Skip to main content

Daftar + Harga Furniture Kamar Kos Murah (Low Budget)

Apakah Anda orang yang ingin kos atau pemilik kos-kosan ? Mungkin Anda sering berpikir bila kos di suatu daerah rantauan, furniture apa saja yang harus ada di kamar kos tersebut ? Nah, artikel ini akan mencoba membahas daftar furniture beserta harga untuk satu kamar kos dengan anggaran yang sangat terbatas.

1. Kasur

kasur untuk anak kos
kasur untuk anak kos

Satu hal yang sangat penting untuk orang yang kos di suatu tempat adalah kasur untuk temnpat tidur. Tak jarang orang yang baru mulai kos mungkin hanya akan membawa kasur saja, tanpa bantal, tanpa selimut. 

Kasur busa yang tepat untuk anak kos adalah ukuran 120 x 200 cm. Kasur tipe single ini sudah cukup untuk tidur dua orang Indonesia dengan ukuran badan normal, namun tidak banyak menyita ruang sehingga tidak memenuhi kamar kos yang sempit.

Harga kasur busa yang bagus dijual mulai harga Rp 400.000 dan harga ini jauh lebih murah ketimbang kasur spring bed yang bisa mencapai 1 jutaan untuk ukuran single. Selain itu, kasur busa juga lebih ringan, bisa dilipat, tahan lama dan tampilannya bagus.

2. Sprei, Bantal & Selimut

Anak kos tentunya tidur membutuhkan bantal, oleh karena itu perlu juga bantal dan guling yang memadai. Idealnya kasur ukuran 120 x 200 cm tadi dipasangi 2 bantal tidur dan 1 bantal guling. Bantal busa harganya rata-rata adalah Rp 50.000 per buah, sementara guling harganya sekitar Rp 70.000 per buahnya.

Baca Juga : Daftar + Harga Furniture Kamar Tidur Remaja

Sprei kasur busa ukuran 120 x 200 cm biasanya dijual dengan harga 200.000 sudah termasuk 2 sarung bantal dan 1 guling. Sementara selimut harganya mulai Rp 100.000 untuk bahan kain katun/polyster dengan ukuran 200 x 200 cm. Jadi anggaran untuk bagian ini sekitar Rp 470.000.

3. Lemari pakaian

Lemari pakaian portabel keren
Lemari pakaian portabel keren

Lemari pakaian adalah benda yang sangat penting, meskipun Anda sedang kos. Lemari pakaian membantu membuat kamar kos tampil lebih rapi dan terbebas dari baju-baju yang menumpuk. Cari lemari plastik portabel yang murah, cocok untuk anak kos. Harganya mulai Rp 150.000. Lebih praktis ketimbang membeli lemari MDF yang harganya mencapai Rp 800.000 yang kurang praktis untuk anak kos, kecuali ada rencana kos jangka panjang atau tahunan.

4. Dispenser 

Untuk mereka yang kos, mungkin bisa membeli makan di luar tanpa memasak, karena kesibukan kerja atau kuliah mungkin tidak sempat menyiapkan itu. Namun air adalah kebutuhan tubuh yang setiap waktu harus dipenuhi, maka dari itu penting untuk menyediakan dispenser di kamar kos agar selalu bisa minum air bersih kapan saja. Cara ini lebih baik ketimbang membeli minuman botol terus menerus. Dispenser juga membantu kita menyiapkan air panas untuk membuat mie instan.

Baca Juga : Ukuran Standar Kasur Tempat Tidur

Harga dispenser mulai dari Rp 200.000 namun kita juga perlu menyiapkan air galon, jika dibeli dari sumber resminya sekitar Rp 60.000. Jadi anggaran untuk air adalah Rp 260.000 sudah siap pakai.

5. Kipas Angin

Kipas angin adalah alternatif terbaik untuk kamar kos tanpa AC. Umumnya daerah yang menjadi tujuan kos adalah daerah urban dengan suhu udara yang lebih tinggi dan seringkali menyebabkan gerah badan. Kipas angin mulai dijual dengan harga Rp 100.000 untuk ukuran kecil, namun masih cukup untuk ukuran kamar kos 3 x 3 meter.

6. Jemuran

Jemuran kecil
Jemuran kecil

Jemuran adalah salah satu perabotan yang juga wajib Anda miliki saat kos. Meskipun pakaian bisa dilaundry, namun ada beberapa hal seperti mengeringkan handuk, mencuci pakaian dalam yang harus dilakukan sendiri di kos. Jadi jemuran sangat perlu dibeli ketika Anda mulai kos. Harga jemuran kecil untuk kos-kosan yaitu Rp 100.000.
 

Jika ditotal semua furniture maupun perabotan yaitu sebagai :
1. Kasur Busa 120 x 200  cm = Rp 400.000
2. Sprei, Bantal dan Selimut Rp 470.000
3. Lemari Pakaian Plastik = Rp 150.000
4. Dispenser + Galon = Rp 260.000
5. Kipas Angin = Rp 100.000
6. Jemuran = Rp 100.000
Total Harga = Rp 1.480.000 (Sekitar 1,5 juta bila dibulatkan)

Demikianlah mengenai beberapa furniture dan peralatan wajib yang harus Anda miliki ketika memutuskan untuk kos atau ingin menyediakan barang untuk kamar kos dengan harga murah (low budget). Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar