Skip to main content

Perhitungan Luas Jendela untuk Pencahayaan

Salah satu solusi pencahayaan alami adalah dengan menggunakan jendela. Jendela merupakan solusi terbaik selain skylight. Namun bagaimanakah kita mengetahui seberapa besar jendela yang ideal untuk sebuah ruangan ? Artikel berikut mencoba membahasnya.

Perhitungan Luas Jendela untuk Pencahayaan
Perhitungan Luas Jendela untuk Pencahayaan

Standar Pencahayaan

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya melihat standar SNI tentang kebutuhan cahaya yang ideal untuk setiap ruangan. Masing-masing memiliki tingkat intensitas yang berbeda. Misalnya ruang belajar pastinya membutuhkan cahaya yang lebih terang dibandingkan dengan teras rumah. Ukuran terang biasanya dinyatakan dalam satuan lux. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel berikut ini.

SNI Pencahayaan
SNI Pencahayaan

Menurut buku petunjuk praktikum rekayasa lingkungan fakultas teknik atmajaya yogyakarta dan standar SNI, kebutuhan cahaya untuk sebuah ruangan di rumah tinggal adalah 125 lux. Untuk mengecek kapasitas itu, kita perlu menghitungnya berdasarkan luas jendela yang ada.

Baca juga :  Jenis-jenis Jendela berdasarkan Bukaannya

Untuk ukuran jendela rumah tinggal, nilai perbandingan antara luas jendela dengan luas ruangan minimal 1/12 atau 9%. Bila nilainya dibawah angka tersebut, maka kapasitas cahaya di dalam ruangan tersebut tidak mencukupi. Sedangkan untuk nilai ideal adalah 1/6-1/8.

Nb : besarnya terang langit  dapat berbeda-beda sesuai dengan kondisi geografis, cuaca, iklim, penghalang dan faktor lainnya

1. Hitung luas ruangan
2. Hitung kebutuhan cahaya
3. Hitung luas bukaan (lubang cahaya)
4. Hitung besaran cahaya masuk

Contoh Perhitungan Bukaan Jendela


Kamar tidur dengan ukuran ruang sebagai berikut :
P = 3m
L = 3m
Kebutuhan cahaya  min= 125 lux
Terang langit = 1500 lux
Luas jendela minimal (Lj) ?
Luas jendela ideal (Li) ?

Baca juga : Mengoptimalkan Jendela pada Bangunan Komersial

Jawaban :

Luas Ruang (Lr) = 3x3 = 9 M2
Kebutuhan Cahaya Untuk Kamar Tidur = 125 Lux (Lihat Standar Sni 03 6197 2000)
Lj/Lr X 15000 Lux = 125 Lux
Lj/9 X 15000 = 125
Lj = 125 X 9/1500
Lj = 0.75 m2 atau 7500 m2
Diterjemahkan dalam panjang dan lebar
P = 150 Cm
L = 50 Cm

Luas Jendela Ideal

Lj/Lr = 1/6
Lj/9 = 1/6
Lj = 1/6 X 9 = 1.5 m2 atau 15000 cm2
Diterjemahkan dalam panjang dan lebar
P = 150 Cm
L = 100 Cm

Jadi berdasarkan hitungan di atas, ada perbedaan hasil antara luas jendela minimal dan luas jendela ideal. Artinya pada ruangan berukuran 3 x 3 meter, diperlukan jendela minimal 0,75 m2 namun untuk idealnya adalah 1,5 m2 atau juga bisa antara 0,75 m2 hingga 1,5 m2. Keduanya sah-sah saja untuk diikuti sesuai keperluan dan ketersediaan area untuk membuat jendela dengan luas tersebut.

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar