Skip to main content

Persamaan dan Perbedaan Rumah dan Villa

Membedakan sebuah villa dan sebuah rumah bisa jadi merupakan hal yang sulit. Karena sebenarnya secara fisik bangunan tidak ada banyak perbedaan antara keduanya. Villa dan rumah sama-sama merupakan tempat hunian, tempat untuk tinggal dan melakukan aktivitas dasar.

Persamaan dan Perbedaan Rumah dan Villa
Persamaan dan Perbedaan Rumah dan Villa

Artikel ini akan secara khusus membahas mengenai persamaan dan perbedaan rumah dan villa dari berbagai segi. Mulai dari arsitektur bangunan, gaya desain, ruang-ruang, fasilitas, interior, tata lampu hingga pilihan furniture pada rumah dan villa.

01 Arsitektur bangunan rumah dan villa

Pertama, dari segi arsitektur bangunan, baik rumah maupun villa sama-sama merupakan tipologi hunian yang dapat digunakan sebagai ruang tinggal, berteduh dan menjaga privasi. Baik rumah dan villa keduanya memiliki arsitektur yang sama.

Pada rumah, perbedaannya adalah pada desain bangunannya yang biasanya simpel, lebih berorientasi kepada fungsi-fungsi untuk memenuhi kebutuhan dasar penghuni rumah. Secara fasad umumnya rumah lebih sedikit menggunakan hiasan, dari depan terlihat ada pintu masuk, teras dan garase yang bisa diakses dengan mudah. Bangunan rumah dibuat untuk ditinggali terus menerus oleh penghuninya, sehingga perencanaannya benar-benar efektif dan efisien.

Sementara untuk villa biasanya dibuat bangunan khusus yang lebih melindungi privasi penggunanya, mengedepankan estetika bangunan dan memberi citra mewah. Fasadnya lebih banyak menggunakan hiasan dan dibuat sedemikian menarik. Dari depan terlihat pintu masuk yang istimewa, jarang menggunakan teras depan, garase mobil biasanya disembunyikan dari depan atau tidak ada sama sekali. Bangunan villa dibuat untuk ditinggali sementara namun harus memberikan kesan mewah dan memuaskan sekaligus memanjakan penghuninya

02 Gaya desain rumah dan villa

Desain rumah dan villa memiliki persamaan yaitu sebagai desain hunian yang nyaman untuk penghuni melakukan aktivitas dasar seperti tidur, duduk, makan, mandi dan lainnya. Namun yang paling terlihat adalah dari tampilan atau gaya desain rumah dan villa.

desain rumah beda dengan desain villa
desain rumah cenderung biasa-biasa saja


Untuk rumah biasanya didesain sekali untuk bisa ditinggali dalam waktu yang lama. Karena itu biasanya rumah menggunakan desain yang simple, polos namun awet dan tahan lama. Rumah biasanya menggunakan desain yang standar-standar saja, mirip antara satu dengan yang lainnya.

Sementara villa menggunakan desain yang menarik, harus berbeda dengan villa yang lainnya dan menonjolkan identitas desain tertentu. Villa menghadirkan desain yang mampu memberikan pengalaman visual yang berbeda, baik pada tampilan bangunan maupun saat memasuki ruang demi ruang yang ada di villa. Villa memberikan pengalaman ruang yang menakjubkan dan harus berbeda dengan rumah, karena hal ini akan berpengaruh pada layout villa.

03 Ruang-ruang pada rumah dan Villa

Persamaan villa maupun rumah sejatinya memiliki ruang utama yang sama yaitu ruang tidur, toilet, ruang bersama dan dapur atau pantry. Konfigurasi ruang yang standar untuk tinggal dan memenuhi kebutuhan dasar manusia.

Untuk rumah perbedaannya adalah pada penataannya yang dibuat efisien dan kompak, kecuali untuk rumah kelas menengah ke atas dengan ketersediaan lahan yang banyak. Pada rumah wajib terdapat ruang pendukung seperti ruang cuci, ruang jemur, garase, gudang, dan dapur sejati.

villa joglo
desain villa memiliki konsep, misalnya konsep rumah joglo


Sementara untuk villa, keberadaan garase tidak wajib karena dapat digabung pada lobby utama. Pada villa juga tidak perlu dapur sejati, hanya sekedar pantry untuk cuci tangan dan memasak ringan. Villa biasanya tidak menyediakan ruang cuci dan jemur karena sudah dilayani oleh petugas villa.

04 Fasilitas

Rumah memiliki fasilitas standar, sesuai dengan luasan dan kelas pemiliknya. Sementara villa menyediakan fasilitas lebih dengan standar dari masing-masing vendor dan harga sewa. Mungkin rumah dengan kelas atas memiliki fasilitas setara villa seperti kolam renang dan taman yang luas, namun pastinya itu ditata sebagai tempat tinggal tetap. Sementara villa dibuat lebih ekstrim, lebih wah dan secara fungsi mungkin tidak seefektif rumah.

05 Interior dan Furniture

Dari segi interior inilah yang akan sangat membedakan rumah dan villa. Bila rumah memiliki interior yang fungsional, mudah dibersihkan dan awet. Sebaliknya villa didesain dengan interior yang wah, setiap detail elemennya diperhatikan termasuk tata lampu. Villa sering menggunakan vas bunga hidup yang harus diganti setiap harinya.

Perbedaan mendasar antara villa dan rumah sejatinya terletak pada penataan interior dan furniture nya. Bila rumah menata interior berdasarkan fungsi dan meletakan banyak furniture karena kebutuhan penghuni yang tinggal untuk waktu yang lama.

Sementara villa sejatinya tidak perlu banyak-banyak ada furniture, namun desainer biasanya sengaja menambahkan banyak furniture hiasan yang sejatinya tidak terlalu banyak berfungsi. Namun diambil nilai keindahan dari bentuk furniture dan dekorasi tersebut.

Ketika datang ke Villa, jelas ada banyak fitur tambahan yang ditambahkan. Sebagai contoh, villa selalu dibangun sebagai kelompok bangunan dalam komunitas yang terjaga keamanannya di mana semua villa memiliki gerbang bersama dan masing-masing villa memiliki dinding sendiri. Demikianlah mengenai perbedaan rumah dan villa, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar