Bagi teman-teman yang tinggal di kota besar mungkin sempat kepikiran apakah akan membeli rumah atau tinggal di apartemen. Tinggal di apartemen mungkin menjadi pilihan yang menarik untuk orang-orang yang benar-benar sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengurus rumah.

Alasan Membeli Apartemen
Alasan Membeli Apartemen


Meskipun rumah juga memiliki keunggulan dibanding apartemen, namun ada banyak alasan kenapa kita bisa memilih tinggal di apartemen. Berikut saya jelaskan mengapa harus memilih tinggal di apartemen dibandingkan membeli rumah dengan segala kelengkapannya.

1. Apartemen lokasinya sangat strategis

Alasan utama orang-orang tinggal di apartemen biasanya adalah lokasi yang sangat strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas. Investasi apartemen memerlukan modal besar dan pastinya memilih lokasi yang tepat agar bisa laku dijual sehingga tidak kalah bersaing dengan developer rumah.

Biasanya apartemen letaknya dekat dengan pusat kota dimmana terdapat banyak kantor swasta atau pemerintah dan kegiatan industri. Dengan demikian ongkos transportasi akan terpotong karena bisa menggunakan kendaraan umum. Jadi penghuni apartemen bisa menghindari membeli kendaraan pribadi.

2. Apartemen cocok untuk  orang yang sering pindah

Apartemen sangat cocok untuk mereka yang mengejar karir. Tuntutan pekerjaan biasanya membuat orang tinggal berpindah-pindah dari suatu kota ke kota lainnya. Apabila mereka membeli rumah tentu tidak efisien karena suatu hari harus ditinggalkan.

Orang juga sering memilih kos-kosan sebagai pilihan tempat tinggal. Namun tinggal di kos-kosan tentu kurang cocok dan terlalu sempit terutama untuk orang yang sudah berkeluarga. Karena itu apartemen merupakan pilihan yang tepat sebagai tempat tinggal.

3. Apartemen lebih simple, lebih mudah diurus

Bagi mereka yang mengejar karir mungkin tidak akan sempat mengurusi rumah dengan segala kelengkapannya. Mengurus rumah membutuhkan waktu lebih banyak dan tentunya menguras konsentrasi.

Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa orang kemudia memilih apartemen. Dibandingkan rumah, apartemen jauh lebih simpel san lebih gampang diurus. Selain itu apartemen biasanya memiliki teknisi yang siap siaga 24 jam jika ada masalah.

4. Harga sewa apartemen relatif lebih murah

Dibandingkan menyewa rumah,  harga sewa apartemen biasanya lebih murah. Apartemen pada intinya adalah sebuah lantai, bagian dari sebuah bangunan. Jadi harga tanah atau lahan apartemen telah dibagi rata ke semua lantai jadi harganya bisa lebih murah.

5. Fasilitas apartemen yang lengkap

Fasilitas apartemen jauh lebih lengkap dari pada rumah. Dengan harga yang sama dengan harga rumah, kita sudah bisa memperoleh apartemen dengan fasilitas lengkap termasuk furniture dan perabotan. Sementara jika membeli rumah mungkin kita hanya akan memperoleh rumah kosongan.

6. Tingkat privasi dan keamanan yang tinggi

Apartemen memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Setiap orang yang masuk harus melewati pemeriksaan yang ketat dari security. Penghuni apartemen akan dibebaskan dari rasa khawatir akan adanya gangguan maupun ancaman dari luar. Inilah yang menjadi alasan orang tinggal di apartemen.

Selain itu, apartemen juga memiliki tingkat privasi yang tinggi. Penghuni apartemen akan terbebas dari omongan tetangga, sesuatu yang mungkin dapat mengganggu privasi orang-orang yang mengejar karir.

7. Bisa disewakan kembali

Apartemen juga bisa disewakan kembali apabila tidak digunakan sehingga membeli apartemen juga merupakan sebuah investasi. Ada dua sistem kepemilikan dalam membeli apartemen. Pertama adalah hak guna pakai yaitu kita hanya memperoleh hak untuk menggunakan selama sekian tahun (biasanya 25-30 tahun). Yang kedua adalah hak milik sehingga kita memiliki unit apartemen tersebut seutuhnya.

Baca Juga : Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

Demikianlah mengenai alasan membeli apartemen dari pada membeli rumah. Semoga bisa menjadi referensi teman-teman dalam memutuskan memilih tempat tinggal yang tepat di kota metropolitan.