Skip to main content

Perancangan Travelator dalam Bangunan

Definisi Travelator

Travelator adalah sistem transportasi vertikal didalam bangunan gedung untuk memindahkan orang / barang dari satu lantai ke satu lantai yang berikutnya. Escalator diprioritaskan untuk transportasi orang dengan barang bawaan yang dijinjing sedangkan Travelator untuk transportasi orang dengan barang yang didalam trolley.

Perancangan Travelator dalam Bangunan
Perancangan Travelator dalam Bangunan


Travelator tidak seperti tangga yang berundak, travelator memiliki jalur yang lurus layaknya ramp yang berjalan. Dengan demikian sangat memungkinkan bagi pembawa trolley maupun pengguna kursi roda untuk melewatinya. Travelator biasanya terdapat di supermarket dan bandara.

Pemilihan Travelator ditentukan oleh besarnya kapasitas yang diinginkan karena kecepatannya sudah tertentu, sedangkan faktor lainnya yang juga harus dipertimbangkan adalah hal sebgai berikut :
  • Sudut kemiringan, lebih didasarkan pada keterbatasan perencanaan dan kenyamanan.
  • Tinggi antar lantai, lebih didasarkan pada keputusan perencanaan.
  • Sistem operasi, memungkinkan elevator bisa digerakan dengan arah keatas atau kebawah.

Bagian-bagian Travelator

Berikut akan dijelaskan mengenai bagian-bagian dari travelator dan fungsinya masing-masing.

Cara kerja travelator
Cara kerja travelator


1. Rangka Konstruksi                                     

Terbentuk dari batang-batang baja yang dicat tahan karat. Rangka travelator bisanya tak terlihat oleh pengguna, karena tertutup oleh lapisan finishing di atasnya.

2. Exterior Panel    

Bagian bawah dan samping rangka tersebut ditutup dengan lembaran metal atau non metal mengikuti design interior. Bagian ini berfungsi untuk memperindah tampilan

3. Mesin Penggerak

Diletakkan di bagian atas berupa motor listrik, transmission reducer dan rantai penggerak yang memutar tangga. Motor listrik yang digunakan sesuai dengan perhitungan beban travelator.

Baca juga : Tata Cara Perancangan Lift dalam Bangunan

4. Anak tangga

Terbuat dari die cast aluminium alloy yang dibentuk dengan alur-alur khusus. Anak tangga travelator biasanya dilengkapi gerigi khusus agar pengguna tidak selip khususnya untuk trolley dan kursi roda.

5. Moving Handrails

Terbuat dari campuran karet khusus. Handrails yang baik biasanya tidak cepat panas saat dipegang.

6. Balustrade

Terbuat dari transparant tempered glass, ujung-ujungnya dibuat bevel agar tidak tajam.               

7. Pengaman / Safety                                    

Pengaman pada travelator terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut :
  • Current overload, hand rail & Step chain safety Switch             
  • Emergency stop botton                          
  • Over / under speed control switch
  • Pengaman terhadap perbedaan kecepatan antara step & handrail yang melebihi 10% dari kecepatan nominal. Pengaman-pengaman lain sesuai standard pabrik.

Demikianlah mengenai perancangan travelator dalam bangunan, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar