Skip to main content

Prospek Kerja Lulusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur


Jurusan arsitektur mempelajari tentang bagaimana mewujudkan sebuah bangunan yang berfungsi,  kuat namun tetap memiliki nilai keindahan.  Mahasiswa arsitektur mempelajari tahapan membuat bangunan mulai dari perencanaan,  pelaksanaan hingga hal-hal lainnya yang mendukung untuk membuat sebuah bangunan seperti yang diharapkan oleh penghuninya.

Prospek Kerja Lulusan Arsitektur


Seorang lulusan jurusan arsitektur dibekali dengan kemampuan matematika,  sains, seni, teknologi, humaniora, hospitalityserta kemampuan presentasi yang baik secara lisan maupun grafis. Siswa jurusan arsitektur juga mempelajari pelajaran umum seperti agama kewarganegaraan matematika maupun bahasa Inggris.  Mata kuliah khusus arsitektur misalnya pengantar arsitektur menggambar arsitektur ekologi arsitektur estetika bentukkomputer arsitektur struktur dasar dan tentunya studio perancangan arsitektur.

Selain itu terdapat juga kemampuan bidang lain yang berhubungan seperti arsitektur lansekap struktur tanah Real Estate dan lain-lainnya sesuai dengan universitas masing-masing.

 

Prospek Kerja Lulusan Arsitektur

Jurusan arsitektur menghasilkan lulusan-lulusan yang Kabupaten di bidang arsitektur.  Ada banyak bidang pekerjaan yang bisa diambil oleh seorang lulusan arsitektur meskipun sudah harus dalam bidang konstruksi bangunan. Berikut adalah penjabaran prospek kerja yang bisa diambil oleh lulusan arsitektur :

 

1. Konsultan Arsitek Mandiri

Pekerjaan yang paling diharapkan dan paling umum dicita-citakan oleh mahasiswa arsitektur adalah menjadi seorang arsitek Mandiri yang langsung berhubungan dengan pemilik proyek. Arsitek Mandiri dapat dirikan konsultan sendiri atau bekerja secara freelance.

Arsitek freelance tidak terikat kontrak dengan perusahaan laindan langsung mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya kepada pemilik proyek. Sehingga dalam hal ini arsitek Mandiri bebas mengekspresikan ide-idenya dalam mewujudkan bangunan sesuai dengan harapan pemiliknya.

 

2. Arsitek Di Biro Konsultan Orang Lain

Biro konsultan arsitektur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi desain yang merancang bangunan.  Produk-produknya berupa gambar rancangan dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi,  spesifikasi material bangunan,  furniture dan  artwork,  serta soft furnishing untuk mempercantik ruang maupun bangunan.

Arsitek yang bekerja di sebuah biro konsultan arsitektur memiliki tugas untuk membuat rancangan sesuai yang diinginkan oleh pihak lain,  prinsipal  arsitek,  maupun  pemilik proyek. Di Indonesia ada banyak konsultan arsitek yang saat ini mempekerjakan lulusan arsitek dari berbagai universitas di Indonesia.

 

3. Pegawai Di Perusahaan Developer

Lulusan arsitektur juga dapat bekerja sebagai pegawai di perusahaan developer.  Tugasnya adalah merancang bangunan yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut.  Gaji bagi seorang arsitek di perusahaan ini Tentunya cukup lumayan.

Ada banyak perusahaan developer yang terkenal di Indonesia seperti Agung Podomoro, Alam Sutera, Ciputra Group, Lippo Group dan lainnya yang terus berkembang dari waktu ke waktu

 

4. Bekerja Di Perusahaan Kontraktor

Arsitek juga bisa bekerja di perusahaan kontraktor untuk membuat atau melaksanakan pekerjaan proyek.  Di perusahaan ini arsitek bisa menjadi perancang maupun pelaksana dan pengawas pekerjaan di lapangan.

Arsitek yang bekerja di lapangan juga disebut on-site arsitekyang bertugas untuk memantau pelaksanaan proyek agar sesuai dengan apa yang ada dalam gambar rancangan.

 

5. Pegawai Di Badan Usaha Milik Negara

Hingga saat ini ada banyak Badan Usaha Milik Negara yang membutuhkan jasa dari lulusan arsitektur. Tugas arsitek dalam Badan Usaha Milik Negara adalah untuk menjadi  analisis perancangan maupun sebagai pengawas dalam pengembangan  sebuah BUMN.

Contoh BUMN yang memerlukan tenaga arsitek seperti Angkasa Pura, Pertamina, Brantas dan lain sebagainya.

 

6. Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Untuk PNS ada beberapa lembaga pemerintah yang mengharapkan jasa seorang lulusan arsitektur. Yang paling sering adalah Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Lembaga ini bertugas untuk mengembangkan dan mengawasi kawasan perumahan rakyat sesuai peraturan yang berlaku.

 

7. In House Arsitek

In-house arsitek adalah sebutan untuk lulusan arsitek yang dikontrak untuk bekerja di perusahaan tertentu dengan tujuan utama mengembangkan atau memelihara properti perusahaan tersebut. Tugas arsitek disini tidak hanya merancang tapi juga mengawasi bangunan milik perusahaan itu.

Sebagai contoh adalah In-house arsitek di sebuah resort hotel yang bertugas untuk menjaga bangunan hotel agar tetap dalam kondisi baik, serta memberikan usulan dalam pengembangan bangunan tersebut.

 

8. Seniman Atau 3D Artist

Mahasiswa arsitek pasti tidak asing lagi dengan gambar tangan. Namun dengan berkembangnya teknologi, mahasiswa arsitektur masa kini semakin pandai menampilkan gambar presentasinya dalam gambar 3 dimensi yang terlihat realistis.

Karena itu lulusan arsitek juga ada yang berpindah profesi menjadi seorang 3D artist yang melayani pembuatan gambar 3D untuk tujuan marketing bagi pemilik proyek maupun untuk sebuah biro konsultan arsitektur.

 

9. Sebagai Penata Dekorasi

Lulusan arsitek tentunya mempelajari apa yang disebut dengan estetika, dan kemampuan ini bisa diandalkan untuk merancang dekorasi panggung, tempat pernikahan dan lain-lainnya.

 

10. Sebagai Desainer Produk

Arsitek juga pandai dalam hal proporsi dan skala sehingga sangat memungkinkan berkeja sebagai desainer produk.

 

11. Sebagai Kepala Pemerintahan

Seorang arsitek tentu juga mengerti dengan tata ruang sebuah wilayah. Juga mengerti akan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dalam prasarana fisik. Sehingga arsitek cocok juga mengisi jabatan sebagai kepala daerah.

Contohnya adalah Ridwan Kamil yang menjadi Walikota Bandung. Beliau dulunya adalah lulusan arsitek dan pada masa pemerintahannya pembangunan di kota bandung lebih digenjot.

Demikian tentang peluang kerja seorang lulusan arsitektur sebagai motivasi bahwa ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa dilakoni setelah tamat.


Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar