Skip to main content

Posisi Tempat Tidur Ideal dan Posisi Kasur yang Harus Dihindari

Artikel berikut ini akan membahas cara meletakan tempat tidur atau bed dalam kamar tidur yang benar dan sesuai dengan aturan. Sebelumnya kita juga harus menyadari ada banyak aturan tentang posisi tempat tidur dalam kamar, baik itu secara teoritis maupun secara kepercayaan atau mitos serta aturan tradisional seperti fengshui dan mandala.

Namun sebelum Arsitur memandu Anda meletakan tempat tidur di dalam kamar ada baiknya kita mengetahui seberapa penting sejatinya menata posisi dan arah tidur di kamar, bukankah sama saja ? toh juga kita tidur dalam kamar dan pintu ditutup ?

Posisi Tempat Tidur Ideal dan Posisi Kasur yang Harus Dihindari

Kembali lagi tentang ruang dan isinya, semua ini akan menjadi masalah rasa dan kesan ruang yang ditimbulkan ketika kita menata letak tempat tidur. Berikut adalah beberapa makna dan fungsi kita menata tempat tidur / bed di kamar :
  1. Memberikan kesan luas atau sempit, dengan bed pada posisi tertentu mungkin kita akan mendapati kesan ruang yang luas atau justru sempit dan sumpek.
  2. Masalah privasi dan rasa aman, kita harus berpikir apakah kita ingin tempat tidur langsung terlihat saat membuka pintu atau malah menjauh dari pintu, hal ini dikembalikan lagi dengan selera masing-masing.
  3. Masalah kesehatan juga mungkin muncul karena posisi tempat tidur yang salah, misalnya kasur yang menempel ke dinding atau jendela harus diketahui lebih awal.
  4. Aturan tradisional seperti fengshui, aturan tidur orang di daerah jawa dan bali yang ingin menghadap ke arah tertentu atau ingin menghadap kiblat tertentu juga menjadi penentu posisi tempat tidur terbaik untuk setiap orang.

Baca juga :  8 Aksesoris Unik Untuk Setiap Kamar Tidur

Nah, dari sekian banyak aturan tersebut, berikut ini adalah beberapa gambaran posisi tempat tidur atau kasur yang mungkin bisa membantu Anda memahami bagaimana sebaiknya meletakan tempat tidur di kamar. Gambar ini diambil dari aturan "ratoinal attack genome" yang dibuat menyesuaikan dengan Feng Shui.

Posisi Tempat Tidur Ideal dan Posisi Kasur yang Harus Dihindari

Tidak hanya posisi pintu, namun juga bagaimana meletakan jendela di kamar tidur. Gambar yang diberi tanda silang sebaiknya dihindari dan gambar yang berisi centang hijau adalah posisi tempat tidur yang direkomendasikan.

Berikut adalah beberapa penjelasan mengapa beberapa gambar di atas bisa mendapatkan centang merah dan bukan merupakan posisi tempat tidur yang ideal. Berikut adalah posisi tempat tidur yang harus dihindari.

1. Pintu dekat dengan posisi kepala

Posisi ini membuat kesan yang kurang baik bagi penghuni karena dapat membuat penghuni merasa tertekan dan was-was, ketika pintu dibuka maka aliran udara, debu dan kesan ruang luar kamar yang lebih publik juga ikut masuk sehingga mengusik ketenangan. Pintu adalah area sirkulasi sehingga akan terasa kurang baik meletakan posisi kepala di area ini.

2. Jendela di atas kepala

Jendela di atas kepala juga bukan merupakan solusi yang baik. Jendela adalah tempat masuknya cahaya, udara dan juga kotoran ke dalam kamar sehingga meletakan posisi kepala tempat tidur di bawah posisi jendela bukan hal yang disarankan dan sebaiknya dihindari. Banyak orang mengaku bahwa posisi ini dapat memberikan banyak mimpi buruk saat tidur.

Baca juga : Ukuran Standar Kasur Tempat Tidur

3. Posisi tempat tidur yang menempel dengan dinding

Ini sebenarnya bukan merupakan posisi tempat tidur yang baik, meskipun mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia suka dengan posisi tempat tidur ini karena sangat menghemat ruang. Solusinya, meskipun tempat tidur dekat dengan dinding, sebaiknya kasur jangan ditempel ke dinding. Beri jarak setidaknya 10 cm - 15 cm untuk menghindari kontak langsung dengan dinding yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Dinding rumah bisa saja lembab, jamuran dan mengandung bakteri yang tidak baik untuk kesehatan serta cat interior kualitas rendah yang mengandung senyawa kimia. Ketika kasur ditempel ke dinding maka kita akan cepat terkontaminasi hal-hal tersebut dan membahayakan kesehatan.

Demikianlah mengenai posisi tempat tidur yang ideal dan posisi yang harus dihindari. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapoat menginspirasi para pengunjung semuanya.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar