Skip to main content

10+ Inspirasi Desain Kamar Tidur Kecil yang Menginspirasi

Tempat yang sempit terkadang berasa sumpek dan kurang leluasa untuk melakukan beberapa aktivitas. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa ketersediaan ruang di rumah atau apartemen ataupun kos terkadang tidak bisa seluas yang diharuskan bahan kurang dari standar.

Namun dengan strategi pengaturan ruang dan furniture yang tepat, akan menjadikan sebuah ruangan kecil menjadi berfungsi optimal. Dengan membuat penyimpanan ekstra hingga permainan warna, rak, dan perabotan, beberapa kiat cerdas tentang cara menggunakan ruang yang sempit dapat membantu menciptakan ilusi ruang yang lebih besar.

Ide Desain Kamar Tidur Kecil yang Menginspirasi

Tuntutan utama kamar tidur kecil yaitu harus selalu berfungsi baik. Namun, memiliki tempat kecil untuk tidur dan menyimpan barang-barang tidak berarti Anda harus mengorbankan gaya dan kenyamanan. Di sinilah kita beralih pada dekorasi kamar yang dapat membuat tempat peristirahatan yang nyaman sambil memberikan penggunaan ruang yang praktis.

Kamar tidur utama tidak harus seukuran lapangan futsal untuk membuat desain yang luar biasa. Desain kamar tidur kamar kecil berikut ini membuktikan bahwa kenyamanan bukan sekedar hitungan meter persegi yang dibuat dengan biaya tertinggi. Ini adalah tentang tekstur yang baik, pemilihan furnitur yang bijak, dan mengelola ruang. Inilah beberapa ide kamar tidur kecil yang menginspirasi untuk dicoba.

macejkovic.com

Ide kamar tidur kecil di atas adalah contoh penataan kamar yang cocok untuk anak-anak, remaja bahkan dewasa. Inspirasi di atas juga bisa diterapkan untuk desain kamar kos dengan luasan terbatas.

musely.com

Warna coklat yang kalem akan memberikan nuansa lembut dan hangat ditengah sumpeknya ruang kecil, memainkan warna-warna soft membantu kita mengurangi ketegangan dan membuat kesan ruang yang lebih luas.

travelteerism.com

Hijau telur asin juga menjadi pilihan yang menarik untuk menciptakan esan luas dan lembut. Kamar yang sangat kecil ini menggunakan meja melayang yang mengitari sisa ruangan untuk penyimpanan dan aktivitas menulis atau membuka komputer.

Baca juga : 20+ Inspirasi Fasad Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Atap Limasan

stevewilliamskitchens.co.uk

Sisa ruang di atas kamar tidur juga masih bisa dimanfaatkan untuk bisa menambah ruang penyimpanan, hal ini bisa mengurangi furniture yang memenuhi kamar sehingga kamar akan jauh lebih lega.

camerdesign.com

Selain menggunakan warna hijau, warna biru juga bisa digunakan untuk memberikan kesan lembut di ruangan. Terbukti seperti contoh di atas yang memberikan aksen biru untuk membuat kamar lebih sejuk.

youandkids.com

Meja tulis juga bisa diletakan di samping kasur, hal ini akan menggantikan keperluan furniture seperti meja nakas yang biasanya diletakan di samping kasur. Hal ini mengurangi penggunaan ruang yang cukup signifikan sehingga kita bisa menambah furniture lainnya seperti rak buku.

Baca juga : Jenis-jenis Bingkai Foto yang Cocok untuk Dekorasi Kamar

alternativealexandriawaterfrontplan.com

Ruang sempit bukanlah halangan untuk menciptakan desain kamar tidur yang elegan. DI tengah sempitnya kamar tidur di atas, ternyata masih bisa dibuat kesan elegan dengan menggunakan built in furniture yang memiliki penutup rak sehingga terlihat sangat rapi.

pinterest.com

Cara lain untuk membuat ruangan kecil benar-benar berfungsi optimal adalah menyesuaikan bentuk furniture. Misalnya lemari yang diletakan di sudut ruangan dan dibuatkan bentuk lengkung sehingga tidak memakan banyak tempat dan bisa dijadikan ruang sirkulasi yang lebih efisien.

lookfordesigns.com

Furniture berdesain kompak juga merupakan solusi yang sangat baik untuk kamar tidur sempit. Contoh di atas adalah penggunaan bed atau kasur yang bisa dilipat menjadi sofa sehingga menjadi multifungsi dan sangat efisien terhadap ruang. Meskipun demikian furniture seperti ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Baca juga : 20+ Ide Desain Kitchen Set Minimalis Bentuk L

jacekpartyka.com

Bagi yang menyukai warna merah, ternyata ini juga bisa menjadi pilihan asalkan menempatkan merah secara bijak di ruangan sempit. Gunakan merah sebagai aksen yang menghangatkan dan jangan biarkan terlalu mendominasi sehingga tidak terkesan panas.

mildmilo.blogspot.com

Memanfaatkan ruang di kolong tempat tidur juga sangat penting karena bisa dijadikan laci. Dalam kasus kamar tidur yang sempit, kasur biasanya agak ditinggikan karena di bawahnya akan dimanfaatkan sebagai penyimpanan.

Demikianlah mengenai solusi desain kamar tidur di ruang yang sempit. Semoga semua ide-ide di atas dapat menginspirasi Anda jika ingin membuatkan kamar tidur di ruang sempit, terutama untuk anak-anak.
Comment Policy: Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Buka Komentar
Tutup Komentar