa kelas premium suit atau presidensial suit. Kasur ini sangat lega untuk 2 orang dan juga cocok digunakan untuk mereka yang memiliki badan besar.

Untuk tebal kasur standar yang baik adalah 30 cm untuk kasur tipe spring (peer) atau 20 cm untuk tipe spon. Jika tebal kasur kurang dari yang disebutkan maka mungkin badan kita akan cepat tenggelam dan mentok dengan bagian keras dari divan atau lantai sehingga akan mengurangi kenyamanan.

Itulah ukuran ukuran kasur yang umum dan standar. Jika kita pergi ke toko springbed atau penjual kasur biasanya ukuran ukuran tersebut yang ditawarkan. Semoga dengan membaca artikel ini tidak ada lagi yang bingung mengenai ukuran kasur untuk tempat tidur.

Baca Juga :