Skip to main content

5 Contoh Bangunan Arsitektur Modern Vintage

Beberapa orang menyukai bangunan tua karena nilai arsitektur dan historisnya, namun yang lain menyukai gaya modern, gedung pencakar langit dari baja dan kaca modern yang telah memenuhi ruang-ruang kota di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda ada landmark yang mampu memuaskan kedua kategori tersebut ?

Inilah beberapa bangunan yang memadukan gaya arsitektur modern dan gaya lama yaitu vintage menjadi gaya arsitektur modern vintage yang menarik untuk dilihat, menyatukan presepsi lama dan inovasi baru dalam bangunan.

1. Museum Holburne, Bath, UK

Museum Holburne, Bath, UK
Museum Holburne, Bath, UK

Museum Holburne adalah contoh arsitektur modern vintage yang bertempat di sebuah kawasan bangunan bersejarah yang berasal dari abad ke-18 dan menampilkan gaya arsitektur Georgia. Holburn Museum belum lama ini membuka gedung baru yang menampilkan gaya arsitektur kontemporer.

Lantai dasarnya benar-benar transparan, sedangkan bagian atas yang menampung galeri dibuat nuansa buram dan memiliki fasad keramik. Di dalam museum, Anda dapat mengagumi koleksi kaya yang terdiri dari berbagai pameran. Dari sampul album hingga perhiasan dan lukisan antik, Museum Holburn adalah sebuah keajaiban baik dari sudut pandang arsitektur maupun untuk pamerannya.

2. The Union of Romanian Architects, Bucharest, Romania

The Union of Romanian Architects, Bucharest, Romania
The Union of Romanian Architects, Bucharest, Romania

Setengah bangunan modern setengah kuno dan terletak di jantung kota, Union of Romania Architects menarik banyak perhatian orang yang lewat karena tampilannya yang unik. Sejarahnya adalah bagian bawah bangunan yang dibangun ke abad ke-19, tetapi dibakar pada tahun 89.

Baca juga : Pengertian Arsitektur Vernakular Ciri-ciri dan Contohnya

Sementara bagian atas direkonstruksi sesudahnya dengan gaya arsitektur modern. Kontras antara dua bagian bangunan itu begitu mencolok sehingga banyak orang berhenti sejenak untuk mengagumi dan mengambil gambarnya. Ini juga menjadi contoh bangunan yang memadukan gaya arsitektur modern vintage.

3. Space Asia Hub, Singapura

Space Asia Hub, Singapura
Space Asia Hub, Singapura

Space Asia Hub, Singapura adalah contoh lain arsitektur modern vintage di Asia Tenggara. Terletak di Bencoolen Street, di Distrik Seni Singapura, Space Asia Hub merupakan ruang pameran bagi koleksi desain yang unik. Karya yang dipajang adalah karya seni yang dibuat oleh desainer lokal, yang tidak signifikan karena Singapura adalah salah satu pusat desain dunia.

Bangunan kompleks Space Asia Hub menelan biaya $ 50 juta, dan menggabungkan gaya vintage dengan arsitektur modern. Kompleks ini terbuat dari dua bangunan tua yaitu : sebuah bungalow putih yang diubah menjadi ruang makan yang digunakan untuk pesta minuman dan Heritage House yang menampilkan interior modern dengan sofa yang elegan. Terdapat jembatan kaca modern menghubungkan dua landmark bersejarah ini.

4. Museum Royal Ontario, Toronto

Museum Royal Ontario, Toronto
Museum Royal Ontario, Toronto

Arsitek Daniel Libeskind membuat desain dengan material kaca dan baja untuk gedung baru Museum Royal Ontario yang didirikan tepat di atas bangunan bata bergaya klasik. Diresmikan kembali pada tahun 2007, gedung baru ini dikenal sebagai Extension, yang  merupakan tempat bagi sebuah pameran, sebuah toko ritel dan tiga restoran. Pengunjung dapat beristirahat di C5 di atap museum untuk melihat-lihat pemandangan menakjubkan dan hidangan inovatif.

Baca juga : Arsitektur Art Deco, Karakteristik dan Contohnya

5. Museum Sejarah Militer, Dresden, Jerman

Museum Sejarah Militer, Dresden, Jerman
Museum Sejarah Militer, Dresden, Jerman

Karya arsitek Amerika yang sama, Museum Sejarah Militer di Dresden menarik pengunjung dengan tampilan yang memadukan gaya arsitektur modern vintage. Renovasi membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun dan biaya $ 85 juta, dan sekarang bangunan ini dibuat dengan menggabungkan gaya arsitektur abad ke-18 dan tren utilitarian kontemporer.

Demikianlah mengenai beberapa bangunan yang memadukan gaya arsitektur modern dan gaya lama yaitu vintage menjadi gaya arsitektur modern vintage, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Referensi :

Comment Policy: Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Buka Komentar
Tutup Komentar