--> Skip to main content

Koleksi Denah Rumah Minimalis Ukuran 6x15 meter

Memiliki lahan 6 x 15 meter apakah dapat dibangun rumah yang layak huni dengan berbagai ruangan yang diperlukan ? Pertanyaan tersebut mungkin sering muncul di benak sahabat sekalian dan mungkin juga sahabat penasaran dengan contok denah rumah ukuran 6 x 15 meter. Dapat berapa kamar tidur ? berapa ukuran dapur dan garasenya dan pertanyaan lainnya ikut muncul.

Berikut ini merupakan koleksi denah rumah minimalis yang saya kumpulkan dari berbagai sumber untuk bisa dijadikan inspirasi denah rumah ukuran 6 x 15 meter. Denah rumah minimalis berikut ini menempati lahan dengan ukuran lebar x panjang = 6 x 15 meter. Jadi total luas lahannya adalah 90 meter persegi.

Dengan ukuran 6 x 15 meter dan struktur rumah satu lantai maka kita hanya akan dapat memanfaatkan ruang sebanyak itu dengan dikurangi sisa untuk taman sebagai penghijauan. Akan kurang ramah lingkungan bila rumah dibangun sepenuhnya, apalagi di beberapa kota sekarang ada aturan koefisien dasar hijau (KDH) yang mewajibkan ada ruang terbuka untuk taman.



Baca juga : Koleksi Denah Rumah Minimalis Ukuran 6x12 meter

Merencanakan pembangunan rumah 6 x 15 meter sahabat membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang penataan layout dan denah rumah. Apalagi jika kita dihadapkan pada lahan kecil yang sangat terbatas ini, namun dengan tuntutan fasilitas rumah yang lengkap.


Denah rumah minimalis ukuran 6 x 15 meter ini merupakan pilihan yang tepat saat kita ingin membangun rumah di lahan yang cukup terbatas. Lebarnya yang sempit dengan ukuran panjang yang cukup membuat kita harus menata rumah ini memanjang ke belakang.



Baca juga : Koleksi Denah Rumah Minimalis Ukuran 7x12 meter

Akibatnya kita harus mengetahui ruang apa yang diletakan di depan dan ruang apa yang bisa kita posisikan di bagian belakang rumah. Jangan lupa juga harus ada ventilasi yang cukup untuk memasukan udara segar ke setiap ruangan pada rumah yang panjang ini.

Biasanya dalam rumah berukuran 6 x 15 meter kita tidak bisa membuat bukaan di bagian samping rumah. Perancang biasanya akan menghabiskan lebar 6 meter tersebut. Namun kita bisa menyisakan bagian depan dan belakang untuk membuat bukaan.



Baca juga : Koleksi Denah Rumah 2 Lantai dengan Tampak (Atap Datar)

Namun kita juga bisa menghabiskan lebar 4,5 meter, sementara sisa 1,5 meter digunakan untuk sirkulasi dan ventilasi . Kita harus bijaksana menentukan lebar setiap ruangan, karena itu lebih baik konsultasikan dengan arsitek atau orang yang memiliki pengalaman dalam membangun rumah.

 

Selain itu, melihat desain rumah tetangga yang memiliki ukuran yang sama juga bisa menjadi alternatif sebelum sahabat merancang rumah ukuran 6 x 15 meter. Tanyakan kepada mereka bagaimana rasanya tinggal di rumah tersebut dan apa kelebihan dan kekurangannya, sehingga bisa dijadikan inspirasi.

Baca juga : Koleksi Desain Denah Rumah 2 Lantai Lengkap dengan Tampak


Demikian mengenai koleksi denah rumah minimalis ukuran 6 x 15 meter, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi sahabat Arsitur sekalian.

Note : Gambar yang sudah disertai sumber adalah hak milik mereka masing-masing.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar