Skip to main content

Rumah ini Dicetak dalam 24 Jam dengan Printer 3D

Ketika manusia mulai mampu mencetak semuanya dengan printer 3D termasuk rumah, makanan dan semua benda menjadikan cara ini cukup mengesankan dan kini sudah ada perusahaan yang mampu membangun rumah hanya dalam waktu 24 jam.

Terletak di Rusia, rumah seluas 37 meter persegi ini dibangun hanya dalam sehari, dengan biaya hanya lebih sedikit dari $ 10.000 atau sekitar 15 juta rupiah saja, mungkin lebih murah dari harga ponsel iPhone terbaru.

Rumah 3d yang dicetak dalam waktu 24 jam


Perusahaan percetakan 3D Apis Cor membangun rumah menggunakan printer seluler di lokasi proyek. Rumah ini dicetak 3D hanya dalam 24 jam. Komponen utama rumah, termasuk dinding, partisi dan eksterior bangunan dicetak hanya dengan campuran beton.

pengecatan masih manual


Perlengkapan seperti jendela dan perabotan kemudian ditambahkan, dan lapisan cat mengkilap ditambahkan ke bagian luar rumah. Total biaya konstruksi rumah? $ 10,134. Rumah itu terdiri dari lorong, kamar mandi, ruang tamu, dan dapur dan terletak di salah satu fasilitas Apis Cor di Rusia.

bentuk rumah radial


Perusahaan telah mengklaim bahwa rumah itu dapat bertahan hingga 175 tahun. Waktu yang sangat lama untuk dapat digunakan, apalagi jika dilihat dari waktu pengerjaannya yang sangat singkat.

Baca juga : Beton Precast vs Cor di Lokasi, Apa Saja Perbedaannya ?

mesin cetak 3d


"Kami ingin mengubah pandangan publik bahwa konstruksi tidak bisa cepat, ramah lingkungan, efisien dan dapat diandalkan pada saat yang sama," kata pendiri Nikita Chen-yun-tai di situs website Apis Cor. "Tujuan kami adalah menjadi perusahaan konstruksi internasional terbesar untuk menyelesaikan masalah akomodasi di seluruh dunia."

interior rumah


Apis Cor mengklaim sebagai perusahaan pertama yang mengembangkan printer 3D yang dapat mencetak seluruh bangunan langsung di tempat. Rumah hasil cetakan 3D biasanya dibuat di luar lokasi dan hanya dipasang di lokasi itu sendiri.

Tahun lalu, gedung apartemen 3D-printing pertama di dunia dibangun di Cina, dengan struktur yang dicetak di luar lokasi proyek. Perusahaan konstruksi Cina lainnya berhasil mencetak seluruh rumah berlantai dua di lokasi. Perlu dicatat bahwa butuh sekitar 45 hari untuk selesai, meskipun strukturnya jauh lebih mirip dengan rumah konvensional dibandingkan dengan rumah Apis Cor.

youtube image

Bayangkan berbagai bentuk dan ukuran yang bisa diambil rumah di masa depan dengan teknologi ini. Ini mungkin menjadi masa depan industri konstruksi dan kita tunggu saja apakah akan segera datang ke Indonesia.

Sumber Gambar (Img) :  Apis Cor's website
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar