Skip to main content

Detail Atap Kuda-kuda Kayu - Contoh Gambar AutoCAD

Gambar rangka atap kuda-kuda kayu kali ini biasa digunakan untuk membuat rancangan struktur atap untuk berbagai bangunan yang bentuk atapnya menggunakan bentuk limasan. Gambar detail rangka atap kuda-kuda kayu ini bisa menjadi sangat penting pada gambar konstruksi bangunan.

Gambar detail ini bermaksud untuk memberikan pejelasan lebih rinci terhadap pelaksana tentang ukuran kap, ketinggian atap, sudut kemiringan maupun jenis kayu, ukuran balok kayu, serta jumlah yang dibutuhkan untuk membuat atap.

Dalam pelaksanaan di lapangan sering kali pelaksana, tukang atau mandor kesulitan menentukan dimensi rangka kuda-kuda kayu, mereka sering bertanya terkait dengan kemiringan atap lebar bentangan dan sistem kuda-kuda yang akan digunakan. Namun dengan bantuan gambar detail, pekerjaan di lapangan bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan mudah.

Detail Atap Kuda-kuda Kayu - Contoh Gambar AutoCAD
Detail rangka atap kuda-kuda kayu - Contoh Gambar AutoCAD

Berikut ini adalah contoh gambar detail rangka atap kuda-kuda kayu yang dibuat dengan software AutoCAD versi 2007 yang bisa teman-teman download pada google drive saya. Gambar ini hanyalah sebagai contoh gambar semata yang dapat dijedikan referensi detail rangka atap kayu. Setiap konsultan arsitek dan struktur mungkin memiliki gaya penggambaran yang berbeda dari detail kuda-kuda kayu ini.

Dalam pembuatan gambar detail rangka atap kuda-kuda kayu ini perlu juga mengacu pada dokumen RKS yang dibuat oleh ahli konstruksi yang bersangkutan, terutama untuk kuda-kuda dengan bentang di atas 8 meter. Rangka kuda-kuda kayu mampu berdiri kokoh dengan bentang 12 meter.

Dalam membuat gambar detail rangka atap kuda-kuda kayu perlu juga untuk dilekngkapi bagian detail sambungan antar kayu dan hubungannya dengan balok tembok sehingga pelaksana tidak kebingungan saat menentukan bagian atap bangunan.

rangka atap kuda-kuda kayu berbeda dengan baja ringan, dalam rangka atap kuda-kuda kayu, biasanya kita menggunakan material kayu yang berbeda-beda ukurannya. Biasanya terdiri dari :
  • Kayu ukuran 5/12 - 8/12 untuk rangka utama
  • Kayu ukuran 5/10 - 6/12 untuk jurai, gapit dan kait angin
  • Kayu ukuran 10/8 untuk balok tembok
  • Kayu ukuran 5/7 untuk usuk
  • Kayu ukuran 2/3 - 3/4 untuk reng
  • Papan kayu 2/20 untuk router dan lisplang

Kayu ukuran 5/12 maksudnya kayu dengan lebar 5 cm dan tinggi 12 cm (dipasang berdiri), sementara kayu 10/8 artinya kayu dengan lebar 10 cm dan tinggi 8 cm (dipasang tidur).

Demikian penjelasannya, lebih lanjut teman-teman bisa mendapatkan gambar ini secara gratis melalui link yang ada di bawah ini. Gambar ini tersedia dalam format DWG dan teman-teman bisa membukanya dengan AutoCAD minimal versi 2007. Semoga bermanfaat dan dapat menambah referensi bagi teman-teman semua. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini, terima kasih.

Download Contoh Gambar AutoCAD Detail Atap Kuda-kuda Kayu disini via Google Drive

Baca Juga :

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar