Skip to main content

10+ Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu

Berbicara mengenai Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu tentu saja tidak akan pernah ada habisnya, setiap waktu selalu berkembang desain-desain plafon yang menarik dan segar untuk dilihat.

Plafon untuk ruang tamu biasanya didesain spesial dengan Kali ini saya mencoba memilihkan beberapa jenis ide desain plafon untuk ruang tamu yang mungkin bisa menginspirasi pembaca sekalian.

Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
pinterest.com

Ide desain plafon ruang tamu yang pertama merupakan jenis desain plafon yang paling banyak kita jumpai dalam banyak interior rumah minimalis yang ada di kota-kota di Indonesia.

Desain plafon ini menggunakan dua lapis plafon untuk membuat kesan 3d yang elegan, dimana bagian tengah yang luas terlihat masuk ke atas. Penggunaan lampu continuous lamp di sela-sela lapisan plafon menjadikannya sangat menarik untuk dilihat pada malam hari.

Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
pinterest.com


Ide desain plafon ruang tamu yang selanjutnya merupakan kebalikan dari yang pertama, dimana bagian tengah yang luas terlihat turun ke bawah, sementara lampu berada di bagian tepi yang masuk ke atas.

Penerapan continuous lamp biasanya menggunakan lampu LED untuk plafon yang lebih hemat energi, namun cahayanya tidak terlalu terang karena hanya berfungsi sebagai pemanis saja.
Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
pinterest.com

Ide desain plafon ruang tamu di atas adalah permainan tinggi rendah plafon dengan banyak variasi ketinggian plafon. Hal ini cocok untuk desain rumah bergaya kontemporer.

Baca Juga : 20+ Inspirasi Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Atap Pelana Menyamping

Pembuatan plafon rumah seperti ini membutuhkan desain yang jelas mengenai ukuran dan posisi plafon, serta harus jelas material yang digunakan karena desainnya agak rumit.
Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
pinterest.com

Ide desain plafon ruang tamu selanjutnya adalah desain plafon dengan menggunakan bentuk dasar lingkaran. Bentuk lingkaran terkenal rumit untuk dikerjakan dan membutuhkan keahlian khusus.

Plafon dengan desain seperti ini cocok untuk rumah dengan gaya klasik dan kontemporer karena akan sangat sesuai dengan garis-garis lengkung pada elemen desain yang lainnya.
Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
gyproc.in

Ide desain plafon ruang tamu yang selanjutnya menerapkan konsep false ceiling atau plafon palsu yang sejatinya merupakan elemen dekorasi yang menyatu dari dinding ke plafon.

Desain plafon seperti ini merupakan ciri khas gaya postmodern dan kontemporer namun masih cocok diterapkan pada desin plafon ruang tamu minimalis, asalkan bentuknya dibuat sederhana dan simpel.
Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
gyproc.in

Ide desain plafon ruang tamu di atas sebenarnya sangat mirip dengan ide desain plafon yang pertama, dimana bagian yang paling luas masuk ke atas, sementara bagian bawah menjadi aksen.

Baca juga : 20+ Inspirasi Ide Desain Dapur Minimalis Asia

Namun perbedaannya bisa kita lihat pada variasi bentuknya yang tidak simetris dan memiliki tepi yang masuk ke atas. Ini merupakan kombinasi yang bisa diterapkan pada desain plafon.
Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
pinterest.com

Ide desain plafon ruang tamu selanjutnya menggunakan kombinasi bentuk lengkung yang dibuat bersusun sehingga kesan 3D di langit-langit akan terasa sekali.

Pembuatan plafon seperti ini tentunya akan memakan lebih banyak biaya dan lebih sulit dibersihkan, namun sebanding dengan penampilan interior yang akan kita dapatkan.
Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
craftandhomeideas.com

Ide desain plafon ruang tamu di atas merupakan bentuk yang sangat minimalis, dengan hanya menerapkan plafon datar yang simpel dan rapi, sehingga mudah dirawat dan dibersihkan.

Untuk merapikan pertemuan plafon dan dinding bisa menggunakan tali air yang meluruskan sudut antara dinding dan langit-langit.
Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
homestratosphere.com

Untuk rumah satu lantai, ide desain plafon ruang tamu yang datar mungkin tidak selalu menarik, jadi kita masih bisa membuat bentuk plafon yang fleksibel, salah satunya dengan plafon yang mengikuti bentuk atap.

Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
ofdesign.net

Desain plafon ruang tamu yang datar juga bisa dihiasi dengan kayu yang bertindak seolah-olah seperti rangka penopang / beam dengan pola tertentu. Ini akan memberikan efek kontras dan keramaian pada tampilannya.

Baca juga : Manfaat Printer 3D dalam Arsitektur dan Konstruksi

Ide Desain Plafon Untuk Ruang Tamu
ofdesign.net

Ide desain plafon ruang tamu di atas datang dengan material metal yang digantung di bawah langit-langit memberikan efek gaya desain industrial yang sangat kental.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar