Skip to main content

Ruang Luar atau Ruang Outdoor

Artikel ini akan membahas teori tentang ruang luar atau ruang outdoor. Masa dalam arsitektur merupakan elemen tapak/site yang tersusun dari masa berbentuk bangunan maupun vegetasi. Keduanya baik secara individual maupun berkelompok menjadi unsur pembentuk ruang luar atau ruang outdoor. Berikut akan dijabarkan mengenai ruang luar.

Ruang Luar atau Ruang Outdoor
Ruang Luar atau Ruang Outdoor

Ruang Luar

Ruang Luar adalah ruang yang terbentuk oleh batas horizontal bawah (bentang alam seperti tanah) dan batas vertikal (masa bangunan dan vegetasi). Masa berupa bangunan atau vegetasi dan ruang luar yang terbentuk diantaranya. Keduanya perlu disusun dan diintegrasikan dalam site untuk dapat menciptakan lingkungan hunian yang baik.

Jenis Ruang Luar

Jenis ruang luar diklasifikasikan melalui beberapa cara sehingga setiap klasifikasi membedakan jenis ruang luar dengan metode tertentu seperti fungsi atau kegiatan yang dilakukan pada ruang tersebut. Berikut adalah Jenis Ruang luar berdasarkan beberapa klasifikasi.

Jenis Ruang Luar Berdasarkan Kegiatan

Berdasarkan jenis kegiatan yang ditampungnya, ruang luar dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenis ruang luar berdasarkan kegiatannya :

Ruang Aktif

Ruang Aktif adalah ruang-ruang yang dibentuk untuk difungsikan sebagai ruang untuk aktivitas olah raga, jalan, dan bermain. Ruang luar ini dapat berbentuk: plaza, playround, lapangan Olah Raga, sidewalk.

Ruang Pasif

Ruang pasif adalah ruang-ruang yang dibentuk bukan difungsikan sebagai tempat manusia melakukan kegiatan utama. Ruang luar ini dapat berbentuk seperti taman pasif, area hijau terbuka untuk penyerapan air hujan.

Jenis Ruang Luar Berdasar fungsinya

Ruang luar juga bisa dikategorikan sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah jenis ruang luar berdasarkan fungsinya :

Fungsional

Ruang Luar Fungsional merupakan ruang luar yang sebgaja dibentuk dengan adanya fungsi/guna untuk melakukan kegiatan tertentu. Fungsi/guna tersebut misalnya sebagai berikut :
  • ruang aktif seperti tempat untuk bermain dan olah raga
  • tempat peralihan kegiatan atau menunggu
  • sarana penghubung antar bangunan
  • sebagai pembatas antar bangunan
  • sebagai pengatur jarak antar bangunan

Ekologis

Ruang luar ekologis artinya ruang luar dibentuk dengan pertimbangan fungsi ekologisnya. FUngsi ini terkait dengan pelestarian lingkungan dan pemeliharaan alam yang dimulai dari skala kecil yaitu bangunan. Berikut adalah fungsi ruang luar berdasarkan sisi ekologisnya :
  • sumber penyegaran udara (menyerap CO2
  • dan menghasilkan O2)
  • sebagai penyerap dan pengendali air hujan
  • dan banjir
  • sebagai pengendali ekosistem tertentu
  • sebagai pelunak/pelembut massa bangunan

Demikianlah penjelasan mengenai Ruang Luar, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Jangan lupa untuk like dan follow sosial media kami dan share artikel ini untuk teman-teman sekalian.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar