Skip to main content

Sistem Pencahayaan Alami dan Buatan pada Bangunan

Pencahayaan merupakan salah satu faktor untuk mendapatkan keadaan lingkungan yang aman dan nyaman dan berkaitan erat dengan produktivitas manusia. Pencahayaan yang baik memungkinkan orang dapat melihat objek-objek yang dikerjakannya secara jelas dan cepat.

Sistem pencahayaan dalam bangunan adalah desain dan mekanisme yang dibuat pada bangunan agar bangunan memperoleh cahaya yang cukup terang sehingga orang-orang yang menggunakan bangunan tersebut dapat melihat dengan jelas.

Sistem Pencahayaan pada Bangunan

Sistem Pencahayaan pada bangunan adalah salah satu elemen penting yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan interior maupun arsitektur. Pencahayaan atau lighting, selain berfungsi sebagai penerangan juga dapat dijadikan sebagai aksesoris untuk memberi nilai estetika sebuah ruang maupun fasad

Dalam bangunan, ada dua sistem pencahayaan berdasarkan sumber cahayanya, ada sistem pencahayaan yang memanfaatkan cahaya matahari alami sebagai sumber, ada juga yang menggunakan sumber cahaya buatan seperti lilin dan lampu. Namun pencahayaan buatan yang sekarang digunakan sebagai sistem pencahayaan permanen dalam bangunan adalah lampu. Penjelasan masing-masing sistem pencahayaan dalam bangunan adalah sebagai berikut :

Sistem Pencahayaan Alami

Pencahayaan Alami dalam gedung

Sistem Pencahayaan alami adalah sumber pencahayaan yang berasal dari sinar matahari. Sinar alami mempunyai banyak keuntungan, selain menghemat energi listrik juga dapat membunuh kuman. Untuk mendapatkan pencahayaan alami pada suatu ruang diperlukan jendela-jendela yang besar ataupun dinding kaca sekurang-kurangnya 1/6 daripada luas lantai.

Sistem pencahayaan alami hanya bisa diambil dari cahaya matahari saat siang, sementara cahaya bulan di malam hari tidak masuk dalam kategori sumber cahaya alami yang efektif. Sistem pencahayaan alami merupakan salah satu sumber cahaya terbaik untuk bangunan.

Perhitungan Zona Daylight pada Bangunan
Sumber cahaya alami


Sumber cahaya alami yang baik sejatinya bukanlah sorotan matahari langsung, namun cahaya langit yang merupakan cahaya putih yang bisa memberikan kita warna sejati dari sebuah objek. Sorotan sinar matahari langsung tidak baik karena mengandung gelombang ultraviolet tinggi.

Baca Juga : Perhitungan Zona Daylight pada Bangunan


Sumber pencahayaan alami kadang dirasa kurang efektif dibanding dengan penggunaan pencahayaan buatan, selain karena intensitas cahaya yang tidak tetap, sumber alami menghasilkan panas terutama saat siang hari. Sistem pencahayaan alami juga agak sulit didapat pada kamar-kamar yang tidak memiliki jendela yang cukup.

Sumber pencahayaan alami seperti sinar matahari ternyata masih kurang efektif untuk menaungi semua kegiatan di dalam ruangan, apalagi untuk ruangan yang letaknya jauh dari jendela. Selain karena intensitas cahaya matahari yang diperoleh bangunan tidak stabil, sumber cahaya alami dapat menghasilkan panas berlebih terutama saat terik siang hari.

Adapun beberapa faktor-faktor yang perlu di perhatikan agar penggunaan sinar alami memberikan manfaat optimal dalam ruangan, yaitu sebagai berikut :
  1. Variasi intensitas penyinaran cahaya matahari
  2. Distribusi dari seberapa terangnya cahaya matahari
  3. Efek dari lokasi jendela dan arah datangnya cahaya matahari
  4. Efek pemantulan dan pembiasan cahaya (Refleksi & Refraksi)
  5. Letak geografis dan fungsi bangunan 


Agar dapat menggunakan sistem pencahayaan alami pada bangunan secara optimal, kita perlu dikenali ke beberapa jenis sumber cahaya alami yang dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu :

Sunlight

Sunlight adalah sinar matahari langsung dengan tingkat cahayanya yang tinggi. Semprotan sinar matahari langsung dapat digunakan untuk banyak keperluan seperti menjemur pakaian, namun tidak baik untuk diarahkan ke aktivitas utama manusia karena dapat menyebabkan kepanasan.

Daylight

Daylight adalah sinar matahari yang sudah tersebar di angkasa, mengalami pembiasan oleh lapisan atmosfer bumi sehingga intensitas cahayanya lebih rendah. Daylight adalah jenis cahaya yang paling baik digunakan sebagai pencahayaan utama di siang hari karena cukup terang, mampu menampilkan warna asli dan tidak terlalu panas.

Reflected light

Reflected light adalah cahaya matahari yang sudah dipantulkan melalui berbagai benda yang ada di sekitar bangunan, bisa karena pantulan dari danau yang ada di sekitar bangunan atau pantulan dari bangunan lainnya. 

Demikianlah pembahasan mengenai sistem pencahayaan alami, selanjutnya kita akan membahas mengenai sistem pencahayaan buatan sebagai berikut :

Sistem Pencahayaan Buatan

Pencahayaan buatan dengan lampu

Sistem Pencahayaan buatan adalah mekanisme cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya selain cahaya alami (matahari), namun cahaya tersebut berasal dari hasil karya manusia berupa lampu yang berfungsi menyinari ruangan sebagai pengganti jika sinar matahari tidak ada.

Sebelum membahas mengenai sistem pencahayaan buatan, kita harus mengetahui dahulu berbagai jenis lampu yang sering digunakan sebagai pencahayaan buatan. Silahkan teman-teman ikuti link di bawah ini :

Jenis-jenis lampu, kelebihan dan kekurangannya



Pencahayaan buatan dapat berfungsi baik siang maupun malam menjadikannya ideal untuk penerangan utama di rumah. Namun berbeda dengan sumber cahaya alami, cahaya buatan yang dihasilkan lampu dari arus listrik adalah sesuatu yang berbayar. Kebanyakan lampu tidak membunuh kuman seperti cahaya alami, apabila memungkinkan, disarankan memaksimalkan sistem pencahayaan alami.

Cara Memainkan Pencahayaan Ruang dengan Lampu Aksen
Lampu sebagai sumber cahaya buatan


Cahaya buatan yang tidak baik tentunya akan mengganggu aktivitas keseharian kita, misalnya ditempat kita bekerja. Bahkan, ada kalanya dengan cahaya buatan yang baik akan mempertinggi aktivitas kita dalam bekerja jika dibandingkan pada saat beraktivitas pada cahaya siang hari (alamiah).

Sistem pencahayaan buatan dikategorikan dengan banyak cara, salah satunya berdasarkan penempatan sumber cahaya dan arah pencahayaan buatan. Berdasarkan hal ini sistem pencahayaan buatan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sistem pencahayaan langsung dan sistem pencahayaan tidak langsung.

Sistem pencahayaan langsung

Sistem pencahayaan langsung adalah penempatan lampu yang langsung menyinari bidang atau bagian ruang yang diinginkan. Sistem ini biasanya digunakan pada aktivitas yang memerlukan cahaya tinggi seperti meja baca tulis, ruang kerja, untuk mesin jahit dan lain sebagainya.

Sistem pencahayaan tidak langsung

Sistem pencahayaan tidak langsung adalah penempatan lampu selain pada bidang atau bagian ruang yang ingin disinari. Misalnya menempatkan lampu di bawah meja, di belakang lemari lampu yang menyorot dinding dan lain-lain. Tujuannya agar mata tidak terlalu silau, ini digunakan pada ruangan dengan aktivitas santai seperti lampu ruang keluarga, lampu tidur, dan lain-lain.

Berbicara mengenai sistem pencahayaan langsung dan tidak langsung, dalam hal ini dikenal ada tiga jenis penempatan lampu yaitu ambient light, task light dan accent light. Semuanya sudah saya bahas pada link berikut ini :

3 Jenis Pencahayaan : Ambient, Task dan Accent Lighting


Perlu diingat pula bahwa sistem pencahayaan buatan dapat diatur intensitas penyinarannya dengan menggunakan jenis lampu yang berbeda. Semakin besar daya lampu, semakin terang sinarnya. Namun setiap ruangan membutuhkan intensitas cahaya yang berbeda. Misalnya ruang baca membutuhkan cahaya yang jauh lebih banyak agar orang bisa melihat tulisan, sebaliknya ruang keluarga yang santai membutuhkan intensitas penyinaran yang lebih sedikit.

Demikianlah mengenai sistem pencahayaan alami dan sistem pencahayaan buatan pada bangunan, sebagai pemilik rumah atau perancang bangunan hendaknya mengetahui kapan menggunakan sistem pencahayaan alami dan kapan menggunakan sistem pencahayaan buatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

UNDUH ARTIKEL INI DALAM VERSI PDF

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar