Dalam setiap pintu dan jendela biasanya terdapat kusen sebagai penghubung antara daun pintu/jendela ke tembok. Kusen aluminium adalah bahan yang mulai banyak digunakan sebagai pengganti kusen kayu yang semakin mahal. Kusen aluminium memiliki keunggulan dibanding kayu seperti tahan lembab dan tahan rayap.

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Kusen Aluminium
Cara Menghitung Biaya Pemasangan Kusen Aluminium

Berapa biaya pemasangan kusen aluminium ? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang ketika membangun rumah atau merenovasi rumah. Sebelum kita menuju rumus menghitung biaya pemasangan kusen aluminium, ada baiknya kita memahami dengan baik komponen-komponen dan material yang akan masuk ke dalam perhitungan biaya RAB.

Material Pasangan Kusen Aluminium

Material atau bahan kusen aluminium terdiri dari beberapa bahan bangunan yang bisa dibeli di toko bangunan terdekat. Material tersebut tergantung jenis aluminium dan desain kusen yang ingin digunakan. Berikut adalah daftar material untuk pekerjaan pemasangan kusen aluminium warna 4".
- Alumunium profil warna 4″
- Sealant
- Skrup fixer

**Catatan : dalam beberapa kasus seringkali aluminium warna diganti dengan aluminium natural sehingga kita bisa ganti pada analisa harga. Harga aluminium warna sedikit lebih mahal dibanding aluminium natural.

Baca Juga : Karakteristik dan Sifat Kayu sebagai Bahan Konstruksi Bangunan

Ongkos pengerjaan (ongkos tukang)

Ongkos pengerjaan pemasangan kusen aluminium harus dicatat dan masuk dalam perhitungan biaya RAB bangunan. Dalam membuat kusen aluminium, biasanya tidak hanya 1 jenis tukang yang bekerja. Berikut adalah beberapa tukang maupun tenaga yang terlibat dalam pekerjaan pemasangan kusen aluminium :
- Pekerja
- Tukang Aluminium
- Kepala Tukang
- Mandor

Baca juga : Cara Menghitung Biaya Kusen Pintu Jendela Kayu

**Catatan : Komponen mandor dan kepala tukang mungkin bisa dihilangkan apabila dilakukan dalam skala kecil, sementara kepala tukang dan pekerja biasanya bisa digantikan oleh tukang aluminium saja.

Cara menghitung volume pekerjaan pemasangan kusen aluminium

Volume pekerjaan pemasangan kusen aluminium dalam RAB dihitung berdasarkan panjang aluminium yang dikerjakan. Cara mudah mencari volume pekerjaan kusen aluminium adalah dengan mencari keliling kusen.

Volume Pekerjaan Kusen = Keliling kusen
Volume Pekerjaan Kusen = Jumlah semua sisi

Rumus biaya pemasangan kusen aluminium

Jadi, untuk mengetahui kebutuhan biaya kusen aluminium, tinggal menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m' Pasangan Kusen pintu/jendela aluminium membutuhkan rincian bahan, tukang dan biayanya dijelaskan pada analisa pekerjaan berikut :

1 M’ PASANG KUSEN PINTU/JENDELA ALUMINIUM WARNA 4"
NO. URAIAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN JUMLAH HARGA
   (Rp.)    (Rp.)
A. TENAGA
Pekerja OH 0,0430 112.000,00 4.816,00
Tukang Aluminium OH 0,0430 115.000,00 4.945,00
Kepala Tukang OH 0,0043 120.000,00 516,00
Mandor OH 0,0021 130.000,00 273,00
JUMLAH TENAGA KERJA 10.550,00
B. BAHAN
Alumunium profil warna 4″ m' 1,1000 163.000,00 179.300,00
Sealant m' 1,0000 7.500,00
Skrup fixer bh 2,0000 250,00 250,00
JUMLAH HARGA BAHAN 179.550,00
C. PERALATAN
JUMLAH HARGA ALAT
D. Jumlah (A + B + C) 190.100,00
E. Overhead & Profit 0 % x D -
F. Harga Satuan Pekerjaan (D+E) 190.100,00


**Catatan : Jika menggunakan smartphone, putar layar untuk melihat tabel secara penuh. Harga material dan ongkos tukang yang tercantum dalam tabel ini mengacu pada harga yang ada saat artikel ini disusun, harga mungkin berubah seiring waktu.

Berdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat bahwa harga pemasangan kusen aluminium per meter adalah sebesar  Rp 190.100,00 / m' dimana harga ini sudah termasuk bahan, ongkos tukang dan peralatan.

Contoh perhitungan pekerjaan kusen aluminium

Untuk sahabat Arsitur yang ingin tahu bagaimana cara menghitung biaya pemasangan kusen aluminium, maka kami berikan contoh lengkapnya mengenai kasus menghitung volume dan RAB pekerjaan pemasangan kusen aluminium untuk sebuah kamar yang memiliki sebuah pintu dan jendela.

Detail pintu dan jendela kamar :
Ukuran pintu = 90 cm x 220 cm
Ukuran jendela = 80 cm x 170 cm
Bahan yang digunakan = Aluminium Warna 4"

Baca juga : Biaya Pemasangan Pintu Swing Kayu, Kusen, Engsel, Kunci, Lengkap

Berdasarkan data di atas, kita bisa mengetahui bahan kusen yang akan digunakan adalah Aluminium warna 4". Dengan demikian kita hanya tinggal mencari keliling kusen pintu dan jendela.

Kusen pintu = (2 x tinggi) + lebar (karena bagian bawah pintu tidak perlu kusen)
Kusen pintu = (2 x 2,2) + 0,9
Kusen pintu = 5,3 m

Kusen jendela = 2 x (tinggi + lebar) (karena jendela perlu kusen keliling)
Kusen jendela = 2 x (1,7 + 0,8)
Kusen jendela = 5,0 m

Volume pekerjaan kusen = kusen pintu + kusen jendela
Volume pekerjaan kusen = 5,3 m + 5,0 m
Volume pekerjaan kusen = 10,3 m

Setelah didapatkan volume pekerjaannya maka selanjutnya adalah mengalikan volume kusen dengan harga per meter kubik kusen (sesuai tabel di atas), maka total biaya pemasangan kusen aluminium yang diperlukan adalah :

Biaya kusen = Volume kusen x harga per meter
Biaya kusen = 10,3 m x Rp 190.100,00 / m'
Biaya kusen = Rp 1.958.030,00

**Catatan : Jangan lupa untuk menyisakan dana sekitar 5% dari harga perhitungan di atas untuk berjaga-jaga karena standar harga bahan y.ang digunakan bisa saja naik seiring waktu.

Jika ingin mengganti bahan aluminium warna 4" dengan aluminium natural 4" silahkan ganti analisanya pada tabel. Penggantian bahan aluminium warna menjadi aluminium natural tidak akan mempengaruhi komponen lainnya.

Demikianlah mengenai cara menghitung biaya pemasangan kusen aluminium, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Meskipun pekerjaan kusen aluminium ini sejatinya bukan pekerjaan struktural, namun ini sangat penting membagi ruang dan sebagai akses keluar masuk serta untuk pencahayaan dan penghawaan