Mengenal Arsitektur Mediterania dan Ciri-cirinya - Arsitur Media Desain

Mengenal Arsitektur Mediterania dan Ciri-cirinya

- 6/29/2018


Definisi Arsitektur Mediterania


Arsitektur Mediterania adalah sebuah pengaruh gaya arsitektur yang dibawa oleh Spanyol, Portugal dan beberapa negara lainnya di daerah Mediterania dengan mengacu pada satu nama yang sama yaitu Arsitektur Mediterania.

Sementara Arsitektur Mediterania berkembang pesat dan populer di Amerika Utara seiring migrasi orang eropa dan perkembangan negara Amerika yakni pada tahun 1918 hingga 1940.

Mengacu pada gaya baru Arsitektur Spanyol saat itu dengan ciri khasnya berupa penggunaan geteng merah, kubah dan lapisan plaster aci. Banyak orang yang memiliki sejarah dengan Spanyol membangun rumah mereka dengan gaya ini.

Seiring berjalannya waktu, Arsitektur Mediterania juga berkembang di negara-negara Eropa lainnya seperti Prancis, Italia, Yunani, dan Balkan. contohnya dapat ditemukan di rumah-rumah yang di bangun di negara tersebut.

Arsitektur Mediterania juga berkembang di Asia yaitu dari Turki, Cypress dan Lebanon yang diikuti dengan negara-negara Afrika Utara seperti Tunisia, Maroko dan Aljazair.

Saat ini, banyak rumah yang menggabungkan unsur-unsur desain dengan salah satu negara di Mediterania yang kemudian disebut Arsitektur Mediterania atau Neo-Mediterania, karena gabungan pengaruh budaya dari wilayah itu.

Rumah-rumah tersenut sebagian besar memiliki teras atau halaman, plesteran, serambi, balkon atau sejumlah elemen yang terinspirasi oleh rumah-rumah di Mediterania.

Beberapa contoh Arsitektur Mediterania paling awal adalah Churrigueresque. Menurut Merry Ovnick, profesor sejarah di California State University, Northridge, menjelaskan bahwa gaya Baroque Spanyol dalam bangunan-bangunan besar berasal dari Meksiko dan Peru.

Pada 1920-an, orang-orang tidak ingin dianggap  menyalin gaya-gaya dari Meksiko, jadi mereka menyebutnya gaya rohani Spanyol. Rumah-rumah dengan kolom klasik di sekitar jalan masuk diambil dari Italia utara. Formalitas desain yang lebih besar datang dari Italia atau Afrika Utara.

Setelah Perang Dunia II, penekanan gaya desain beralih ke perumahan dengan desain sederhana. Tetapi pada tahun 1960-an, rumah-rumah di Mediterania mulai kembali populer. Meskipun rumah-rumah tersebut dapat ditemukan di seluruh Amerika Serikat, sebagian besar berada di California, Florida dan negara bagian Selatan, yang semuanya memiliki iklim seperti Mediterania.

Ciri Khas Desain Arsitektur Mediterania

Beberapa karakteristik desain menjadi Elemen kunci dari Arsitektur Mediterania dijelaskan dalam poin-poin sebagai berikut ini :

Atap genteng merah.

Atap-atap ini meniru gaya di Spanyol dan Meksiko, yang terbuat dari pot tanah liat dan batu bata berbentuk seperti setengah tabung untuk mengalirkan air dengan mudah. Adanya sirkulasi udara di bagian tonjolan setengah tabung dapat membantu menjaga udara tetap sejuk. Bahan yang terbuat dari ubin bersifat tahan api.

Dinding plesteran.

Plesteran semen mampu melindungi permukaan dinding eksterior dari hujan, sinar matahari dan suhu panas yang umum ditemui pada iklim Mediterania.

Lengkungan (Arch).

Elemen ini membawa kenangan kembali ke zaman Romawi, dan merupakan elemen mandiri yang memungkinkan pembangunan bobot rumah yang lebih ringan dan membuat dinding menjadi lebih kokoh. Setiap batu di sebelah batu kunci di lengkungan yang ada di atas kolom samping mampu mendistribusikan berat ke sisi samping dan ke bawah.

Detail Hiasan.

Rumah bergaya Mediterania biasanya memiliki gaya yang beragam mulai dari pintu kayu besar dan berat dengan hiasan ukiran hingga penggunaan ubin warna-warni untuk anak tangga tangga.

Contoh Karya Arsitektur Mediterania yang Terkenal

Berikut ini beberapa karya Arsitektur Mediterania yang pernah terkenal pada zamannya, yaitu sebagai berikut :

Smith-Heberton House. 

Smith-Heberton House
Smith-Heberton House


Dijuluki “El Hogar” (bahasa Spanyol untuk “perapian”), rumah Mediterania tahun 1916 di Montecito, California ini, dirancang oleh arsitek George Washington Smith, pendukung gaya yang terkenal di awal abad ke-20.

Frances Marion dan Fred Thomson House.

 Frances Marion dan Fred Thomson House
 Frances Marion dan Fred Thomson House


Rumah Beverly Hills, California ini dibangun oleh Wallace Neff, seorang arsitek terkemuka untuk rumah-rumah bergaya Mediterania, untuk penulis skenario Frances Marion dan suaminya, Fred Thomson, pada tahun 1925.

William Gray Warden House.

William Gray Warden House
William Gray Warden House


Rumah Revival Mediterania berwarna salmon di Palm Beach ini ditambahkan ke Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada tahun 1984. Cerobong gandanya yang unik menarik fokus di atas pagar tanaman yang mengelilingi rumah seperti parit. Dalam proyek tahun 1922 ini terlihat Mizner memadukan detail Kebangkitan Kolonial dengan gaya khas Mediterania dan Spanyol, termasuk 128 kolom Romawi dengan ukiran tangan.

Demikianlah mengenai Definisi Arsitektur, Ciri-ciri berserta Contohnya. Semoga dapat menambah wawasan untuk kita.

Silahkan Berdiskusi Via Komentar :
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan enter