Tips Memilih Apartemen Untuk Pemula - Arsitur Media Desain

Tips Memilih Apartemen Untuk Pemula

- 5/31/2019


Salah satu bagian sulit saat kita pindah ke kota baru adalah menemukan tempat tinggal di lokasi yang baik. Jika tidak ada sodara atau kerabat yang bisa ditumpangi, kita bisa memilih untuk tinggal di rumah kontrakan, indekos atau apartemen. Kali ini kita akan membahas tips memilih apartemen untuk pemula.


Tips Memilih Apartemen Untuk Pemula
Tips Memilih Apartemen Untuk Pemula


Baca Juga : Alasan Membeli dan Tinggal di Apartemen

Seluruh proses mencari, memeriksa, dan pindah ke apartemen benar-benar melelahkan. Jadi, apakah Anda berpikir untuk membeli apartemen, tetapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana ? Bingung ? Dengan sedikit persiapan, Anda bisa membuatnya lebih mudah dan tidak ribet. Untuk membantu Anda, Arsitur telah menyusun panduan pemula untuk menemukan dan membeli apartemen baru.

01. Ketahui Anggaran dan Kebutuhan Anda

Kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika mencari apartemen adalah mulai mencari sebelum memutuskan berapa anggaran yang mereka punya. Ada banyak apartemen bagus yang terletak di pusat kota seperti Jakarta dan wilayah Jabodetabek yang nyatanya lebih mahal daripada kebanyakan.

Anda tidak perlu berkecil hati saat mengetahui semua apartemen mewah memiliki harga diluar yang Anda tetapkan. Coba rumuskan dan tata semua pengeluaran dan penghasilan Anda. Cari tahu berapa harga sewa terendah, kenyamanan, dan batas atas harga yang Anda mampu.

Setelah Anda tahu berapa banyak uang yang dapat Anda gunakan untuk apartemen, Anda dapat mencari fasilitas apartemen yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki keluarga dengan 2 anak, Anda akan membuang-buang waktu untuk melihat apartemen studio. Pikirkan hal-hal yang lebih realistis seperti :
  • Jumlah Kamar Tidur
  • Jumlah Kamar Mandi
  • Jenis Apartemen
  • Posisi Lantai Tinggi / Rendah
  • Status Hewan Piaraan
  • Parkir
  • Lokasi Strategis

Pastikan juga bahwa tidak ada biaya tersembunyi yang tidak tercantum namun tiba-tiba diminta di akhir. Nilai perlengkapan tambahan apa yang perlu, peralatan perabotan dll., dan yang mungkin perlu Anda beli sendiri setelah pindah.

02. Pertimbangkan untuk Tinggal dengan Teman Sekamar

02. Pertimbangkan untuk Tinggal dengan Teman Sekamar
02. Pertimbangkan untuk Tinggal dengan Teman Sekamar

Untuk orang yang masih lajang terutama mahasiswa atau yang baru bekerja, menemukan apartemen yang terjangkau bisa menjadi suatu tantangan di kota-kota besar. Biaya apartemen di dekat Jakarta telah naik hampir dua kali lipat selama 20 tahun terakhir. Kecuali Anda bersedia hidup berbagi dengan mengajak teman tinggal satu apartemen adalah keputusan keuangan yang bagus.

Keuntungan keuangan tidak datang tanpa kerugian begitu saja. Hidup dengan orang lain, bahkan teman baik, bisa menjadi rumit. Anda akan melepaskan privasi yang mungkin paling intim dengan membiarkan orang lain tinggal di apartemen Anda. Pastikan Anda mempertimbangkan dengan cermat mengenai keringanan biaya dan manfaatnya.

Mengajak teman sekamar yang lebih berpengalaman tinggal di apartemen mungkin merupakan pilihan yang bagus. Teman sekamar juga bisa mempengaruhi pola hidup Anda ketika merantau. Pergaulan bisa membawa dampak positif dan negatif, jadi pastikan teman sekamar Anda merupakan orang yang tepat, ada baiknya bila itu sahabat yang sudah lama kenal.

03. Cari Diskon dan Promo

Setelah mengetahui kisaran harga dan kebutuhan khusus Anda, artinya Anda siap membeli apartemen. Di masa lalu, kita akan memeriksa iklan baris di koran atau berbicara dengan agen penyewaan.

Untungnya sekarang, Anda dapat melakukan proses pencarian lengkap di internet. Ada banyak situs web dan aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan pencarian sesuai dengan yang Anda butuhkan. Internet membantu menunjukkan semua kriteria untuk memilih apartemen terdekat yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa bahkan memiliki fitur khusus dalam menemukan diskon dan promo lainnya. Ini akan membuat Anda bisa pindah tanpa membuang banyak uang. Temuka promo dan diskon menarik yang bisa menghemat biaya sewa arpatemen, biasanya tersedia pada apartemen yang baru dibuka.

04. Dapatkan Cara Pembayaran yang Terbaik

Alasan Membeli Apartemen
04. Dapatkan Cara Pembayaran yang Terbaik
 

Sebagian besar apartemen akan memerlukan informasi pribadi dan keuangan yang ketat. Saat mengisi formulir, Anda akan diminta untuk memberikan verifikasi ketenagakerjaan, pendapatan bulanan, dan pengeluaran bulanan lainnya yang Anda miliki.

Jika Anda sedang bersiap-siap untuk mencari apartemen, cobalah dan bersihkan utang kredit Anda sebanyak mungkin. Pastikan juga apakah ada pinjaman bank yang tersedia untuk pinjaman perumahan, mungkin Anda akan membutuhkannya.

Layanan kredit perumahan di Indonesia saat ini telah banyak tersedia termasuk dengan Fintech, berhati-hati memilih kredit, jangan sampai Anda terjerat lintah darat. Menurut beberapa perhitungan yang saya temukan, maksimal biaya kredit adalah 1/3 dari penghasilan Anda.

05. Periksa Apartemen dengan Hati-hati

Silakan periksa dulu apakah apartemen memiliki semua kelengkapan, lisensi, izin dll. Menyetujui sewa artinya adalah komitmen keuangan yang utama. Pastikan Anda benar-benar memeriksa apartemen tersebut sebelum menandatangani apa pun.

Hal yang paling penting untuk diperiksa adalah tanda-tanda kerusakan, keadaan tetangga secara keseluruhan, dan keramahan dan profesionalisme petugas dan security. Apartemen yang bersih dan terawat dengan baik jauh lebih baik untuk ditinggali daripada yang tidak dikelola dengan baik. Jangan pernah menyepelekan keamanan hanya untuk mengejar harga murah.

06. Jangan Remehkan Hal Kecil

Pengertian Apartemen Menurut Para Ahli
06. Jangan Remehkan Hal Kecil

Selalu ingat, jika Anda terlanjur membeli apartemen yang Anda kira kurang bagus, Anda selalu bisa pindah.   Bahkan jika Anda membuat kesalahan pada pertama Anda di area baru, Anda selalu bisa untuk menjadikannya lebih baik di waktu berikutnya.

terakhir, jangan tertekan oleh apartemen tertentu. Mengevaluasi apartemen sebelum membeli adalah kuncinya. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk melakukan pembelian tanpa stres.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter