10 Karya Frank Gehry yang Menginspirasi - Arsitur Media Desain

10 Karya Frank Gehry yang Menginspirasi

- 8/11/2019




Frank Gehry adalah sorang arsitek kelahiran Toronto, Kanada. Sejak kecil ia merupakan anak yang kreatif hingga menjadi pemenang Pritzker Architecture Prize. Pengalaman desainnya sudah tak perlu diragukan lagi. Berikut adalah 10 Karya Frank Gehry yang bisa kita jadikan inspirasi.


1. Gehry Tower di Hanover, Jerman



Gedung 9 lantai ini dibiayai oleh Hanover Transport Services (üstra). Didesain dengan konsep yang unik dengan baja stainless berbentuk spiral. Dibangun dengan teknologi tercanggih pada massanya. Ini merupakan salah satu bangunan yang ikonik di Hanover Jerman.

2. Walt Disney Concert Hall di Los Angeles, Amerika



Mengunjungi Los Angeles tidak akan lengkap jika belum ke Walt Disney, maka dari itu Concert Hall ini dipercayakan pada Gehry untuk membuat kejutan yang spektakuler. Didesain dengan teliti serta memperhatikan tatanan akustik dan sentuhan ala Frank Gehry membuat pengunjung tidak akan melupakan salah satu karya Gehry ini. Bangunan ini pun menjadi ikon di Kota Los Angeles.

3. Weisman Art Museum di Minneapolis



Museum seni ini dibuka pada tahun 1993 dan dikembangkan lagi pada tahun 2011 yang masih menggunakan jasa Gehry untuk menciptakan ruang dengan kesan mengalir dan tak berbatas.

4. Cinémathèque Française di Paris, Perancis



Bangunan ini merupakan museum film di Perancis yang memiliki banyak sekali arsip perfilman dari seluruh dunia. Bangunan ini pertama kali dibuka pada tahun 1994.

Baca Juga : 10 Karya Arsitektur Zaha Hadid yang Ikonik di Dunia

5. Peter B. Lewis Building di Cleveland, Ohio



Sejak konstruksinya tahun 2002, bangunan ini telah digunakan oleh Weatherhead School of Management at Cleveland’s Case Western Reserve University. Eksteriornya yang ditutupi oleh stainless steel serasa melayang di atas permukaan bata.

6. Stata Center, Massachusetts Institute of Technology di Cambridge



Bangunan ini memiliki luas 720.000 kaki persegi. Terlihat dari fasade seolah bangunan ini belum selesai. Gaya dekonstruksi membuat kesan janggal seperti kolom miring, tembok miring, sudut yang jungkit, menyimpang dan bertabrakan seolah bangunan ini akan runtuh. Namun ini semua adalah improvisasi dari sang arsitek.

7. Lou Ruvo Center di Las Vegas



Lou Ruvo Center beroperasi sebagai pusat pengobatan rawat jalan dan fasilitas penelitian di pusat kota Las Vegas. Lusanya sekitar 65.000 kaki persegi dan mencakup 13 kamar pemeriksaan, kantor untuk praktisi kesehatan dan peneliti, sebuah "Museum of Mind" dan sebuah auditorium masyarakat.

8. New York by Gehry di New York City, Amerika



New York by Gehry adalah apartemen dengan 899 unit yang juga mencakup fasilitas untuk kelas 8 sekolah umum, pusat perawatan rawat jalan, ruang ritel, dan parkir di tingkat yang lebih rendah. Luasnya 1.040.904 kaki persegi, bangunan ini memiliki 76 lantai dengan tinggi 870 kaki.

Baca Juga : Alvar Aalto – Bapak Arsitektur Modern di Finlandia dan Karyanya

9. Dancing House di Prague, Belanda



Dirancang oleh Gehry bekerja sama dengan arsitek Kroasia-Ceko Vlado Milunić di lahan depan sungai, The Dancing House adalah julukan yang diberikan untuk gedung Nationale-Nederlanden yang selesai pada tahun 1996.

10. Guggenheim Museum di Bilbao, Spanyol



Sebuah fusi kompleks, bentuk-bentuk berputar-putar dan efek material yang menawan, Guggenheim Museum tidak hanya mengubah cara arsitek dan orang-orang berpikir tentang museum, tetapi juga mendorong perekonomian Bilbao. Bahkan, fenomena museum ini yang menjadi viral dalam dunia arsitektur sekarang disebut sebagai "Bilbao Effect."

Demikian 10 Karya Frank Gehry yang Menginspirasi, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

Referensi :



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter