Warna merupakan elemen yang sangat penting dalam sebuah ruangan. Warna menjadi penentu karakter interior setiap ruangan sehingga memilih warna tidak boleh sembarangan. Sejatinya tidak ada yang salah dalam pemilihan warna tetapi kesan yang ditimbulkan warna tersebut lah yang perlu diperhatikan.

Itulah mengapa perhatian terhadap warna sangat penting dalam desain interior. Seperti yang banyak dikatakan oleh pepatah bahwa warna dapat mengubah perasaan seseorang. Oleh karena itu kita harus benar-benar memperhatikan warna dari tempat yang akan kita huni dalam waktu yang lama.

Kombinasi 3 Warna pada Ruangan 

Tips berikut ini akan menyajikan beberapa alternatif yang bisa dipilih dalam memberikan warna pada ruangan. Pada masing-masing alternatif terdapat tiga kombinasi warna utama. Mengkombinasikan tiga warna sekaligus akan menjadi sesuatu yang menarik dalam ruangan. Tiga warna pastinya cukup untuk mengisi ruangan sehingga tidak terkesan monoton. Selengkapnya tentang kombinasi tiga warna tersebut silakan simak berikut ini :

Kombinasi  Warna Abu Putih Hitam

Kombinasi  Warna Abu Putih Hitam
Kombinasi  Warna Abu Putih Hitam

Yang pertama kita mulai dengan warna natural yaitu abu putih dan hitam. Putih atau warna cerah digunakan sebagai dasar ruangan. Kemudian ditambahkan warna abu pada furniture yang dominan. Selanjutnya warna hitam digunakan sebagai kontras di beberapa titik seperti lampu dan kursi kursi kecil.

Ternyata kesan ruang yang dihasilkan adalah warna kalem yang cocok digunakan untuk dapur dan ruang makan. Warna tersebut dapat menjadi dasar beberapa perabotan dan bahan makanan yang warnanya lebih bervariasi sehingga warna ruangan tidak bersaing dengan warna perabotan.

Baca juga : Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin

Kombinasi Warna Biru Putih Ungu

Kombinasi Warna Biru Putih Ungu
Kombinasi Warna Biru Putih Ungu

Warna biru dikenal dengan warna yang berikan kesan sejuk dalam ruangan. Warna biru memang sangat cocok dikombinasikan dengan latar putih sehingga menjadi aksen yang kuat. Kombinasi warna biru dan putih ternyata masih menimbulkan kesan ruangan yang dingin. Oleh karena itu kita dapat menambahkan warna yang sedikit berani seperti merah atau ungu sehingga ruangan lebih hidup.

Contoh di atas adalah sebuah ruang keluarga dengan latar putih kombinasikan dengan biru pada dinding dan ditambah aksen ungu muda. Kombinasi ini cocok diterapkan untuk rumah urban yang suasana lingkungannya cenderung panas.

Baca juga : Perbedaan Hue, Tint, Tones & Shades dalam Warna

Kombinasi Warna Merah Putih Kuning

Kombinasi Warna Merah Putih Kuning
Kombinasi Warna Merah Putih Kuning

Warna merah dan putih adalah warna yang sangat cocok untuk dikombinasikan. Merah adalah warna pengisi ruangan jadi sangat membantu apabila ruangan terlalu sepi dengan warna putih. Apabila terlalu dominan dengan merah dan putih dalam ruangan juga dapat menimbulkan kesan yang agak monoton. Karenanya kita dapat menambahkan sedikit aksen kuning di beberapa titik sehingga ruangan terlihat lebih cantik.

Baca juga : Psikologi Warna : Efek Positif dan Negatif Terhadap Pikiran Manusia

Kombinasi Warna Hijau Putih Dan Kuning

Kombinasi Warna Hijau Putih Dan Kuning
Kombinasi Warna Hijau Putih Dan Kuning

Warna hijau merupakan warna yang cukup digemari di indonesia. Namun mengkombinasikan kan warna hijau haruslah benar-benar cermat sehingga warna lain tidak termakan oleh warna hijau. Bangunan dengan latar dominan putih jika dikombinasikan dengan warna hijau muda akan memberikan kesan ruang yang kalem dan sejuk.

Supaya tidak terlalu monoton, maka tambahkan sedikit aksen yaitu warna kuning atau coklat cerah. Warna hijau sangat cocok dikombinasikan dengan warna coklat cerah atau kuning sebagaimana layaknya pohon-pohon di hutan. Inilah yang akan membuat rumah anda terkesan alami dan sejuk.

Nah itu dia beberapa kombinasi tiga warna yang dapat anda coba terapkan di rumah kesayangan anda. Warna adalah masalah selera namun warna juga tentang kesan yang ingin dibuat dalam sebuah ruangan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Referensi :

  • housebeautiful.com