Alasan Kuliah di Jurusan Arsitektur - Arsitur Media Desain

Alasan Kuliah di Jurusan Arsitektur

- 8/05/2018


Alasan memilih kuliah di jurusan arsitektur tentu ada banyak dan setiap orang berbeda-beda. Arsitektur adalah pilihan tepat untuk orang yang memiliki antusiame yang tinggi, aktif serta tempat mengeksplorasi ide-ide baru yang menarik.

Alasan masuk jurusan arsitektur juga bisa dimotivasi karena prospek kerja dan masa depan lulusan arsitek yang siap bersaing di berbagai bidang pekerjaan. Kalau masih penasaran kenapa masuk jurusan arsitektur, coba simak penjelasan berikut :

Alasan Kuliah di Jurusan Arsitektur
Alasan Kuliah di Jurusan Arsitektur

Sebagai tempat eksplorasi ide baru dan fresh

Kuliah di jurusan arsitektur cocok bagi mereka yang gemar menciptakan ide baru, mendesain produk terutama bangunan yang kreatif, unik dan inovatif.

Mereka yang tidak menyukai pembahasan teori yang bertele-tele mungkin cocok untuk mengambil jurusan ini. Karena arsitek tidak mengumbar teori tetapi solusi praktis dan teknis untuk sebuah masalah yang berkaitan dengan pembangunan.

Mendapatkan pengetahuan dan juga skill

Lulusan jurusan arsitektur biasanya tidak hanya dibekali dengan pengetahuan tentang teori-teori yang berkaitan dengan pembangunan gedung yang baik dan benar sesuai aturan.

Para lulusan dari jurusan arsitektur sudah pastinya memiliki bekal skill untuk menghasilkan desain yang baik. Mereka biasanya peka terhadap ruang dan aktivitas manusia dalam suatu ruang. Skill tersebut tentunya tidak hanya digunakan dalam bidang arsitektur saja, tetapi juga bidan lain yang memerlukan perencanaan.

Prospek masa depan lulusan arsitektur yang menjanjikan

Prospek lulusan arsitektur yang umum adalah menjadi arsitek mandiri dengan proyek-proyek yang ditanganinya. Baik sebagai konsultan perencana maupun pelaksana. Arsitek akan memperoleh benefit atau keuntungan berdasarkan skala dan beban proyek yang dikerjakannya. Nilai proyek pembangunan umumnya lumayan besar.

Selain menjadi arsitek yang mandiri atau bekerja pada biro arsitek, lulusan dari jurusan arsitektur juga memiliki prospek kerja yang lain. Hal ini sudah pernah saya bahas sebelumnya di artikel Prospek kerja lulusan arsitektur.

Menjadi lebih peka terhadap nilai desain

Mahasiswa Arsitektur umumnya belajar mengenai desain bangunan, tetapi ujung-ujungnya para lulusan arsitektur akan menjadi peka terhadap berbagai macam desain benda-benda yang ada di sekitarnya.

Hal ini karena di jurusan arsitektur diajarkan mengenai dasar-dasar estetika bentuk. Banyak lulusan arsitek yang kemudian beralih profesi menjadi desainer selain arsitektur. Misalnya desain furniture dan perabotan rumah.

Langsung bisa Desain Grafis

Dalam perkuliahan arsitektur mahasiswa biasanya mendapat tugas untuk mengerjakan gambar-gambar desain. Dalam mengerjakan gambar tersebut mereka akan otomatis belajar desain grafis seperti editing foto bahkan editing video. Saya mengatakan demikian karena saya pun mengalami saat mengambil jurusan arsitektur dulu.

Ilmunya bermanfaat dimana saja

Ilmu arsitektur tidak hanya bermanfaat bagi sang arsitek dan pemilik proyek saja. Lulusan arsitektur juga bisa berperan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Misalnya mendesain dekorasi untuk rumah tempat pernikahan, menata ruangan untuk tempat kegitaan perkumpulan sosial, menyumbang desain untuk bangunan ibadah dan masih banyak lagi.

Berbasis ekonomi kreatif dan teknopreneur

Arsitektur termasuk dalam salah satu dari beberapa contoh bidang ekonomi kreatif yang dikembangkan di Indonesia. Arsitektur berhubungan dengan desain dan penciptaan hal-hal baru yang kreatif dan inovatif.

Beberapa sayembara yang bisa kalian lihat di situs ini misalnya menuntut mahasiswa dan praktisi arsitektur untuk menghasilkan desain rumah yang baru, yang ramah lingkungan, yang kreatif dan inovatif.

Nah itu dia beberapa hal yang dapat dijadikan alasan masuk jurusan arsitektur. Jangan takut dengan pemahaman yang beredar bahwa jurusan arsitektur itu identik dengan begadang dan susah lulus.

Sejatinya mahasiswa arsitektur tidak pernah diwajibkan begadang mengerjakan tugas. Tugas-tugas tersebut sejatinya bisa selesai lebih cepat dibanding tugas jurusan lainnya. Hanya saja mahasiswa suka mengeksplorasi lebih jauh sampai lupa waktunya malam tiba.

Demikian tentang alasan masuk kuliah di jurusan arsitektur. Kalau ada yang kurang jelas bisa berkomentar atau kirim pesan di fanspage facebook Arsitur atau join grup Arsitur - Diskusi online arsitektur.

Silahkan Berdiskusi Via Komentar :
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan enter