Pengertian Perencanaan dalam Arsiitektur - Arsitur Media Desain

Pengertian Perencanaan dalam Arsiitektur

- 10/24/2017


Perencanaan dalam Arsitektur

 

Pengertian Perencanaan

Pada dasarnya perencanaan merupakan suatu proses kegiatan untuk menyiapkan keputusan mengenai apa yang diharapkan, bukan sebuah perkiraan tetapi pemikiran yang dilakukan dengan matang. 

Seperti halnya pada perencanaan gedung bertingkat yang harus dipertimbangkan dengan baik karena memiliki resiko yang besar dan memiliki sangkut paut dengan investasi dana yang jumlahnya tentu tidak sedikit. 

Dalam perencanaan arsitektur gedung ada beberapa nilai yang perlu di perhatikan, yaitu :
-    Firmitas (kekuatan)
-    Utilitas (dapat dipergunakan)
-    Venusitas (keindahan)

 

Pengertian perencanaan menurut para ahli :

1. Menurut Conyers & Hills, perenanaan adalah : “suatu proses bersinambung yang mencakup keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan alternative untuk mencapai tujuan pada masa yang akan datang.”

2. Menurut George Terry, perencanaan adalah : “memilih dan menghubungan fakta, membuat serta menggunakan asumsi mengenai masa depan dalam visualisasi dan perumusan kegiatan yang diangap perlu untuk mencapai hasil.”

3. Menurut George Picket 7 John J. Hanlon, perencanaan adalah : “proses menentukan bagaimana mencapai suatu tujuan begitu tujuan itu ditetapkan.”

4. Menurut Husein Umar, perencanaan adalah : “kegiatan atau proses membuat rencana yang kelak dipakai perusahaan dalam rangka melaksanakan pencapaian tujuannya.”

5. Menurut Cuningham, perencanaan adalah : “menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi, dan asumsi untuk masa yang akan datang dengan tujuan memvisualisasi dan emformulasi hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima dan digunakan dalam penyelesaian.”

6. Menurut Deacon, perencanaan adalah : “upaya menyusun berbagai keputusan yang bersifat pokok, yang dipandang paling penting dan yang akan dilaksanakan menurut urutannya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”

Kesimpulan yang dapat ditarik dari pengertian perencanaan diatas :

1. Perencanaan adalah sebuah konsep yang terencana dan disusun secara sistematis demi tercapainya suatu tujuan.

2. Perencanaan adalah suatu hal yang menyangkut masa yang akan datang dan menyangkut tindakan-tindakan yang akan dilakukan.

3. Perencanaan adalah pemilihan dan penetapan kegiatan, selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa.

 

Tahapan yang dilalui dalam perencanaan

Secara umum, tahapan perencanaan terbagi atas beberapa proses sebagai berikut :
1. Identifikasi Persoalan
2. Perumusan tujuan umum
3. Proyeksi keadaan di masa yang akan datang
4. Pencarian dan penilaian berbagai alternatif
5. Penyusunan rencana terpilih



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter