Skip to main content

Kolom Praktis pada Bangunan

Dalam membangun sebuah gedung tentunya kita pernah mendengar istilah kolom praktis. Kolom praktis pada bangunan merupakan kolom yang biasanya digunakan untuk memperkuat tembok bangunan.

Kolom praktis dibutuhkan agar tembok tidak rubuh saat terjadi gempa. Artikel berikut ini akan menjelaskan mengenai pengertian kolom praktis dan fungsi kolom praktis pada bangunan.

Pengertian kolom praktis

Kolom Praktis pada Bangunan
Kolom Praktis pada Bangunan

Kolom praktis adalah tiang struktur yang dibuat untuk memperkuat dinding bangunan. Cara peletakan kolom praktis tergantung dari material yang digunakan. Dalam standar bangunan perumahan biasanya jarak kolom praktis berkisar antara 3 sampai 4 meter.

Berbeda dengan kolom struktur utama yang berfungsi untuk menopang balok dan lantai bangunan. Fungsi kolom praktis pada bangunan adalah untuk memperkuat dinding agar tetap tegak berdiri.

Dinding yang terbuat dari susunan batako atau bata biasanya tidak memiliki kekuatan apabila didorong oleh gaya melintang. Kolom praktis lah yang membantu memperkuat dinding dari gaya melintang sehingga tidak mudah roboh apabila didorong atau saat terjadi gempa.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Kolom dalam Bangunan


Perletakan Kolom Praktis

Perletakan kolom praktis juga diaplikasikan untuk pojok ruangan. Hal tersebut dikarenakan pojok ruangan merupakan titik sambungan yang sangat rawan. Oleh karena itu diperlukan kolom praktis sehingga ruangan tetap kokoh.

Ukuran kolom praktis bervariasi tergantung jarak perletakan maupun material yang digunakan. Untuk tembok batako pada umumnya kolom praktis berukuran 10 x 10 cm atau 12 x 12 cm. Cat tembok di finishing menggunakan plesteran dan cat maka kolom praktis seharusnya tidak terlihat dari luar. Hanya kolom struktur yang biasanya terlihat karena ukurannya yang besar.

Material yang digunakan untuk kolom praktis untuk dinding pasangan bata atau batako adalah beton bertulang. Untuk material dinding kayu atau papan kayu maka kolom praktis nya bisa menggunakan kayu batangan berukuran minimal 8 x 8 cm. Sementara jika menggunakan kalsiboard rangka holo peletakan kolom praktis biasanya memerlukan perhitungan khusus sesuai dengan dimensi rangka dan jarak perletakan nya.

Baca juga : Tips Menghtiung Dimensi Kolom dan Dimensi Balok serta Tebal Pelat Lantai dalam Bangunan

Pembuatan kolom praktis

Untuk dinding yang dibuat dari pasangan bata atau batako biasanya kolom praktis yang digunakan adalah kolom pracetak yang sudah jadi. Kolom praktis dapat dibeli di toko toko bangunan terdekat dengan ukuran yang bervariasi. Jika tidak memungkinkan maka kita bisa membuat kolom praktis di lokasi pembangunan. Caranya sama dengan membuat kolom struktur hanya saja besi yang digunakan lebih sedikit dan dimensi kolom yang lebih kecil.

Baca juga : Jenis-jenis Kolom pada Bangunan

Bentuk bangunan standar lebih baik membeli kolom praktis yang sudah jadi karena harganya yang lebih murah dan pemasangannya praktis. Harga kolom praktis cukup murah berkisar antara Rp35.000 sampai Rp50.000 tergantung daerah atau lokasi pembangunan.

Perbedaan kolom praktis dan kolom struktur

Kolom Praktis pada Bangunan
Kolom Praktis pada Bangunan

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa perbedaan mendasar antara kolom praktis dan kolom struktur utama pada bangunan.
  • Kolom struktur memiliki peranan dalam menopang keseluruhan bangunan secara vertikal. Sementara kolom praktis berfungsi untuk menahan dinding dari gaya melintang agar tidak roboh.
  • Kolom struktur menopang balok dan plat lantai pada bangunan. Sementara kolom praktis tidak diperhitungkan untuk menopang balok ataupun lantai meskipun dalam kenyataannya peletakan kolom praktis dapat membantu kolom struktur menopang balok.
  • Kolom struktur biasanya berukuran besar atau pipih panjang dengan pondasi yang dalam. Sementara kolom praktis biasanya tersembunyi dalam dinding, tidak kelihatan dari luar dan menggunakan pondasi menerus seperti dinding.
Baca juga : Detail Kolom Beton

Demikianlah mengenai kolom praktis pada bangunan.  Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Dukung blog ini untuk terus menulis dengan cara like fanspage dan follow sosial media kami serta share artikel ini untuk teman-teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar