Skip to main content

Latihan Soal dan Jawaban Konstruksi Bangunan Gedung - 2


Latihan soal dan kunci jawaban seputar konstruksi bangunan gedung yang disajikan ini terdapat beberapa soal dan kunci jawaban yang berisi seputar bangunan dan gedung dengan topik materi arsitektur, teknik sipil dan MEP.

Soal-soal seperti ini sering keluar dalam berbagai tes seperti Tes SKB CPNS, Tes PPPK, Ujian mata kuliah teknik, Ujian masuk S2, Olimpiade, Ujian SKA, Ujian sertifikat konstruksi dan lain sebagainya. 

Soal berikut merupakan soal yang disusun oleh tim Arsitur untuk bisa dijadikan bahan latihan bagi sahabat sekalian yang akan menghadapi ujian atau tes. Silahkan simak berikut adalah 10 contoh soal dilengkapi dengan jawaban beserta pembahasannya.

bank soal
Latihan Soal dan Jawaban Seputar Bangunan Gedung - 02


1. Beton bertulang memiliki kemampuan untuk menahan gaya tarik dan tekan yang baik. Bagian yang berfungsi untuk menahan gaya tarik adalah ….
a. semen
b. pasir
c. kerikil
d. besi
e. air

2. Bahan yang dapat digunakan sebagai dinding partisi pada bangunan yaitu ….
a. bata merah
b. bata ringan
c. multiplek
d. kaca
e. semua benar

3. Bagian paling bawah dari struktur kuda-kuda kayu disebut dengan ....
a. balok pengunci
b. gording
c. balok tembok
d. usuk
e. balok tarik

4. Di bawah ini merupakan struktur konstruksi gedung, kecuali ....
a. dinding
b. pondasi
c. langit-langit
d. drainase
e. plat lantai

5. Tinggi gagang pintu dari lantai pada jenis pintu ayun yaitu sekitar ...
a. 150 -180 cm
b. 50 - 75 cm
c. 90 - 110 cm
d. 10 - 20 cm
e. 200 - 300 cm

6. Fungsi atap yang paling utama yaitu ...
a. sebagai hiasan/estetika bangunan
b. melindungi dari panas dan hujan
c. simbolis daerah tertentu
d. tempat meletakan panel surya
e. penyejuk ruangan

7. Bahan atap yang dilarang karena dapat menyebabkan gangguan pernafasan yaitu ....
a. asbes
b. spandek
c. beton
d. aspal
e. genteng

8. Berikut ini merupakan jenis kayu yang dalam kondisi idealnya dapat masuk dalam kategori kayu kelas 1, kecuali ...
a. kayu merbau
b. kayu jati
c. kayu sangon
d. kayu kamper
e. kayu ulin

9. Sifat mekanik suatu bahan untuk menerima tegangan tanpa menyebabkan bahan tersebut menjadi patah merupakan pengertian dari ...
a. kekakuan (stiffness)
b. kekenyalan (elasticity)
c. kekerasan (hardness)
d. plastisitas (plasticity)
e. kekuatan (strength)

10. Sebuah dinding yang memisahkan ruangan kamar tidur dan ruang keluarga memiliki panjang 3,5 m dan tinggi 3 m, maka luas plesteran dinding tersebut yaitu ...
a. 21 m2
b. 10,5 m2
c. 21,9 m2
d. 30 m2
e. 9 m2

Sebelum melihat jawaban dan pembahasan alangkah baiknya untuk mencoba mengerjakan soal ini sebagai bahan latihan dan menambah wawasan tentang konstruksi bangunan gedung.


Jawaban dan Pembahasan :


1. d 
Komponen beton yang berfungsi untuk menahan gaya tarik adalah besi, besi tersebut dapat juga sering disebut sebagai tulangan.

2. e
Bahan yang dapat digunakan untuk dinding partisi diantaranya : bata merah, bata ringan multiplek, kaca, papan kalsiboard, bambu, dll.

3. e
Bagian paling bawah pada struktur kuda-kuda kayu disebut dengan balok tarik yang berfungsi menahan gaya tarik pada atap.


4. d 
Drainase adalah saluran untuk mengalirkan air pada bangunan dan bukan merupakan bagian dari struktur bangunan.

5. c
Tinggi gagang pintu pada pintu ayun yaitu sekitar 90-110 cm dimana posisi tersebut adalah posisi yang ergonomis untuk tangan memegang gagang pintu. Selengkapnya tentang pintu swing, dapat dilihat pada artikel berikut :

6. b
Fungsi utama atap bangunan adalah untuk melindungi ruang-ruang pada bangunan dari panas matahari dan hujan, sementara estetika atap hanya merupakan fungsi tambahan.

7. a
Asbestosis merupakan gangguan pernafasan yang timbul akibat serpihan debu dari material asbes.

8. c
Kayu sangon merupakan kayu jenis kelas 3.

9. e
kekuatan/strength merupakan kemampuan suatu bahan untuk menerima tegangan tanpa menyebabkan bahan tersebut menjadi patah.

10. a
Dinding tersebut memiliki 2 sisi dan tidak ada dijelaskan adanya pintu yang mengurangi luas dinding sehingga 
luas plesteran = 2 x luas dinding
luas plesteran = 2 x 3,5 m x 3 m
luas plesteran = 21 m2

Demikianlah  Latihan Soal dan Jawaban tentang Konstruksi Bangunan Gedung Bagian 2. Jika masih ingin melanjutkan latihan wawasan seputar konstruksi bangunan gedung, contoh soal bagian 3 dapat dilihat pada link berikut :


Disclaimer : latihan soal ini merupakan soal yang dibuat secara independen oleh tim arsitur murni sebagai bahan latihan dan penambah wawasan yang materinya bersumber pada ilmu konstruksi bangunan baik dari buku pustaka maupun materi yang pernah termuat dalam artikel arsitur.com
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar