Skip to main content

Alat Berat Motor Grader, Fungsi, Jenis dan Bagiannya


Motor Grader atau Road Grader merupakan sebutan untuk alat berat  dengan 6 roda yang berfungsi untuk meratakan permukaan tanah sebelum dilakukan perkerasan jalan atau pembangunan. Motor grader juga digunakan untuk meratakan permukaan jalan sebelum diaspal. Motor grader memiliki pisau pengeruk yang terletak di belakang as roda depan sementara 4 roda dibelakang berfungsi untuk penggerak dan penyeimbang. Dalam Artikel ini akan dibahas mengenai motor grader secara lengkap untuk fungsi, jenis, bagian dan komponen-komponennya.

motor grader
Motor grader meratakan permukaan tanah sebelum diaspal untuk perkerasan jalan

Layout, Bentuk dan Mekanika Motor Grader

Motor grader ini secara tipikal memiliki tiga gandar, dengan roda kemudi di depan, diikuti dengan bilah perata (pisau grader), kemudian kabin dan engine di atas gandar belakang. Beberapa jenis motor grader juga memiliki penggerak roda depan untuk meningkatkan kinerja.

Beberapa motor grader memiliki attachment belakang yang dipasang opsional, seperti ripper, scarifier, atau compactor. Pisau di depan gandar depan juga dapat ditambahkan. Untuk meratakan tanah, lumpur, pasir dan salju serta beberapa operasi perataan tanah, bilah utama tambahan juga dapat dipasang.

Kapasitas motor grader dapat dilihat dari lebar blade yaitu 2,50 m hingga 7,30 m dan engine dari 93–373 kW (125–500 hp). Motor grader tertentu dapat mengoperasikan beberapa attachment, atau dirancang untuk tugas khusus seperti penambangan bawah tanah.

Baca juga :  Alat Berat Bulldozer, Fungsi, Jenis dan Bagiannya

Fungsi Motor Grader

Dalam bidang teknik sipil dan konstruksi pengerukan kasar pada permukaan alami dilakukan oleh alat berat atau kendaraan teknik seperti pengeruk dan buldoser. Nah, Motor grader ini berfungsi untuk menyelesaikan perataan tahap akhir yang lebih halus. Sudut, kemiringan (atau pitch), dan tinggi blade perata dapat disetel untuk mencapai tingkat presisi yang tinggi.

Motor grader biasanya digunakan dalam konstruksi dan pemeliharaan jalan tanah dan jalan kerikil. Dalam membangun jalan beraspal, grader dapat digunakan untuk menyiapkan alas datar lebar untuk finishing permukaan jalan. Motor grader juga digunakan untuk memasang bantalan pondasi tanah atau kerikil untuk menyelesaikan perataan sebelum konstruksi bangunan besar.

Motor grader dapat menghasilkan permukaan miring untuk drainase atau keamanan. Di beberapa negara, alat berat ini digunakan untuk membuat parit drainase dengan penampang berbentuk V dangkal di kedua sisi jalan raya.

Sistem kemudi dilakukan melalui roda kemudi atau joystick yang mengontrol sudut roda depan, tetapi beberapa model motor grader juga dapat melakukan artikulasi rangka antara gandar depan dan belakang, yang memungkinkan radius belok lebih kecil selain memungkinkan operator menyesuaikan sudut artikulasi untuk membantu efisiensi pergerakan.

Inovasi baru motor grader adalah perlengkapan perata dengan teknologi kontrol kerataan, seperti yang diproduksi oleh Topcon Positioning Systems, Inc., Trimble Navigation, Leica Geosystems atau Mikrofyn untuk kontrol kualitas perataan yang lebih presisi dan efisien. Dengan sistem baru ini, pengoperasian motor grader akan lebih mudah dilakukan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dirangkum beberapa fungsi motor grader
1. Untuk meratakan permukaan jalan pada tahap akhir sebelum pengaspalan
2. Meratakan urugan pasir pada permukaan jalan
3. Membuat permukaan miring untuk drainase
4. Merakatan permukaan tanah sebelum konstruksi bangunan
5. Mengeruk, mendorong tanah, pasir dan salju

Baca juga :  Kamus Daftar Istilah pada Teknik Konstruksi Bangunan

Jenis Motor Grader

Jenis motor grader ada 2 jenis jika dilihat pada pada pengaturan rangka motor grader, masing-masing jenis motor grader dijelaskan sebagai berikut:

1. Motor grader rangka kaku
Motor grader rangka kaku hanya memiliki satu poros. Poros tidak dapat berbelok ke kiri atau ke kanan tentang suatu titik. Motor grader rangka kaku lebih dulit berbelok dan memiliki radius putar yang lebih besar sehingga akan sulit digunakan pada area sempit.

2. Motor grader rangka artikulasi
Motor grader rangka artikulasi memiliki engsel di antara poros depan dan poros langka. Jenis grader ini paling sering digunakan di mana ruang kecil tersedia selama perataan. Motor grader adalah salah satu bagian dari mesin konstruksi yang digunakan untuk membuat permukaan jalan yang rapi, lebar, dan rata.

Motor grader paling umum digunakan untuk pemeliharaan jalan. Digunakan untuk menyebarkan tanah dan kemudian meratakan tanah tersebut. Sebelum perkerasan jalan, motor grader digunakan untuk permukaan datar yang seragam sehingga aspal tersebar merata ke seluruh permukaan. 

Komponen Motor Grader

Motor grader dilengkapi dengan tiga as, dua di belakang yang membawa kabin dan mesin serta satu di depan yang terkadang memiliki blade perata kedua. Bilah perata utama terletak di antara gandar depan dan gandar belakang. Menurut Forester Media, “blade dipasang pada lingkaran yang dipasang pada kerangka wheelbase yang kaku dan panjang. 

Rangkanya dilengkapi gandar depan yang berosilasi dan gandar tandem belakang yang berputar. Sistem ini memiliki kemampuan untuk attachment (pasangan) tambahan, dan mungkin bisa mengoperasikan beberapa attachment sekaligus.

Roda kemudi biasanya merupakan perlengkapan standar dalam kabin dan attachment serta blade dioperasikan dengan joystick atau kontrol yang digerakkan oleh ujung jari. Operator perataan motor harus terampil dengan pengoperasian yang presisi, dan perata model baru memiliki hidraulik seperti ekskavator yang memungkinkan manuver yang lebih baik. Hidraulik memungkinkan membuat kemiringan presisi, garis lurus, dan model kerataan lainnya.

Komponen Motor grader selanjutnya akan dijelaskan oleh gambar berikut ini:

komponen motor grader
Komponen motor grader (secara umum)

Produsen dan Merek Motor Grader

Untuk motor grader yang berkualitas, ada beberapa produsen dan merek motor grader yang dikenal mampu memproduksi alat berat motor grader yang berkualitas. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Case Corporation
  • Fiat-Hitachi
  • Caterpillar Inc.
  • Deere & Company
  • Galion Iron Works
  • HEPCO
  • Komatsu Limited
  • LiuGong Construction Machinery, LLC.
  • Mitsubishi Heavy Industries
  • New Holland Machine Company
  • Sany
  • Sinomach
  • Terex Corporation
  • Volvo
  • Mahindra & Mahindra


Demikianlah mengenai motor grader, semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca sekalian.

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->