Skip to main content

Beberapa Cara Memasang Gorden pada Ruangan

Gorden merupakan elemen yang cukup penting untuk mengatur cahaya masuk dalam ruangan. Banyak orang yang meremehkan pemasangan gorden dalam ruangan sehingga ruangan yang tadinya dibuat sudah bagus bisa terlihat kurang bagus karena salah memilih gorden.

Berikut ini adalah beberapa cara alternatif yang bisa dipilih jika ingin memasang gorden dalam ruangan. Cara-cara ini bisa dilakukan sebelum dan setelah memasang plafon.

Gorden dengan rel tersembunyi

gorden dengan rel tersembunyi
gorden dengan rel tersembunyi

Teknik memasang gorden yang pertama ini harus direncanakan sebelum finishing plafon atau ceiling. Rel gorden dibuat menempel di plafon dan panjang gorden dibuat full sampai menyentuh lantai.

Sementara real golden bisa ditutup dengan kayu atau gypsum sehingga tidak kelihatan. Cara lain untuk menyembunyikan rel gorden adalah dengan membuat coakan pada plafon sehingga gorden terlihat seolah-olah masuk ke dalam plafon.

Keunggulan dari cara ini adalah tampilan gorden yang full dari atas ke bawah sehingga terlihat lebih modern dan elegan. Cara ini cocok diaplikasikan untuk ruangan yang berdesain modern minimalis dan kontemporer. Bagi yang ingin melihat ruangan yang rapi maka caranya adalah yang paling tepat. Cara yang satu ini juga cocok diterapkan jika ingin mengisi dua lapis linen yaitu gorden dan sheer.

Kekurangan dari cara ini adalah biaya yang relatif lebih mahal. Selain itu apabila tinggi bukaan pintu atau jendela dan tinggi plafon berbeda jauh maka akan banyak gorden yang terbuang sia-sia. Cara ini juga harus dipersiapkan sebelum finishing plafon agar tidak mengganggu kerapian plafon.

Gorden dengan rel terlihat

gorden dengan rel terlihat
gorden dengan rel terlihat

Cara yang kedua adalah dengan membiarkan rel tersebut terlihat menonjol di atas jendela. Dengan demikian rel akan terekspos dan terlihat dari luar. Biasanya terdapat pilihan real dengan berbagai bentuk dan dekorasi yang menarik sehingga dapat menghiasi ruangan.

Keunggulan dari cara ini adalah penggunaan gorden yang lebih efektif dan hemat. Cocok untuk ruangan yang bergaya klasik dan tradisional. Rel yang terekspos biasanya memiliki bentuk dengan hiasan ukiran sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam ruangan.

Kekurangan dari cara yang kedua ini biasanya akan terlihat kurang rapi jika menggunakan gorden dan sheer. Makan adat dua batang rel yang terlihat berjejer. Selain itu pemasangan rel biasanya bertumpu pada tembok sehingga dalam hal ini tembok yang harus dilubangi.

Itulah dua alternatif cara pemasangan gorden yang umum digunakan dalam berbagai ruangan. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga pilihan dikembalikan kepada selera anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar