Skip to main content

Definisi Villa dan Perbedaannya dengan Rumah

Villa adalah jenis hunian yang pada mulanya merupakan sebutan untuk rumah pedesaan kelas atas di zaman Romawi kuno. Sejak asalnya di villa Romawi, ide dan fungsi villa telah berkembang pesat. Setelah jatuhnya Republik Romawi, vila-vila yang tersisa berubah menjadi kompleks pertanian kecil, yang semakin dibentengi pada Zaman Kuno, kadang-kadang dipindahkan ke Gereja untuk digunakan kembali sebagai biara.

Villa kemudian berevolusi secara bertahap pada Abad Pertengahan menjadi rumah-rumah pedesaan mewah yang elegan. Dalam bahasa arsitektur modern, "villa" dapat didefinisikan dalam berbagai jenis dan ukuran tempat tinggal, mulai dari villa yang berdiri sendiri hingga cluster villa yang dibangun bersebelahan dalam sebuah kawasan.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai definisi villa menurut para ahli dan apa saja hal yang membedakan antara rumah dan villa.

Pengertian / Definisi Villa Menurut Para Ahli

Definisi Villa dan Perbedaannya dengan Rumah
Definisi Villa dan Perbedaannya dengan Rumah

Untuk mengerti lebih jauh tentang villa berikut beberapa definisi yang dijabarkan pada beberapa sumber :
  1. Villa pada masa modem merupakan rumah pedesaan atau pinggiran kota dengan beberapa maksud keinginan .(Cyril, 1975 : 99)
  2. Di Amerika Serikat kata villa dikenal sebagai sebuah pengembangan real estate yang secara umum mengacu pada rumah atau tempat kediaman yang mewah. (Encyclopedia Britannic, 1961 : 152)
  3. Villa adalah sebuah rumah mungil di luar kota atau di pegunungan yang merupakan rumah peristirahatan yang hanya digunakan pada waktu liburan. (Kamus Bahasa Indonesia, 1992).

Baca Juga : Klasifikasi / Jenis-jenis Villa

Perbedaan Villa dengan Rumah :

Sekilas, rumah dan villa tampak secara fisik sama persis, dari segi bangunan juga ada rumah yang desainnya seperti villa. Memang villa merupakan sebuah rumah namun yang membuatnya berbeda dengan rumah biasa adalah :
  1. Villa digunakan untuk tempat menyendiri baik itu seorang diri maupun bersama-sama dengan keluarga. Tempat untuk bersantai dan melepaskan ketegangan akibat rutinitas kegiatan. Sedangkan rumah digunakan sebagai tempat untuk istirahat yang merupakan bagian dari rutinitasnya,
  2. Villa tidak digunakan atau didiami setiap saat seperti rumah, melainkan hanya digunakan pada saat-saat tertentu seperti pada saat liburan. Karena hanya pada saat itulah orang-orang terbebas dan rutinitas kegiatannya.
  3. Villa memiliki tingkat kenyamanan yang lebih tinggi dari pada rumah. Oleh karena itu villa pada umumnya terletak di luar kota atau di pegunungan yang mempunyai udara yang lebih bersih dan segar serta memiliki view yang lebih baik dibandingkan dengan rumah dalam kota, tidak seperti rumah yang lebih mementingkan efektifitas ke tempat kerja sehingga lokasi rumah ada di dalam kota.
  4. Villa merupakan rumah kedua selain rumah pertama yang didiami setiap hari, sehingga pada umumnya hanya orang-orang tertentu dengan kemampuan ekonomi diatas rata-rata yang mampu memiliki villa.
 
Baca Juga :  Persamaan dan Perbedaan Rumah dan Villa

Jadi, villa adalah suatu bangunan tempat tinggal sejenis rumah (namun berbeda dengan rumah biasa) terletak diluar kota merupakan rumah peristirahatan yang digunakan sewaktu-waktu oleh pemiliknya.

Beberapa Contoh Private Villa terkenal di dunia yang menggunakan konsep Arsitektur Modern diantaranya adalah :

  • Villa Noailles oleh Robert Mallet-Stevens di Hyères, Prancis
  • Villa Savoye oleh Le Corbusier di Poissy, Prancis
  • Villa Mairea oleh Alvar Aalto di Noormarkku, Fdiland
  • Villa Tugendhat oleh Ludwig Mies van der Rohe di Brno, Czech Republic
  • Villa Lewaro oleh Vertner Tandy di Irvdigton, New York, Amerika Serikat
 

Referensi :

  • Sir John Summerson, Architecture in Britain, 1530 to 1830: ch. 22 "Palladian permeation: the villa" provides a standard overview of the building type.
  • Klaus F. Müller: Park und Villa Haas – Historismus, Kunst und Lebensstil. Verlag Edition Winterwork, 2012, ISBN 978-3-86468-160-8.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar