Jenis jenis Pintu yang Populer Di Indonesia - Arsitur Media Desain

Jenis jenis Pintu yang Populer Di Indonesia

- 7/10/2017


 

Sebelum memutuskan untuk memasang pintu pada bangunan hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu tipe-tipe pintu dan beserta karakteristiknya masing-masing.
Pintu adalah bagian dinding yang dapat dibuka untuk akses keluar masuk orang dan barang ke dalam dan keluar ruangan. Beberapa jenis pintu yang populer di Indonesia antara lain :
1.    Pintu Sayap (Swing Door)
 
Pintu ini adalah tipe yang paling simpel dan banyak digunakan untuk hunian. Ada tipe tunggal dan ganda menyesuaikan dengan lebar bukaan. Bukaannya mencapai sudut 90 derajat. Baiknya bagian yang terbuka diletakan menempel dinding agar menghemat ruang. Perangkat pada pintu ini meliputi kusen, daun pintu, engsel dan kunci.
2.    Pintu Sorong (Sliding Door)

Jenis pintu yang daunnya dapat digeser untuk membuka. Cara membukanya dengan didorong horisontal ke kiri/kanan atau ada juga vertikal ke sisi atas, daun-daun pintu ini ditempatkan pada belakang rangka atau pada alat/rel, bagian jendela dapat dibuka penuh. Dibandng pintu sayap, pintu ini lebih hemat ruang namun perangkatnya lebih banyak.
3.    Pintu Lipat (Folding Door)

Jenis pintu ini digunakan untuk bukaan lebar seperti toko atau gudang. Cara membukanya dengan didorong dan melipat di kanan/kiri, daun-daun pintu diletakan/digantung pada alat/rel sehingga panel pintu yang relatif lebih kecil akan terlipat ke pinggir.
4.    Pintu Gulung (Rolling Door)

Merupakan jenis pintu yang paling hemat ruangan. Panel pintu lebih kecil lagi dan dapat digulung. Terdapat roll box di bagian atas pintu. Namun pintu ini tidak terlalu kuat dibanding jenis pintu lainnya.
Nah demikian jenis pintu yang populer di Indonesia, jika ada yang menemukan jenis baru harap ditambahkan di kolom komentar.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter