Skip to main content

Perbedaan Warna Hangat dan Warna Dingin

Bagaimana kita tahu warna mana yang terbaik untuk setiap desain? Desainer selalu berbicara tentang istilah-istilah seperti warna hangat (warm colour) dan warna dingin (cool colour). Apa yang sebenarnya mereka maksud dengan warna hangat dan warna dingin ? Mendapatkan pemahaman tentang istilah-istilah ini akan membantu kita menentukan warna ketika mendesain arsitektur bangunan maupun interior.

Desainer interior biasanya menggunakan warna sebagai salah satu alat utama mereka untuk menciptakan interior rumah yang indah. Warna hangat dan dingin dapat secara visual memperluas atau mengecilkan ruang, menaikkan dan menurunkan langit-langit Anda, dan bahkan memengaruhi perasaan Anda.

Lukisan dengan warna hangat dan warna dingin
Lukisan dengan warna hangat dan warna dingin


Setelah perencanaan denah dan bangunan rumah, warna adalah salah satu aspek desain yang paling penting untuk ruang atau ruangan. Untuk merancang ruang yang dapat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan kecantikan, Anda juga perlu memahami psikologi warna. Hal ini dapat membuat atau meremajakan suasana hati Anda, membuat Anda tersenyum, menghilangkan stres Anda dan membantu Anda tidur malam lebih nyenyak.

Mengetahui warna mana yang memberikan nuansa hangat dan yang memberikan nuansa dingin yang bisa membuat penataan rumah Anda sedikit lebih mudah. Warna adalah konsep yang sangat luas untuk dijelajahi, tetapi, dalam artikel ini, Arsitur akan membahas tentang apa itu warna Hangat dan Dingin, perbedaan dasarnya dan bagaimana warna hangat dan warna dingin ini akan membantu Anda saat membuat skema warna untuk interior rumah Anda.

Memahami Roda Warna


Roda warna hangat dan warna dingin
Roda warna hangat dan warna dingin

Mari kita mulai dari roda warna yang banyak, dan dengan warna-warna primer, merah, kuning dan biru, karena semua variasi warna lainnya dicapai dengan mencampurkan ketiga warna ini.

Bagan roda warna dapat membantu kita memahami kategori umum warna hangat dan dingin. Warna ini tersedia dalam bentuk cat yang terjual secara online atau di toko cat mana saja. Kita bisa memilih warna hangat dan warna dingin yang menyenangkan untuk menghias kamar.

Warna Hangat dan Warna Dingin dalam Desain

Kita akan dapat dengan cepat memahami dan merasakan makna yang terkait dengan warna-warna hangat dengan matahari, sebagai sumber kehidupan dan kehangatan bagi semua orang seperti Merah, Kuning dan Oranye. Di sisi lain, jika kita memikirkan gunung bersalju yang sejuk, kita mendapatkan warna keren seperti Hijau, Biru dan Violet. Mengetahui cara menggunakan roda warna untuk kesan ruang adalah bagian penting dalam ilmu desain apapun.

Warna Hangat dan Efeknya pada Ruangan


Sisi roda warna yang terdiri dari merah, kuning, oranye bersama dengan berbagai kombinasi warna lainnya, biasanya disebut sebagai warna hangat.

Warna-warna hangat sering mengingatkan kita pada sinar matahari, pasir, api, dan panas. Karena itu, warna ini biasanya menarik perhatian dan umumnya dianggap energik atau menggairahkan!

Warna-warna hangat memberi Anda kedekatan dan memberikan lingkungan yang sangat nyaman. Warna-warna ini dapat membuat ruangan besar tampak lebih dekat dan lebih mengundang. Misalnya jika Anda memiliki ruangan yang terlalu besar, coba warnai dengan warna yang lebih gelap dengan nada warna yang hangat. Maka itu akan membuat kamar Anda terlihat lebih nyaman.

Biasanya warna-warna ini cenderung memiliki semua kualitas kehangatan, karena panas, pedas dapat menstimulasi dan membangkitkan emosi kita yang sangat membutuhkan kehangatan. Ini adalah alasan mengapa Merah adalah warna yang paling sukses di pasar untuk produk-produk seperti lipstik Merah, Coca-Cola, Ferrari, dll.

Interior restoran dengan warna hangat
Interior restoran dengan warna hangat

Dalam desain interior, warna-warna hangat cocok dengan gaya dekorasi tradisional dan juga di ruang sosial/publik rumah kita, seperti ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Warna hangat juga ideal untuk restoran dan bar, di mana kegiatan sosialisasi, makan dan minum sangat dominan.

Bahkan untuk tujuan kesehatan, warna-warna ini juga dikenal untuk meningkatkan efek adrenalin (hormon yang meningkatkan laju sirkulasi darah, metabolisme karbohidrat, dll) dan laju pernapasan, meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh, sehingga membuat Anda merasa lebih hangat. Jelas, semakin kuat warnanya semakin kuat efeknya.

Warna Dingin dan Efeknya pada Ruangan

Warna dingin digunakan untuk menggambarkan warna apa pun yang bersifat tenang atau menenangkan. Pada dasarnya, warna dingin adalah sisi roda warna di mana kita melihat warna Biru, hijau, dan ungu. Sebagai contoh ketika kita memikirkan danau atau sumber air yang dingin, kita biasanya melihat warna-warna dingin.

Warna-warna sejuk yang menenangkan dan tentram membantu menenangkan emosi dan mempertajam pikiran kita, dengan memungkinkan pikiran kita melakukan pekerjaan terbaik. Inilah sebabnya mengapa biru biasanya adalah warna yang paling populer untuk pakaian dan kemeja bisnis, serta seragam.

Selain itu, warna sejuk adalah yang terbaik untuk ruangan dimana konsentrasi, ketenangan dan istirahat adalah yang paling penting, seperti kamar tidur, kantor, dan kamar bayi.

Warna dingin dapat secara efektif mengurangi panas di kamar yang terlalu panas di musim panas. Jika Anda memiliki ruangan yang mendapat banyak sinar matahari, cobalah menyeimbangkan suasana dengan warna-warna sejuk, seperti hijau tua dan biru laut.

Warna-warna sejuk juga bagus untuk kamar-kamar kecil, di mana Anda ingin ruangan Anda tampak besar, karena warna-warna ini cenderung membuat ruangan kecil Anda lebih besar.

Warna-warna dingin bekerja dengan baik untuk kamar tidur di mana kita ingin bersantai seperti kamar tidur dengan warna biru laut, mereka menyerap cahaya dibanding memantulkannya. Mereka memiliki kecenderungan untuk "mundur" atau "memperluas" ruangan dengan membuat ruang lebih besar demi kenyamanan.

Interior kamar tidur dengan warna dingin
Interior kamar tidur dengan warna dingin

Oleh karena itu, warna yang dingin sering digunakan untuk mengecat dinding ruangan kecil agar terlihat lebih besar. Misalnya jika kita memiliki kamar tidur kecil dan ingin memiliki tampilan yang lebih besar, maka coba cat dinding dengan warna biru muda agar lebih luas.

Desain kamar yang sukses akan selalu memiliki kombinasi warna hangat dan warna dingin dalam konteks desain, tetapi biasanya satu atau yang lain harus mendominasi. Warna sering menambahkan "kepribadian" ke ruang, karena dapat seimbang dengan warna netral.

Demikian mengenai perbedaan warna hangat dan warna dingin, silahkan berkomentar mengenai warna favorit Anda. Semoga bermanfaat.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar