Skip to main content

Lantai Terakota vs Lantai Keramik : Mana yang Lebih Baik ?

Jika sahabat berencana memasang lantai baru di dapur atau kamar tidur, sahabat bisa memilih lantai ubin terakota atau lantai keramik. Setiap jenis lantai memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Karena itu, penting untuk mempelajari perbedaan antara keramik dan terakota.


Lantai Terakota vs Lantai Keramik : Mana yang Lebih Baik ?
Lantai Terakota vs Lantai Keramik : Mana yang Lebih Baik ?

Daya tahan

Dilihat dari segi daya tahan, ubin keramik memang sulit dikalahkan dalam hal daya tahan. Bahkan, ubin keramik hampir selalu akan bertahan lebih lama di rumah, dengan asumsi lantai keramik yang dipilih adalah keramik berkualitas baik dan dipasang dengan benar.

Terakota juga merupakan bahan yang sangat tahan lama, tetapi ada perbedaan kualitas dari produsen ke produsen yang lain. Oleh karena itu penting untuk melihat merek dan kualitas ubin terakota sebelum membuat keputusan untuk memasang lantai terakota.


Baca Juga : Mengenal Lantai Terkota : Kelebihan dan Kekurangannya

Pemasangan/Instalasi

Ubin keramik adalah material lantai yang sangat mudah dipasang, bahkan jika sahabat adalah seorang pemula dan ingin melakukannya sendiri. Tinggal buat campuran semen dengan pasir halus, pasang keramik sesuai pola yang diinginkan, ukur kemiringannya dengan waterpas. Selain itu, tukang pasang keramik juga banyak dijumpai dan harga borongan per meternya cukup terjangkau.

Pemasangan ubin terakota bersifat padat karya dan membutuhkan ketelitian. sahabat harus mempekerjakan seorang profesional jika sahabat tidak berpengalaman dengan memasang ubin jenis ini. Terakota adalah bahan lantai yang biasanya kurang presisi, tidak kotak sempurna sehingga perlu kesabaran untuk memasangnya.


Baca Juga : Mengenal Lantai Parket : Kelebihan dan Kekurangannya

Biaya

Lantai ubin terakota yang berkualitas super akan berharga lebih mahal dari pada lantai keramik yang biasa dan begitu juga sebaliknya. Terserah sahabat untuk memutuskan berapa banyak budget yang ingin sahabat belanjakan untuk lantai. Di Indonesia sendiri terakota mulai langka dan harganya juga lebih mahal dibandingkan sebagian besar jenis keramik.

Pemeliharaan

Ubin keramik lebih mudah dibersihkan karena lapisan keramik membuatnya licin dan mudah dipisahkan dari kotoran. Sementara, ubin terakota lebih sulit dalam perawatan. Hanya terakota dengan sealing yang dapat dibersihkan dengan mudah. Baik keramik ataupun terakota rentan terhadap noda yang masuk ke nat.

Penggunaan

Lantai keramik saat ini digunakan hampir di semua rumah di Indonesia karena harga yang terjangkau, tampilan yang bagus, motif yang bervariasi serta kualitas yang baik dan tahan lama. Namun ada hal dan ciri khas yang tidak bisa digantikan pada lantai terakota sehingga lantai terakota banyak digunakan pada villa dan resort yang membutuhkan nuansa klasik.

Demikianlah mengenai perbandingan lantai terakota vs lantai keramik. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi sahabat sekalian.


Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar