Skip to main content

Kebiasaan yang Membuat Rumah Selalu Bersih

Rumah yang bersih merupakan idaman bagi setiap orang. Banyak yang mengatakan bahwa rumah yang bersih dapat menciptakan suasana hati yang lebih tentram. Bayangkan saja ketika anda pulang dari tempat bekerja dengan penuh tekanan dan kemudian mendapat di rumah Anda berantakan. Hal tersebut pastinya membuat hati tambah kacau dan ujung-ujungnya terjadi ketegangan emosi diantara penghuni rumah.

Kebiasaan yang membuat rumah selalu bersih

Kebiasaan yang Membuat Rumah Selalu Bersih
Membersihkan rumah

Membersihkan rumah tidak berarti harus meluangkan banyak waktu. Membersihkan rumah juga tidak selalu melelahkan. Cukup dengan ikuti kebiasaan-kebiasaan berikut maka rumah anda akan selalu terlihat bersih.

Bersihkan dengan mencicil

Alasan yang paling umum yang membuat orang malas membersihkan rumah adalah waktu. Banyak orang mengatakan tidak sempat membersihkan rumah karena terlalu sibuk bekerja atau beraktivitas di luar rumah. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena memperhatikan rumah dapat dilakukan dengan cara mencicil.

Biasakanlah untuk meletakkan barang-barang pada tempatnya. Luangkan waktu beberapa detik untuk memisahkan Pakaian kotor dan pakaian bersih. Hanya dengan menginvestasikan sedikit waktu saja kita dapat membuat rumah selalu sehat bersih. Sisihkan 15 menit saja untuk menyapu ruangan. Hal tersebut jika dilakukan terus-menerus akan membuat rumah selalu bersih.

Tips open shelving

Open shelving atau rak terbuka diperlukan untuk barang-barang yang sering dipakai dan dilepas. Misalnya saja jaket, jam tangan, dompet atau kunci kendaraan.

Letakkanlah minimal 1 buah open shelving di kamar tidur. Dengan begitu barang-barang penting tersebut tidak akan ketinggalan bila kita bepergian.

Tips closed shelving

Closed selfie atau rak tertutup diperlukan untuk menyimpan barang-barang yang jarang terpakai dengan jumlah yang sangat banyak serta bentuk yang kurang rapi.

Misalnya saja peralatan seperti obeng, gunting, bohlam cadangan, batu baterai cadangan dan lain sebagainya. Diperlukan lemari tertutup untuk meletakkan pakaian dalam. Dengan masuknya semua barang tersebut ke dalam rak tertutup maka ruangan akan terlihat jauh lebih bersih dan rapi.

Luangkan waktu untuk bersih-bersih

Setidaknya luangkan waktu minimal 1 hari dalam satu bulan khusus untuk bersih-bersih rumah. Semakin kita menunda membersihkan rumah semakin banyak pula benda-benda yang akan berserakan sehingga rumah Anda akan tampak semakin kacau.

Banyak-banyaklah melihat gambar rumah yang rapi sehingga Anda akan termotivasi untuk membersihkan rumah. Bersihkanlah rumah bersama keluarga sehingga pekerjaan tidak akan terasa begitu berat.

Beli barang hanya jika perlu

Kebiasaan membeli barang-barang tertentu jika tidak diimbangi dengan ketersediaan tempat meletakkan di rumah maka akan menjadi pengacau ruangan anda.

Oleh karena itu prioritaskan membeli hanya barang-barang yang benar-benar diperlukan. Jangan sungkan untuk membuang barang yang sudah tidak diperlukan. Anda bisa menjualnya kepada pengepul atau memberikan kepada tetangga yang membutuhkan.

Jika anda pengoleksi benda-benda tertentu maka anda harus menyediakan setidaknya 1 buah ruang khusus sebagai gudang untuk tempat menyimpan benda-benda tersebut. Namun ada baiknya jika anda menyediakan 1 buah ruang yang dijadikan seperti galeri untuk memajang benda-benda tersebut sehingga bisa dinikmati.

Tata letak furniture

Ternyata rumah yang kotor juga disebabkan oleh layout atau tata letak ruang yang kurang ideal. Usahakan  meletakkan furniture sesuai Fungsi ruang. Saran saya adalah gunakan benda hanya dalam satu ruang saja.

Misalnya untuk sebuah pulpen, sebaiknya sediakan pulpen dan tempat pulpen di setiap tempat yang memerlukan aktivitas menulis. Jika tidak demikian maka pulpen akan diletakkan sembarangan. Hal tersebut jika dilakukan pada barang lainnya akan sangat membantu membuat rumah selalu bersih.

Demikianlah mengenai cara dan kebiasaan yang akan membuat rumah Anda selalu bersih. Jangan malas membersihkan rumah sebab rumah yang bersih akan sangat mempengaruhi psikologis anda dan keluarga anda di rumah.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar