Mengoptimalkan Jendela pada Bangunan Komersial - Arsitur Media Desain

Mengoptimalkan Jendela pada Bangunan Komersial

- 1/03/2019


Jendela dalam bangunan komersial memiliki arti yang sangat penting. Selain untuk pencahayaan alami ternyata keberadaan jendela dalam bangunan komersial dapat mengurangi konsumsi listrik di siang hari. Secara ekonomi, mengoptimalkan jendela pada bangunan komersial akan lebih baik menggunakan  jendela dari pada terus menyalakan lampu.

Mengoptimalkan Jendela pada Bangunan Komersial
Mengoptimalkan Jendela pada Bangunan Komersial


Baik itu renovasi ataupun proyek baru, memilih sistem jendela yang benar adalah salah satu hal yang cukup sulit dan menyita perhatian.

Pelanggan mungkin akan menilai eksterior bangunan pada pandangan pertama sehingga kita harus menemukan keseimbangan pada estetika bangunan namun dengan pengerjaan yang paling efisien dan hemat biaya untuk proyek tersebut.

Teknologi pada jendela sudah jauh meningkat selama dekade terakhir, tetapi memilih mana yang akan digunakan masih menjadi hal yang rumit bahkan untuk para arsitek senior.

Jenis jendela yang tepat hanyalah salah satu aspek untuk menerapkan pengoptimalan bangunan.Bangunan dengan jendela yang indah yang membiarkan cahaya alami akan membuat pengunjung bahagia.

Banyak penelitian mendukung hal ini dan siapa pun yang telah tinggal di dalam rumah untuk jangka waktu yang lama memahami pentingnya lingkungan yang terang dan memiliki pencahayaan yang baik.

Semuanya akan mengacu pada kenyamanan, produktivitas, dan kepuasan pribadi penghuni bangunan. Jika bangunan berfungsi untuk kantor, toko atau ruang ruang kerja, maka memilih jenis jendela yang tepat menjadi tugas yang lebih penting.

Di negara-negara tropis seperti Indonesia, jendela kaca adalah salah satu pilihan yang lebih populer, tidak hanya karena nilai estetikanya, tetapi juga karena kenyataan bahwa orang pada umumnya menginginkan banyak cahaya alami.

Masalahnya adalah ini adalah jendela kaca membuat perpindahan panas dan membutuhkan lebih banyak konsumsi energi untuk mendinginkan ruangan dengan AC. Meskipun sangat ideal bahwa bangunan berorientasi untuk mendapatkan panas minimal, ini tidak selalu berlaku untuk semua bangunan.

Jendela Kaca: Ya atau Tidak?

Sebagai aturan umum untuk iklim tropis, jika jendela tidak dapat diarsir sehingga jendela yang paling baik adalah jendela kaca. Untuk pemilik gedung yang ingin memaksimalkan cahaya alami tetapi ingin meminimalkan konsumsi energi, jendela kaca adalah pilihan terbaik mereka.

Panel Tunggal vs Panel Ganda

Jendela panel tunggal, sesuai namanya, memiliki satu lapisan kaca. Jendela panel ganda memiliki dua lapisan kaca. Ketika berbicara tentang daya tahan dan efisiensi, jendela panel ganda adalah pilihan yang lebih baik. Belum lagi bahwa antara panel kaca tersapat ruang bernapas kecil untuk insulasi tambahan untuk membantu menghalangi lebih banyak polusi panas dan kebisingan dalam ruangan.

BACA JUGA : UKURAN STANDAR PINTU & JENDELA 

Kaca berwarna atau lapisan reflektif

Kaca berwarna dapat dibeli apa adanya, karena warna sudah dicampur selama proses pembuatan. Sedangkan untuk lapisan reflektif yang merupakan film tipis dari logam yang diterapkan pada kaca standar, ini dapat dibeli secara terpisah dan diterapkan sesuai kebutuhan.

Perbedaan antara keduanya, selain dari biaya yang lebih terjangkau, kaca berwarna dapat mengurangi perpindahan panas tetapi tidak untuk lapisan reflektifnya. Namun, ketika menggunakan pelapis reflektif, masalah silau dapat terjadi dan menyebabkan terganggunya pengunjung.

Untuk lebih meningkatkan cahaya alami yang memasuki gedung, langit-langit, atrium, maka skylight dapat ditambahkan. Peningkatan ini dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas pengguna bangunan serta bonus tambahan karena dapat membuat ruang terlihat lebih besar.

Atrium juga merupakan ide yang bagus karena memberi penghuni rasa ruang yang lebih besar. Bonus tambahan lainnya adalah udara panas dapat dilepaskan di bagian atas dengan bantuan pengaturan panas.

Jadi Saat Anda pindah ke kondominium atau kantor baru, jenis jendela apa yang akan membuat Anda tersenyum atau merasa lebih nyaman ? Silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter